6 Kebiasaan Bikin Kulit Cepat Keriput dan Cara Mengatasi

Penyebab Kulit Keriput

Tahukah Kamu bahwa kulit keriput enggak hanya dipengaruhi oleh bertambahnya usia saja. Namun pola makan dan kebiasaan sehari-hari juga bisa penyebab penuaan dini, yakni munculnya keriput dan kulit mengendur di usia muda. Tentunya Kamu enggak mau hal itu terjadi, kan?

Nah, oleh karenanya bila Kamu ingin memiliki kulit sehat dan awet muda, maka hindari kebiasaan-kebiasaan penyebab kulit keriput dibawah ini!

1. Jarang Menghapus Make Up Sebelum Tidur

happyinshape.nl

Kebiasaan malas menghapus make up sebelum tidur tentunya enggak baik. Meski terkesan sepele, hal itu bisa berakibat fatal pada kulitmu loh! Salah satu efeknya mempercepat munculnya garis halus dan keriput.

Jika Kamu bertanya kenapa bisa begitu? Itu dikarenakan kosmetik mengandung bahan-bahan kimia yang bisa menghambat pori-pori dan mengganggu proses regenerasi sel pada kulit. Apabila hal itu terjadi, maka kulit jadi semakin tak sehat. Dan lama-kelamaan Kamu pun berisiko mengalami penuaan dini.

2. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Gula

Apakah Kamu termasuk orang yang suka jajan makanan manis, seperti es krim, cake, biskuit, minuman rasa buah atau soft drink? Jika iya, maka segera kontrol kebiasaan kamu tersebut guys! Sebab makanan dan minuman berkadar gula tinggi itu enggak cuma memicu diabetes, tapi juga dapat merusak kolagen pada kulit. Sehingga akibatnya, kulitmu jadi rentan kendur dan berkeriput.

Kalau sesekali sih, sebenarnya enggak masalah. Tapi kalau berlebihan maka jangan deh!

3. Merokok

fortune.com

Ayo, siapa nih para cowok yang gemar merokok? Hati-hati loh, merokok tak hanya memicu kerusakan pada organ paru-paru. Namun ribuan zat berbahaya dalam rokok juga dapat merusak elastisitas kulit. Termasuk nikotin yang bisa membuat pembuluh darah menyempit. Sehingga akibatnya aliran darah dan oksigen jadi tak lancar. Hal ini mengakibatkan kulit semakin tak sehat bahkan rentan muncul keriput.

Adanya kandungan zat kimia dalam rokok dapat merusak elastin dan kolagen pada lapisan kulit. Selain itu, nikotin juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang berimbas pada berkurangnya asupan nutrisi pada kulit.

Begitupun saat kamu menghisap rokok, otot di sekitar mulut yang terlalu sering bergerak juga membuat timbulnya garis-garis halus loh!

Sekedar mengingatkan, rokok itu tak mampu memberikan manfaat sedikitpun bagi kesehatan, melainkan hanya pemuas nafsu yang semu. Jadi coba pikirkan, mau sampai kapan Kamu merokok?

4. Efek Paparan Matahari AKibat Tak Menggunakan Sunblock

Paparan matahari yang berlebihan juga bisa memicu penuaan dini, terutama pada jam 09.00 pagi – 03.00 sore. Sinar UV-A dan UV-B dari matahari berpotensi merusak lapisan kolagen, penyebab hiperpigmentasi, serta membuat kulit jadi kering.

Oleh karenanya, pastikan Kamu untuk selalu mengoleskan sunblock atau sunscreen setiap siang hingga sore hari. Kamu bisa memilih sunblock ataupun sunscreen, yang terpenting pilih yang mengandung SPF cukup tinggi dan PA. Tak peduli walau Kamu di dalam ruangan, sinar matahari bisa aja masuk menembus lewat jendela atau ventilasi. Maka itu, tetap perhatikan pemakaian krim tabir surya sebelum terlambat.

5. Posisi Tidur Miring

Rasanya hampir semua orang pernah tidur dengan posisi miring, ya? Namun tahukah Kamu, ternyata tidur miring itu kurang baik loh untuk kesehatan kulit, sebab bisa memicu munculnya keriput.

Ketika Kamu tidur mirip, wajahmu akan tertekan oleh bantal. Hal ini mengakibatkan aliran darah terganggu, serta memicu terbentuknya lipatan pada kulit yang bisa aja berubah menjadi garis halus permanen bisa terjadi secara terus-menerus.

So, mulai sekarang coba deh belajar posisi tidur menghadap tengah!

6. Minum Minuman Berakhohol

ugluu.mn

Kamu yang gemar mengkonsumsi alkohol juga sebaiknya cepat-cepat bertaubat. Karena alkohol ini merupakan ‘racun’ yang bisa merusak kesehatan organ tubuh, termasuk menjadi penyebab penuaan dini.

Sebagaimana dijelaskan dalam penelitian bahwa alkohol dapat mengganggu penyerapan vitamin A dalam tubuh. Padahal fungsi vitamin A ini sebagai anti-aging, mengoptimalkan regenerasi sel-sel kulit serta menjaga elastisitas kulit.

Apabila tubuh tak bisa menyerap vitamin A dengan optimal, maka efeknya ya kulitmu jadi cepat tua. Jadi bagaimana, masih mau mengkonsumsi alkohol?

7. Kebiasaan Begadang

Selanjutnya, kebiasaan yang bisa menyebabkan kulit keriput di usia muda adalah begadang. Tidur larut malam tak hanya mengganggu proses regenerasi sel, namun juga memicu terbentuknya hormon kortisol (cortisol) yang dapat menghambat produksi kolagen.

Apabila kamu melakukan begadang secara terus-menerus maka perlahan kulit juga makin rentan mengalami penuaan. Yang terbaik, tidur malam adalah pukul 9 atau selambatnya 10 malam. Dengan rentan waktu 7-8 jam perhari.

8. Kurangnya Asupan Air Putih

medicalnewstoday.com/

Siapa nih yang malas mengkonsumsi air putih? Perlu kamu tahu ladies, air.putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Dengan kamu minum air putih setidaknya 8 gelas perhari itu akan membuat elastisitas kulitmu terjaga dengan baik dan mencegah penuaan dini.

Kamu juga akan terbebas dari masalah kulit lainnya, seperti jerawat ataupun flek hitam. Karena memang air putih dapat bekerja efektif membantu pengeluaran toxic dari dalam tubuh.

9. Kondisi Stres atau terlalu banyak pikiran

Jangan pernah remehkan stres ataupun depresi. Kondisi ini enggak cuma bikin pikiranmu jadi pusing, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh loh! Termasuk memicu terjadinya penuaan dini.

Saat pikiranmu banyak beban, maka otak akan merangsang pengeluaran hormon kortisol. Nah, apabila kondisi ini berulang terus-menerus, maka kadar hormon kortisol juga akan berlebihan sehingga menghambat produksi kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit.

Sebisa mungkin, cobalah menyempatkan waktu untuk melakukan relaksasi. Kamu bisa mencoba olahraga yoga, ber traveling ke tempat yang sejuk, dan jangan lupa perbanyak beristirahat.

 

10 Pola Makan yang Harus Kamu Patuhi Untuk Mencegah Kulit Keriput

Berikut ini sederet aturan pola makan yang harus kamu patuhi untuk mencegah kulit keriput di usia muda. Simak yuk!

1. Konsumsi makanan tinggi kalium

eatright.org

Tanda-tanda penuaan seperti keriput atau garis halus bisa disebabkan oleh pola hidup yang buruk, genetik, atau mungkin kelebihan asupan natrium. Faktor-faktor tersebut memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap kulit.

Nah, untuk mengimbanginya, kamu bisa mencoba meningkatkan konsumsi makanan tinggi kalium seperti kacang-kacangan, kentang, yogurt, pisang, kurma, alpukat, daging unggas atau ikan yang kaya kalium (misalnya salmon). Perlu diketahui bahwa kalium bisa membantu menunda tanda-tanda penuaan pada kulit.

2. Tingkatkan asupan asam lemak omega 3

Selanjutnya, pola makan yang perlu kamu ikuti untuk menjaga keremajaan kulit adalah meningkatkan asupan asam lemak omega, baik omega-3, omega-6 dan omega-9.

Asam lemak omega merupakan zat antioksidan yang mampu melindungi dinding sel kulit agar tetap sehat. Zat ini juga membuat kulit terhidrasi secara baik, sehingga kulit akan tampak lembab dan tidak rentan mengalami kekeringan ataupun kerutan.

Adapun makanan yang mengandung tinggi omega, seperti ikan salmon, minyak zaitun, alpukat, kacang kenari, dan sebagainya.

3. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Polusi dan paparan sinar matahari bisa menciptakan radikal bebas yang bisa memicu kerusakan kulit. Nah, untuk meminimalisir risiko tersebut, usahakan kamu memperbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan.

Antioksidan dapat berperan dalam menangkal radikal bebas, sekaligus memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan menstimulasi produksi kolagen. Dengan fungsinya tersebut, secara tak langsung antioksidan dapat melindungi keremajaan kulitmu, ladies!

Untuk makanan yang mengandung tinggi antioksidan, seperti wortel, tomat, stroberi, kangkung, ikan salmon, labu, alpukat, buah delima, dan sebagainya.

4. Makanan tinggi protein juga wajib masuk list harian Kamu

Salah satu penyebab kulit keriput adalah melemahnya elastin dan kolagen pada lapisan kulit. Kondisi ini akan terjadi seiring bertambahnya usia, dimana makin tua maka kolagen makin menipis sehingga memicu terjadinya tanda-tanda penuaan.

Asam amino atau protein menjadi salah satu sumber nutrisi yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit. Usahakan kamu untuk selalu memasukkan makanan berprotein dalam daftar menu harianmu. Makanan tinggi protein bisa kamu dapatkan dari telur, daging, olahan kedelai, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. Perbanyak makan sayuran hijau

balanceblog.bistromd.com

Selain protein, mengkonsumsi sayuran hijau juga memberikan manfaat positif pada kesehatan kulit. Sayuran hijau umumnya mengandung tinggi vitamin dan mineral, sehingga bisa menghidrasi kulit secara baik. Menjadikan kulit lembab dan kenyal. Sebaliknya, bila kulitmu kering maka akan rentan mengalami tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit keriput, flek hitam dan kusam.

Maka itu, sebisa mungkin perbanyak konsumsi sayuran hijau. Kamu bisa mengolahnya menjadi masakan atau mengonsumsinya sebagai smoothie. Yang perlu diperhatikan, jika mengolah sayur, batasi pemberian pemanis berlebihan.

6. Batasi Konsumsi makanan yang mengandung Lemak Trans

Selain mengkonsumsi makanan sehat, untuk mencegah keriput kamu juga harus membatasi beberapa jenis makanan. Salah satunya makanan yang mengandung tinggi lemak trans. Seperti fast food, gorengan, biskuit, makanan kemasan dan sejenisnya.

Makanan tinggi lemak trans ini bisa memicu beragam penyakit degeneratif, menyebabkan peradangan bahkan meningkatkan risiko penuaan dini.

7. Stop konsumsi alkohol

Selanjutnya, yang perlu kamu hindari bila ingin punya kulit awet muda adalah alkohol. Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi serta melarutkan asam lemak essensial dan mineral-mineral penting (seng dan magnesium) yang dibutuhkan untuk menjaga keremajaan kulit.

Alkohol juga dapat mengganggu fungsi hati, serta mengurangi kadar vitamin A dalam tubuh yang bertanggung jawab terhadap proses regenerasi sel kulit dan produksi kolagen. Menurut para ilmuwan, konsumsi alkohol dikaitkan dengan risiko penuaan dini, berkurangnya elastisitas kulit dan pigmentasi.

8. Batasi asupan kafein

Asupan kafein yang berlebihan juga bisa menjadi pemicu kulit keriput. Kafein dapat menyebabkan dehidrasi, yang mana apabila kulit kering maka akan rentan mengalami kusam dan tanda-tanda penuaan seperti garis halus ataupun flek hitam.

Jika kamu termasuk penggemar kopi, usahakan meningkatkan asupan air putih untuk menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh, agar kulit juga bisa tetap terhidrasi secara optimal.

9. Batasi makanan manis

healthxchange.sg

Tahu enggak, terlalu sering mengkonsumsi makanan manis juga bisa menyebabkan premature aging atau penuaan dini, loh! Gula yang masuk ke dalam tubuh, akan terbawa oleh darah dan menempel pada lapisan protein membentuk molekul AGEs (advanced glycation end product). Molekul ini dapat memicu berkurangnya elastisitas kulit, merusak kolagen dan elastin sehingga kulit jadi rentan muncul kerutan dan garis-garis halus.

10. Batasi konsumsi daging olahan

Terakhir, jenis makanan yang harus kamu hindari untuk mencegah kulit keriput adalah daging olahan. Seperti sosis, kornet, nugget, bakso, daging asap, dendeng, ham dan abon. Umumnya daging olahan ini mengandung tinggi garam, sulfit dan zat pengawet lainnya yang bisa meningkatkan risiko inflamasi sekaligus penuaan pada kulit.

Oleh karenanya, lebih baik membeli daging segar dan mengolahnya sendiri di rumah. Dengan begitu, kandungan nutrisinya juga masih terjaga baik dan kamu terhindar dari risiko penuaan dini.

 

Bahan Alami Mengatasi Keriput

Selain dengan menggunakan body lotion, kamu juga bisa merawatnya secara alami memanfaatkan bahan-bahan alami.

Yaudah yuk, langsung simak nih tips-tips menyamarkan kulit keriput:

1. Kentang

foodimentary.com

Sayuran yang biasa digunakan dalam masakan sup ini ternyata punya khasiat luar biasa untuk mengatasi kulit keriput, loh! Kentang diketahui kaya akan antioksidan. Mengandung vitamin C yang bisa bekerja efektif dalam melawan tanda-tanda penuaan sekaligus mencerahkan kulit.

Kamu bisa mengaplikasikannya dengan cara menghaluskan kentang terlebih dahulu. Kemudian oleskan pada tangan, kaki atau bagian lainnya yang mulai menunjukkan gejala garis halus. Diamkan sampai mengering. Lalu bilas menggunakan air. Perawatan ini aman banget digunakan setiap hari!

2. Kunyit

Selain kentang, kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah gejala penuaan seperti garis halus dan keriput. Rempah yang biasa digunakan sebagai pewarna alami dalam masakan ini mengandung senyawa kurkumin yang merupakan antioksida.

Adapun khasiat dari kurkumin adalah membantu menjaga keremajaan kulit, menghambat pigmentasi berlebihan, mengatasi jerawat, bahkan menyembuhkan penyakit kulit misalnya enzim dan luka.Untuk pemakaiannya, kamu bisa menggunakan kunyit sebagai lulur tubuh.

Caranya siapkan dulu beberapa butir kunyit. Cuci dan kupas. Kemudian haluskan kunyit dengan blender. Tambahkan susu secukupnya. Lalu balurkan ke seluruh tubuh.Tunggu sampai mengering. Terakhir, kamu bisa membilasnya dengan air.

3. Cuka sari apel

healthline.com

Cuka sari apel merupakan salah satu bahan alami yang dikenal memiliki segudang manfaat untuk perawatan kulit. Cuka apel sendiri terbuat dari sari apel yang difermentasikan dengan ragi. Nah, adanya kandungan asam alfa hidroksi dalam cuka apel dapat bekerja dalam mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit, yakni mengangkat sel-sel mati. Sehingga kulit pun akan lebih sehat, terjaga keelastisannya dan pastinya makin cerah.

Cuka apel juga efektif untuk mengatasi masalah flek hitam dan jerawat. Untuk pemakaiannya, pastikan kamu mengencerkan cuka apel dengan air terlebih dahulu. Sebab cuka apel ini bersifat asam sehingga berisiko mengiritasi kulit. Gunakan perbandingan cuka dan air 1:2. Lalu oleskan sedikit pada bagian tangan dan kaki. Tunggu 30 menit, kemudian bilas dengan air. Kamu bisa mengulangi pemakaian 2 kali dalam seminggu.

Oiya, cuka apel ini kurang cocok digunakan untuk perawatan jangka panjang. Aplikasikan saja selama 2 bulan hingga elastisitas kulit kembali normal.

4. Putih Telur

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan putih telur untuk mengatasi kulit keriput pada tangan dan kaki. Makanan berprotein ini memiliki kandungan vitamin B dan vitamin E yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Termasuk menyamarkan kerutan, garis halus, mengembalikan kekenyalan kulit, sekaligus mencerahkan.

Untuk pengaplikasiannya, kamu cukup sediakan satu butir telur. Ambil bagian putihnya dan kocok dalam mangkuk. Tambahkan sedikit perasan air lemon atau jeruk nipis. Kemudian, oleskan merata pada tangan dan kaki. Diamkan sekitar 30 menit atau sampai mengering. Jika sudah, bilas dengan air hangat.

Ulangi pemakaian 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit awet muda.

5. Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil)

Minyak kelapa juga bisa kamu jadikan perawatan harian untuk menyamarkan kulit keriput pada tangan dan kaki. Minyak kelapa ini diketahui mengandung tinggi vitamin E yang berperan dalam merangsang produksi kolagen sehingga kekenyalan kulit pun akan terjaga.

Di samping itu, minyak kelapa juga kaya antioksidan dan vitamin yang berguna menutrisi kulit, menjadikannya lebih sehat dan tentunya mengurangi garis-garis halus. Sedangkan kandungan emolien dalam minyak kelapa bertindak sebagai pelembab alami kulit.

Untuk pengaplikasiannya usahakan di malam hari ya. Caranya, kamu cukup mengoleskan minyak kelapa pada area tangan dan kaki, kemudian pijat-pijat agar meresap. Keesokan paginya, kamu bisa membilasnya dengan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa minyak.

Oiya, jika hendak menggunakan minyak kelapa untuk perawatan kulit, pastikan kamu membeli minyak kelapa murni ya!

6. Air Beras

medicalnewstoday.com

Jika kamu mencuci beras, baiknya air rendaman beras tersebut jangan dibuang! Air beras ini terbukti dapat menjaga keremajaan kulit, loh! Sebagaimana studi yang pernah menjelaskan bahwa di zaman dulu para petani di kawasan Cina, Jepang dan Korea  mayoritas memiliki kulit tangan yang awet muda padahal usianya sudah cukup tua. Hal itu dikarenakan setiap hari mereka selalu mencuci tangannya dalam air beras. Sejak saat itulah, air beras kemudian digunakan sebagai perawatan kulit oleh para wanita di Asia.

Beras sendiri diketahui mengandung beragam vitamin, seperti vitamin B1, vitamin C dan vitamin E yang berperan menjaga kesehatan kulit, mencerahkan dan melawan tanda-tanda penuaan. Selain itu, terdapat pula kandungan asam felurat yang bertindak sebagai anti oksidan.

Untuk pemakaiannya ambil segenggam beras, kemudian rendam dalam air bersih. Tunggu sekitar 40 menit. Lalu pisahkan beras dan air rendamannya. Untuk berasnya, kamu bisa menumbuknya hingga halus, selanjutnya oleskan pada kulitmu. Jika sudah mengering, bilas menggunakan air rendaman beras.

Kamu bisa mengulangi perawatan ini setiap hari. Cukup gunakan air rendamannya saja, enggak perlu harus dengan berasnya kok! Dengan begitu, kulitmu akan tetap cantik dan awet muda.

7. Minyak Argan

tinhdaujnari.com

Argan oil atau minyak argan merupakan bahan alami yang efektif mengatasi kulit keriput. Kandungan vitamin E dalam minyak argan jauh lebih tinggi dibandingkan minyak zaitun. Sehingga tak heran bila minyak argan dapat bekerja optimal dalam menyamarkan tanda-tanda penuaan, termasuk menangkal radikal bebas dan memperbaiki struktur kulit yang rusak.

Selain itu, dalam minyak argan juga terkandung asam lemak essensial yang berperan dalam menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Biasanya wanita Timur Tengah menggunakan minyak argan untuk merawat wajahnya agar tetap kenyal dan cerah.

8. Air Perasan Lemon

Sebagai buah dengan kandungan tinggi vitamin C, ternyata lemon enggak cuma berperan dalam mencerahkan kulit. Namun juga bisa bekerja menyamarkan garis-garis halus dan flek hitam. Untuk cara pakainya, campurkan lemon, madu dan minyak zaitun secukupnya dalam mangkuk kecil. Aduk rata, lalu aplikasikan pada wajah. Selang 20 menit, segera bilas dengan air hangat.

Oiya, lemon untuk bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati. Caranya dengan mengkombinasikan pemakaiannya dengan gula. Yang perlu diingat, jangan gunakan masker lemon secara berlebihan. Sebab kandungan asam yang tinggi dalam lemon bisa memicu iritasi kulit.

9. Lidah Buaya

noiseware.in

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan skincare. Pasalnya, tanaman ini memang akan kandungan vitamin. Salah satunya vitamin E yang berguna untuk mencegah tanda-tanda penuaan, serta asam malat untuk meningkatkan kekenyalan kulit.

Cara pakainya, ambil setangkai daun lidah buaya. Cuci bersih, kemudian belah bagian tengahnya sehingga diperoleh lendir atau ge berwarna bening. Aplikasikan gel tersebut pada wajahmu. Tunggu sampai mengering, lalu bilas dengan air.

Oiya, lidah buaya juga ampuh mengatasi beragam masalah kulit loh! Seperti bekas luka bakar, panu, pembengkakan dan sebagainya.

10. Wortel

Selanjutnya untuk mengatasi kulit keriput dengan bahan alami, kamu bisa memanfaatkan wortel. Sebagaimana diketahui bahwa sayuran berwarna orange ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

Nah, vitamin A ini sering digunakan dalam produk-produk antiaging karena khasiatnya yang mampu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan protein berserat yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit, sehingga membuatnya tampak awet muda.

Untuk cara pakainya, ambil sedikit wortel. Cuci dan kupas hingga bersih. Lalu haluskan dengan blender sampai menjadi pasta. Tambahkan sedikit madu, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Setelah kering atau kira-kira 30 menit, bilas dengan air. Ulangi pemakaian 3 kali seminggu.

11. Tomat

Selain wortel, tomat yang juga kaya vitamin A dan vitamin C yang berguna dalam mengatasi kulit keriput dan mencegah berbagai tanda penuaan lainnya.Di samping itu, tomat juga mengandung tinggi likopen yang merupakan super antioksidan. Likopen ini bertugas dalam menjaga kulit dari efek buruk radikal bebas. Sedangkan kandungan vitamin B9 dalam tomat berperan dalam membantu proses regenerasi sel-sel kulit.

Untuk cara pakainya, kamu cukup menyiapkan sebutir tomat. Lalu haluskan dan balurkan pada wajah. Tunggu selama 30 menit, terakhir cuci wajah dengan air sampai bersih.

Untuk mengoptimalkan hasilnya, kamu bisa mengkonsumsi tomat sebagai perawatan dari dalam tubuh.

12. Pisang

shopify.com

Buah pisang yang biasanya kamu beli warung atau pasar ternyata juga memiliki khasiat luar biasa dalam menjaga kecantikan kulit, loh! Diketahui bahwa dalam pisang terkandung vitamin C yang dapat bekerja meningkatkan elastisitas kulit dengan merangsang produksi kolagen.

Untuk cara pakainya, kamu bisa mengkombinasikannya dengan plain yogurt atau yogurt tawar. Jadi haluskan pisang terlebih dahulu. Tambahkan 1 sdm yogurt. Aduk rata, kemudian aplikasikan pada wajah. Selang 30 menit, bilas wajah dengan air hangat. Ulangi pemakaian 2 kali dalam seminggu untuk mengoptimalkan manfaatnya.

 

8 Tips Mengencangkan Kulit Keriput dan Kendur Pasca Melahirkan

Salah satu masalah yang sering dialami wanita pasca melahirkan adalah kulit keriput dan mengendur. Biasanya kondisi ini terlihat pada bagian perut. Adapun penyebabnya dikarenakan selama kehamilan, otot-otot perut mengalami perenggangan cukup lebar. Nah, keadaan ini enggak bisa hilang seketika meski kamu sudah melahirkan. Butuh waktu sekitar 2-3 bulan sebelum akhirnya perut bisa mengecil. Dan bila kamu ingin perutmu kembali kencang, tentunya kamu perlu melakukan olahraga dan perawatan khusus untuk kulitmu.

Nah, berikut ini beberapa tips mengencangkan kulit keriput dan kendur pasca melahirkan. Langsung disimak yuk ladies!

1. Perbanyak minum air putih

theconversation.com

Hal yang tak boleh terlewatkan bila kamu ingin menjaga kulitmu tetap sehat adalah memperbanyak konsumsi air putih. Usahakan minum 8 gelas atau setara 2 Liter perhari.

Air putih ini punya khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh. Air putih bisa membantu pengeluaran racun serta melindungi elastisitas kulit. Apabila kamu rutin minum air putih maka bukan tak mungkin kulitmu yang keriput atau kendur perlahan akan kencang kembali.

2. Mengoleskan minyak zaitun

Selanjutnya, cara untuk merawat kulit keriput pasca melahirkan adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak ini kaya akan vitamin E dan polifenol yang merupakan antioksidan yang bertugas mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel kulit.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung asam linoleat yang berperan dalam menghidrasi kulitmu, menjadikannya lebih lembab dan sehat. Untuk pemakaiannya, cukup oleskan minyak ini pada perut dan bagian kulit lain yang mengendur secara teratur. Penggunaan paling efektif adalah di malam hari sebelum tidur.

3. Gunakan Gel Lidah buaya untuk memijat kulit

organicfacts.net

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Lidah buaya mengandung vitamin A yang berperan sebagai anti penuaan dengan cara mengoptimalkan pengelupasan kulit mati dan merangsang pembentukan sel-sel baru.

Lidah buaya juga mengandung vitamin C, vitamin E, flavonoid dan fenol yang bisa membantu mengencangkan kulit kendur, termasuk menyamarkan stretch mark. Untuk cara pakainnya, kamu ambil bagian gel-nya. Oleskan pada perut dan tunggu kering. Kemudian bilas dengan air.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

bigportal.ba

Selain menggunakan perawatan luar, kamu juga perlu memperhatikan pola makan bila ingin mengembalikan kecantikan kulitmu. Nah, untuk mengatasi kulit keriput, kendur atau stretch mark, baiknya tingkatkan konsumsi makanan tinggi protein.

Protein memiliki peranan dalam membangun otot-otot tubuh serta mengembalikan kekenyalan kulit dengan cara merangsang pembentukan kolagen. Adapun sumber makanan berprotein tinggi, seperti daging merah, telur, ikan, kedelai, dan sebagainya.

5. Perbanyak asupan vitamin C

Selain meningkatkan protein, kamu juga perlu memperbanyak asupan vitamin C. Vitamin C terbukti dalam membantu memudarkan masalah kulit keriput, meningkatkan elastisitas sekaligus mencegah hiperpigmentasi.

Makanan sumber vitamin C biasanya banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Misalnya stroberi, jeruk,kiwi, jambu biji, pepaya, brokoli, sawi hijau dan kale.

6. Usahakan Olahraga secara rutin

Olahraga tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh, tapi juga berguna untuk merawat kecantikan kulitmu. Termasuk dalam mengatasi kulit kendur pasca melahirkan, kamu perlu melakukan olahraga secara rutin.

Adapun jenis olahraganya enggak perlu yang terlalu berat, kok! Kamu bisa mencoba jogging, yoga, senam aerobik, atau latihan kardio seperti squat, plank, naik turun tangga dan sebagainya.

Oiya, olahraga ini tidak disarankan dilakukan langsung setelah melahirkan. Tunggu beberapa bulan hingga jahitan mengering, ya! Untuk amannya, baiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

7. Scrubbing dengan gula dan minyak kelapa

dulanotes.com

Apabila jahitan di perutmu sudah kering (khusus untuk yang caesar), kamu bisa melakukan scrubbing dengan memanfaatkan gula. Proses scrubbing ini merupakan eksfoliasi yang berguna untuk mengangkat lapisan kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit yang lebih sehat. Dengan begitu, keriput dan stretch mark juga akan berkurang.

Untuk cara pakainya, campurkan gula dengan minyak kelapa atau zaitun secukupnya. Oleskan pada perut, dan jika ada sisa bisa kamu gunakan untuk tubuh. Pijat-pijat secara lembut. Selang 10 menit, bilas dengan air.

Metode scrubbing cukup diaplikasikan 2 kali dalam seminggu.

8. Jangan lupa aplikasikan lulur untuk mengoptimalkan proses eksfoliasi

Sama halnya dengan scrubbing, lulur juga merupakan perawatan kulit yang berguna untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit. Bedanya, lulur bekerja lebih dalam membersihkan kulit. Untuk waktu pemakaiannya, baiknya dilakukan setelah scrubbing untuk memaksimalkan pengangkatan sel kulit mati.

Kamu bisa mencari produk di lulur di toko atau swalayan. Misalnya lulur bengkoang, lulur stroberi atau lainnya. Alternatif lain yang lebih murah tapi nggak kalah efektif, kamu bisa bikin lulur alami dari bahan dasar ampas kopi. Perlu kamu tahu, kandungan anti oksidan dalam kopi cukup tinggi, loh! Sehingga bisa bekerja secara baik dalam meremajakan kulit, mengencangkan dan mencerahkan.

Metode lulur baiknya juga dilakukan 2 kali dalam seminggu. Jangan dipraktekan bersamaan dengan scrubbing, ya!

 

7 Kandungan Skincare yang Ampuh Cegah Kulit Keriput

Nah, berikut ini beberapa jenis kandungan skincare yang dikenal paling ampuh mencegah kulit keriput. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Retinol atau Retinoid

Retinol atau retinoid merupakan senyawa turunan dari vitamin A. Senyawa ini mudah ditemukan dalam produk-produk skincare anti aging. Adapun fungsi dari retinol yakni menstimulasi produksi kolagen pada kulit, sehingga keelastisan kulit bisa terjaga. Selain itu, retinol juga bekerja dalam mengatasi jerawat, menekan pigmentasi dan menyamarkan kerutan serta garis halus pada kulit.

Lalu apa perbedaan retinol dan retinoid? Pada dasarnya keduanya memiliki fungsi yang sama. Hanya saja, retinol cenderung ringan dan mudah meresap di permukaan kulit. Sedangkan retinoid sedikit lebih kuat. Biasanya produk yang mengandung retinoid hanya diresepkan oleh dokter ahlinya.

2. Vitamin C

vichy.co.uk

Vitamin C juga menjadi salah satu bahan aktif yang terdapat pada skincare anti aging. Sebagaimana diketahui bahwa vitamin ini berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan anti inflamasi. Vitamin C juga bersifat antibakteri sehingga cukup ampuh dalam mengatasi masalah jerawat dan bekasnya.

Manfaat lain dari vitamin C yakni membantu proses regenerasi sel kulit. Termasuk menyamarkan kulit keriput dengan meningkatkan produksi kolagen.

Dengan kamu memasukkan skincare yang mengandung vitamin C untuk perawatan harian kamu, kamu enggak cuma akan terlihat awet muda. Tapi kulitmu juga bakal lebih cerah dan sehat.

3. Vitamin E

Vitamin E nggak cuma ditemukan dalam bentuk suplemen. Faktanya, tak sedikit skincare wajah dan handbody yang memanfaatkan vitamin E sebagai kandungan utamanya. Adapun manfaat dari vitamin E yakni sebagai antioksidan.

Vitamin E mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat efek buruk radikal bebas. Selain itu, juga mencegah rusaknya kolagen serta memberikan kelembaban pada wajah. Dengan memberikan asupan vitamin E secara rutin, hal tersebut membantu keremajaan kulitmu terjaga dengan baik.

Untuk senyawa tergolong vitamin E yang biasa ditemukan dalam produk skincare, seperti alpha tocopherol, tocopheryl acetate, tocotrienols, dan sejenisnya.

4. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

zovon.com

Kamu mungkin sudah tak asing dengan kandungan yang satu ini. Ya, Alpha Hydroxy Acid (AHA) biasanya ditemukan dalam produk-produk eksfoliasi yang fungsinya untuk membantu pengelupasan sel kulit mati.

Jadi, lapisan kulit teratasmu yang bermasalah akan terangkat. Sel-sel akan beregenerasi membentuk kulit baru yang lebih sehat. Dengan peranannya tersebut, secara tak langsung AHA bisa mengurangi kulit keriput, menyamarkan flek hitam sekaligus mencerahkan.

Biasanya dalam produk kecantikan, AHA juga berada dalam bentuk senyawa asam laktat (lactic acid) dan asam glikolat (glycolic acid). Oiya, untuk pemakaian skincare yang mengandung AHA tidak disarankan digunakan setiap hari karena bisa merusak skin barrier yang menyebabkan kulit menipis dan rentan bermasalah. Baiknya cukup 2 kali seminggu.

5. Niacinamide

Niacinamide juga cukup sering ditemukan dalam produk-produk kecantikan anti penuaan dan pemutih. Niacinamide ini merupakan senyawa turunan dari vitamin B. Niacinamide bekerja dalam mengoptimalkan pembentukan lapisan lipid (ceramide) di kulit, yang mana lapisan tersebut berperan dalam menjaga kadar air dalam kulit. Sehingga kulit pun akan terjaga kelembabannya, menjadi lebih elastis dan kenyal.

Di samping itu, niacinamide juga menghambat proses hiperpigmentasi pada kulit dengan cara menekan produksi melanin berlebihan. Senyawa ini juga berperan aktif dalam mengatasi jerawat dan mengontrol kadar minyak berlebihan.

Yang perlu diperhatikan, niacinamide tidak dianjurkan digunakan berbarengan dengan produk yang mengandung vitamin C. Sebab vitamin C dapat mengurangi keefektifan dari niacinamide.

6. Ceramide

Pada dasarnya, kulit manusia sudah memiliki lapisan ceramide yang berguna melindungi wajah agar tetap kenyal dan terhindar dari ancaman bakteri serta radikal bebas.

Namun seiring bertambahnya usia, biasanya lapisan lemak tersebut akan semakin tipis. Kondisi ini meningkatkan risiko rusaknya skin barrier, yang mana menyebabkan kulit rentan mengalami berbagai masalah seperti kering, muncul garis-garis halus dan iritasi.

Nah, untuk menyikapi kondisi tersebut, tak ada salahnya kamu menggunakan produk skincare yang mengandung ceramide untuk memperbaiki lapisan pelindung kulitmu. Dengan begitu, wajahmu juga akan terjaga keelastisannya, lembab dan terhidrasi dengan baik.

7. Antioksidan

universityhealthnews.com

Terkahir, ada senyawa antioksidan yang juga berperan dalam mengatasi kulit keriput dan berbagai tanda penuaan lainnya. Antioksidan berguna untuk menjaga keremajaan kulit dengan cara memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat efek radikal bebas.

Di samping itu, antioksidan juga meminimalisir kerusakan DNA dan menstimulasi produksi kolagen untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan sehat. Ada banyak jenis senyawa yang termasuk antioksidan. Misalnya saja cartenoids, pliyphenols, tocotrienols, tocopherol, resveratrol, green tea, ascorbic acid, promegranate, dan sebagainya.

 

Gunakan Cleanser dan Scincare Anti Aging

Kulit keriput dan garis halus merupakan tanda dari penuaan dini. Biasanya kondisi ini bisa saja muncul ketika usia memasuki 30 tahunan, bahkan 20 tahun. Maka itu, untuk mencegahnya disarankan kamu memakai skincare anti aging sedari dini.

Khusus untuk anti penuaan, berikut beberapa rekomendasi cleanser yang bisa atasi kulit keriput. Simak yuk!

1. Olay Regenerist Face Wash

shop.olay.com

Rekomendasi sabun wajah pertama yang bantu kamu mempertahankan kulit awet mudamu adalah Olay Regenerist Face Wash. Sabun ini diformulasikan dari bahan-bahan yang ringan sehingga cocok untuk segala tipe kulit, termasuk kulit sensitif.

Kandungan utama dalam sabun ini ada vitamin B5, vitamin E dan antioksidan yang diekstrak dari daun green tea. Dengan adanya sejumlah senyawa tersebut, Olay Regenerist dapat bekerja dalam memperlambat gejala penuaan dini, membuat wajah lebih lembut dan cerah. Sebagaimana penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, 94% wajah mereka menjadi lebih glowing dan sehat dengan pemakaian facial wash Olay Regenerist.

Harga produk ini sangat terjangkau, yakni Rp.59.900.

2. Dermalogica Skin Resurfacing Cleanser

adorebeauty.com.au

Produk ini bekerja  menyamarkan kulit keriput dengan cara mengeksfoliasi sel-sel kulit yang telah mati. Adanya kandungan asam laktat di dalamnya membantu memaksimalkan proses regenerasi kulit.

Selain itu, produk ini juga mengandung vitamin E yang berperan dalam menghidrasi kulit, menyamarkan flek hitam sekaligus menangkal radikal bebas. Adapula kandungan minyak bunga mawar yang dapat mencerahkan kulit. Kamu enggak perlu khawatir breakout, karena cleanser dari Dermalogica ini aman untuk kulit sensitif.

Produk ini memiliki harga berkisar Rp.263.000.

3. Youth to The People Superfood Antioxidant Cleanser

jcpenney.com

Untuk mencegah kulit keriput, garis-garis halus dan gejala penuaan lainnya, kamu juga bisa menggunakan cleanser Youth to the People Superfood Antioxidant. Produk ini terbuat dari 100% bahan-bahan alami, khususnya sayuran yang kaya antioksidan seperti sayur kale, bayam dan ekstrak daun green tea.

Tingginya kandungan antioksidan dalam produk ini membuatnya mampu mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Antioksidan juga menjaga kekenyalan kulitmu dan menjadikannya moist dan sehat.

Harga produk ini berkisar Rp.500.000-an.

4. Chic Republic Advanced Anti Aging Wash with Rosehip Seed Oil

chicrepublic.me

Produk buatan Amerika ini merupakan salah satu cleanser anti aging yang cukup terkenal. Terbuat dari 74% bahan organik, seperti  roseship seed oil, minyak zaitun, vitamin C,  Eucalyptus, reishi mushroom, dan masih banyak lainnya.

Produk ini bekerja efektif membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori, menyamarkan kulit keriput dan garis halus, melawan Radikal bebas, serta memberikan hidrasi pada kulit sehingga lebih lembut dan kenyal.

Untuk memperoleh produk ini, kamu perlu merogoh kocek berkisar Rp.212.000-an.

5. Body Merry Vitamin C Exfoliating Cleanser

amazon.com

Produk dari Body Merry ini merupakan salah satu produk cleanser yang ringan dan bisa bekerja optimal dalam membersihkan kotoran dan kulit mati hingga ke dalam pori-pori. Produk ini juga berbasis natural ingradient. Bahan-bahan utamanya terdiri dari jojoba wax beads, lidah buaya, minyak zaitun, trea tee oil, ekstrak rosemary dan red Clover.

Adanya kandungan vitamin C berguna untuk menstimulasi pembentukan kolagen, membersihkan komedo dan flek hitam serta mengatasinya sunburn. Sedangkan vitamin E bertindak dalam memoisturizer kulit menjadikannya lembut dan lebih glowing.

Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp.250.000-an.

6. Senka Perfect White Clay

thenudelipstick.wordpress.com

Senka merupakan produk asal Jepang yang memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit sekaligus sebagai anti aging. Produk ini mempunyai kandungan white clay atau tanah liat putih yang bekerja efektif dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara menyeluruh hingga ke dalam pori-pori.

Di samping itu, produk ini juga mengandung white cocoon yang bertindak sebagai agen whitening, dimana mampu membersihkan kulit hingga bagian kutikula sekaligus memperbaiki jaringan yang rusak. Sedangkan kandungan asam hialuronat bertugas mengunci kadar air dalam kulit, menjadikannya lebih lembab, kenyal dan lembut.

Senka Perfect White Clay dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yakni berkisar Rp.38.000-Rp.75.000.

7. Neogen Blueberry Real Fresh Foam Cleanser

sokoglam.com

Terakhir ada skincare Korea yang juga ampuh melawan kulit keriput dan tanda penuaan lainnya, yakni Neogen Blueberry Real Fresh Foam Cleanser. Pembersih wajah ini memiliki banyak kandungan bahan alami. Beberapa diantaranya ekstrak moringa dan blueberry yang berperan sebagai antioksidan. Dimana fungsinya untuk menangkal radikal bebas dan menutrisi kulit agar menjadi lebih sehat, cerah dan lembut.

Untuk mendapatkan produk ini, kamu hanya perlu mengeluarkan budget sekitar Rp.170.000-Rp.190.000.

8. Safi Age Defy Renewal Night Cream

tokopedia.com

Safi merupakan skincare yang berasal dari Malaysia. Namun sejak tahun 2018 kemarin, Safi secara resmi telah hadir di pasar Indonesia. Safi sendiri identik dengan produk halal dan mengutamakan ingredient natural.

Nah, salah satu produk Safi yang dikhususkan untuk mencegah tanda-tanda penuaan adalah Age Defy Renewal Night Cream. Krim ini memiliki tekstur mirip gel dan tidak lengket di kulit. Adapun kandungan utamanya terdiri dari phyto-SLC, protein sutera dan ekstrak emas. Skincare ini bekerja dalam mempertahankan keremajaan kulit, menjaga kekenyalannya serta melembabkan wajah. Khasiat lainnya krim ini juga bisa mencerahkan loh!

Kamu bisa mendapatkan Safi Age Defy hanya dengan harga sekitar Rp.75.000.

9. Innisfree Orchid Enriched Cream

ebay.co.uk

Innisfree merupakan salah satu skincare populer yang berasal dari Korea Selatan. Produk-produk Innisfree banyak diminati oleh masyarakat karena umumnya berbasis natural ingredient. Nah, salah satu yang bisa kamu coba untuk merawat wajah agar tampak lebih muda adalah Innisfree Orchid Enriched Cream.

Produk ini dibuat dari bahan utama bunga anggrek yang dipetik di pulau Jeju. Dimana anggrek ini berperan sebagai antioksidan yang dapat menyamarkan garis halus, menjaga kelembaban wajah, mencerahkan, menghambat pigmentasi serta melindungi elastisitas kulit.

Untuk harga Innisfree Orchid Enriched Cream berkisar Rp.480.000.

10. SK-ll R.N.A Power Radical New Age

camemberu.com

Berikutnya ada produk ternama dari Negeri Sakura. Yap, apalagi kalau bukan SK-ll. Umumnya produk SK-ll mengandung bahan aktif berupa Pitera, yakni sejenis ragi yang berasal dari cairan fermentasi sake. Pitera ini terbukti ampuh menjaga keremajaan sel-sel kulit, menyamarkan garis halus dan mencegah munculnya kulit keriput.

Begitupun dengan Sk-ll R.N.A Power Radical New Age, di dalamnya terkandung pitera dengan konsentrasi cukup tinggi. Diformulasikan juga bersama ragi terhidrolisis, protein kedelai, ekstrak chlorella, dan shea butter.

Karena manfaatnya yang luar biasa, seengaknya kamu harus rela mengeluarkan budget sekitar Rp.1.500.000 untuk mendapatkan produk ini!

11. Wardah Renew You Anti Aging Night Cream

alfacart.com

Kalau kamu butuh skincare anti aging yang ramah kantong tapi kualitas tetap bagus, kamu bisa mencoba Wardah Renew You Anti Aging Night Cream. Produk ini diformulasikan dari beberapa bahan aktif yang bekerja khusus dalam melawan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kulit keriput.

Kandungan utamanya adalah Advance recover age system yang bertugas melembabkan sekaligus menjaga keremajaan sel-sel kulit. Adapula kandungan vitamin B3 untuk memudarkan flek hitam, vitamin E sebagai antioksidan, peptide untuk menjaga elastisitas kulit dengan merangsang pembentukan kolagen, serta senyawa resveratrol yang berperan melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Produk wardah ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp.38.000.

12. Estee Lauder Revitalizing Supreme Global Anti Aging Cream

tokopedia.com

Kamu tentunya tahu bahwa Estee lauder adalah salah satu brand papan atas di New York. Produk-produk kecantikan yang dikeluarkan oleh Estee lauder dikenal berkualitas dan sangat populer di berbagai negara.

Khusus untuk anti aging, kamu bisa mencoba Revitalizing Supreme Global Anti Aging Cream. Krim yang satu ini diformulasikan dengan terobosan baru, memanfaatkan IntuiGen Technology Tm yang diklaim dapat menutrisi kulit serta melawan berbagai tanda-tanda penuaan, seperti kulit kusam, garis halus, flek hitam dan keriput.

Produk ini memiliki harga bervariasi tergantung ukuran. Untuk kemasan 15 ml harganya sekitar Rp.189.000. Sedangkan untuk kemasan 5 ml seharga Rp.90.000.

13. Laneige Perfect Renew Cream

sunnanz.com

Terakhir untuk mencegah munculnya kulit keriput berlebihan, kamu bisa menggunakan skincare Korea Laneige Perfect Renew Cream. Produk ini diformulasikan dari bahan flavonoid yang diekstrak dari akar lengkuas, dimana fungsinya sebagai anti penuaan dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, juga terdapat kandungan ceramide water yang berperan sebagai pelembab dan bisa menyatu sempurna dengan lapisan kulit.

Untuk harganya yakni sekitar Rp.800.000 untuk ukuran 50 ml. Tentunya cukup worth it, ya! Karena terbilang awet dan khasiatnya pun juga mumpuni. Jika ada uang, maka nggak ada salahnya mencoba, guys!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *