Thursday , October 22 2020

6 Kebiasaan Buruk ini Jadi Faktor Kerusakan Mata Kamu

Memiliki penglihatan yang sehat adalah kondisi yang patut di syukuri. Dengan adanya kedua bola mata kamu bisa menyaksikan berbagai macam ciptaan Allah yang begitu sempurna. Maka itu, jagalah kesehatan mata dengan baik. Perlu kamu tahu bahwa penurunan kesehatan mata tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia. Ada banyak kebiasaan sepele yang bisa memicu gangguan penglihatan.

***Nah, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang jadi pemicu / penyebab yang bisa mengganggu kesehatan mata sehingga harus kamu hindari agar mata kamu tidak rusak. Diantaranya yakni:

 

1. Menatap Layar Gadget (Ponsel atau Laptop) dalam Jangka Waktu Lama

Di era social media ini, nampaknya orang tak bisa lepas dari yang namanya gadget. Karyawan yang bekerja di kantor biasanya mereka menatap laptop dari pagi hingga malam. Belum lagi kebiasaan main ponsel yang non stop, enggak peduli di rumah, restoran, kantor sampai di toilet masih main ponsel. Semua hal itu bisa menjadi pemicu menurunnya kesehatan mata.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa paparan radiasi yang ditimbulkan oleh komputer dan smartphone berbahaya bagi organ penglihatan. Dalam jangka lama bisa menyebabkan rusaknya retina.

Jika pekerjaan yang memaksamu untuk melakukan hal itu, maka berikan waktu 10 menit setiap jam untuk mengistirahatkan mata. Tataplah dedaunan hijau dan jangan lupa konsumsi makanan tinggi vitamin A.

 

2. Nonton Televisi Berlebihan

Sama halnya dengan menatap laptop atau smartphone, nonton televisi juga bisa menyebabkan menurunkan fungsi organ penglihatan. Sinar radiasi yang dipaparkan oleh layar televisi cenderung cukup besar. Maka itu, batasi waktu menonton TV. Selain itu usahakan jangan menonton dengan jarak dekat. Bila perlu gunakan kacamata anti radiasi.

 

3. Berenang Tanpa Kacamata

Aktivitas berenang memang terbukti dapat meningkatkan kesehatan organ tubuh. Tapi demikian, berenang tanpa kacamata justru bisa menimbulkan bahaya.

Salah satunya risiko menurunnya penglihatan. Hal ini dikarenakan kandungan klorin dalam air yang bila masuk ke mata akan memicu kerusakan retina. Selain itu, tak menutup kemungkinan juga bakteri dan mikroorganisme lain bisa menimbulkan infeksi.

Untuk mencegahnya, kamu perlu menggunakan kacamata sebagai pelindung. Dengan demikian mata lebih aman. Kemudian, perlu di ingat juga ya, jangan gunakan soflen (lensa kontak) saat berenang sebab bisa membuat kotoran semakin mudah menempel.

 

4. Merokok

Rokok ataupun asap rokok bisa dikatakan sebagai silent killer yang sangat berbahaya. Walaupun kebiasaan merokok ini terlihat sepele. Namun kamu juga harus tahu bahwa di dalam rokok terkandung ribuah senyawa beracun yang bisa merusak organ tubuh.

Salah satunya organ mata. Menurut studi, seorang perokok lebih berisiko terserang gangguan penglihatan. Itu bisa berupa mata kering, degenerasi makula, katarak, uveitis hingga hilangnya penglihatan secara total atau buta.

 

5. Radiasi

-Radiasi dari Mesin Las.

-Terpapar Matahari Secara Berkepanjangan

Sinar matahari tidak hanya buruk untuk kulit, tapi juga membahayakan kesehatan organ mata. Terlebih lagi bagi orang yang terbiasa beraktivitas di luar ruangan secara terus-menerus. Paparan sinar UV terbukti dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur bahkan memicu kerusakan retina.

Selain itu juga meningkatkan risiko mata kering dan katarak.  Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu menggunakan kacamata hitam sebagai pelindung mata dari paparan sinar matahari. Khususnya pada pukul diatas jam 9 pagi hingga 3 sore.

 

6. Minum Alkohol

Bagi Anda yang sering terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol tentu sering merasakan pandangan yang menjadi kabur bukan? Hal itu disebabkan karena melambatnya reaksi pupil, penurunan sensitivitas kontras dan visual.

 

Faktor Penyebab Kerusakan mata Lainnya

1. Kekurangan Asupan Vitamin A

Vitamin A memiliki peranan penting untuk kesehatan organ mata. Fungsinya yakni meningkatkan penglihatan, mencegah kerusakan retina yang disebabkan oleh radikal bebas, meminimalisir risiko pembengkakan, katarak, degenerasi makula ataupun xeroftalmia pada mata. Beberapa makanan sumber vitamin A yaitu wortel, mangga, pepaya, paprika merah, bayam, telur, susu dan yogurt.

2. Menderita Diabetes Mellitus.

3. Turunan dari Orang Tua.

4. Usia Lanjut.

5. Cacat Sejak Lahir, dll.

6. Infeksi Virus dan Bakteri.

 

Nah, setelah mengetahui informasi di atas, sebaiknya hindari kebiasaan yang dapat menurunkan kesehatan mata. Di samping itu juga jangan lupa mencukupi kebutuhan nutrisi harian sehingga fungsi indra penglihatan bisa lebih optimal.

About Bas