Saturday , October 31 2020

6 Hal Unik yang Bisa Kamu Temui di Korea Selatan

Korea Selatan bisa dikatakan sebagai negara yang dinamis dan unik. Disana Anda bisa menemukan beragam hiburan yang menarik. Tak hanya drama dan grup penyanyi K-POP saja, tapi juga ada pagelaran festival budaya serta destinasi wisata menyenangkan. Sebut saja Pulau Jeju, Pulau Nami, Taman Hiburan Everland, dan masih banyak lainnya.

Selain dari itu, ternyata Negeri Ginseng ini juga menyimpan fakta-fakta unik loh yang tentunya gak bakal Kamu temukan di tempat lain. Mau tau apa aja? Simak ulasannya di bawah ini!

 

1. Usia Itu Relatif

Jika Kamu lahir tahun 1990, berarti usiamu di tahun 2017 adalah 27 tahun. Hal ini berlaku secara umum ya. Namun sayangnya tidak untuk oenni dan oppa di Korea. Disana perhitungan usia itu terbilang relatif.

Jadi bayi yang lahir di Korea secara otomatis akan langsung berusia 1 tahun. Semisal kamu lahir 1990, maka di tahun 2017 usiamu 28 tahun. Kemudian ada juga teori yang mengungkapkan bahwa usia orang Korea bertambah 1 tahun (lagi) setiap tahun baru, tepatnya di tanggal 1 Januari. Jadi intinya, usia disana itu relatif. Bisa nambah 1 atau 2 tahun.

2. Minum Alkohol Bebas Dimanapun

Kebiasaan minum alkohol bagi orang Indonesia sudah pasti merupakan hal buruk. Begitupun dengan di Negara Barat, masyarakatnya juga enggak bisa mengkonsumsi alkohol secara bebas. Tapi lain halnya dengan Korea Selatan, bagi warga sana alkohol adalah sesuatu yang lumrah.

Anda bisa melihat di drama-drama Korea, biasanya menampilkan para pemain yang minum soju dengan bebas. Di balkon rumah, di taman, di bus, depan minimarket, di mana saja pasti membawa soju ketika stress. Ya, itulah Korea Selatan! Negeri tersebut tidak memiliki larangan minum alkohol. Asalkan cukup umur, maka sah-sah aja untuk membeli alkohol.

3. Tidak Ada Istilah Jaywalking Disana!

Salah satu hal yang patut dibanggakan dari Negeri Ginseng ini, disana kamu enggak bakal menemukan orang yang menyebrang sembarang tempat (jaywalking). Pastinya mereka hanya menyebrang di zebra cross. Bisa dikatakan infrastruktur dan sistem transportasinya sangat rapi. Warganya pun juga begitu patuh terhadap peraturan lalu lintas. Oleh sebab itu, angka kejadian kecelakaan disana juga sangat kecil.

4. Lebih Percaya Ramalan Golongan Darah daripada Horoskop

Jika orang Indonesia lebih percaya pada horoskop atau ramalan bintang. Beda halnya dengan penduduk Korsel. Mereka beranggapan bahwa kepribadian seseorang berkaitan erat dengan golongan darah. Jadi semisal kamu bertanya, “apa tandamu?” Mereka tidak menjawab “scorpio atau aquarius”, tapi justru menyebutkan jenis darahnya. Misalnya saja “O rhesus negatif”.

5. Operasi Plastik? Itu Sangatlah Normal!

Berbicara tentang operasi plastik, Anda mungkin akan mengerutkan dahi saat mendengarnya. Bahkan di negara Barat oplas juga terbilang cukup tabu. Namun tidak bagi masyarakat Korea Selatan.

Warga disana justru gemar melakukan operasi plastik. Biasanya mereka mulai melirik operasi plastik ketika masuk dunia perkuliahan. Mereka juga tidak perlu bingung izin orang tua, karena keluarga pasti membolehkannya bahkan membiayai agar anaknya bisa jadi lebih cantik. Untuk jenis operasi yang paling banyak diburu adalah operasi pada bagian hidung, dagu, dan mata.

Oiya, harga operasi plastik di korsel terbilang lebih terjangkau daripada negara lain. Maka dari itu, tak heran banyak orang yang meminatinya.

 6. Tiada Hari Tanpa Kimchi

Kimchi adalah makanan yang terbuat dari sayuran difermentasikan. Bagi orang Korea, kimchi ini merupakan menu makanan wajib. Mereka gemar mengonsumsi kimchi, bahkan mengolahnya dalam berbagai jenis masakan. Kimchi ini dipercaya bisa menjaga kesehatan pencernaan sekaligus merawat kulit.

Nah, jadi itulah beberapa fakta-fakta unik di Korea Selatan. Menurutmu mana nih yang paling menarik?