Danau merupakan salah satu wisata alam yang cukup banyak diminati. Selain bisa bikin santai dan memancing, berlibur ke danau juga dapat merilekskan pikiran. Kamu akan disuguhkan oleh pemandangan alam nan sejuk serta ketenangan air yang akan membuatmu terlupakan oleh tekanan hidup sehari-hari.

Nah, diantara banyaknya wisata danau di dunia, berikut ini beberapa danau yang diklaim memiliki panorama paling menakjubkan. Penasaran dimana saja danau tersebut? Berikut daftarnya!

  1. Salar de Uyuni, Bolivia

Anda pernah mendengar tentang keindahan wisata Salar de Uyuni di Bolivia? Tempat ini sebenarnya merupakan dataran garam terbesar di dunia, dimana luasnya mencapai 10.5 ribu kilometer persegi.

Dalam beberapa tahun sekali, saat curah hujan cukup tinggi, danau di dekat dataran tersebut meluap. Sehingga menyebabkan terbentuknya lapisan air tipis di atas garam. Fenomena ini membuat permukaan daratan menjadi sangatjernih, bagaikan cermin raksasa yang memantulkan pemandangan langit begitu indah.

Dijamin Kamu pasti akan terkesima saat melihatnya secara langsung! 

  1. Caño Cristales, Kolombia

Tak kalah mempesona dari Salar de Uyuni, sungai Caño Cristales di Kolombia juga memiliki keunikan tersendiri yang akan menyihirmu!

Tepatnya di bulan September dan November, air sungai ini akan berubah tampilan yang semula bening menjadi berwarna-warni layaknya sebuah pelangi. Tumbuhnya tanaman langka ‘Macarenia clavigera’ di dasar sungai membuat airnya tampak kemerahan. Selain itu, adanya alga berwarna hijau dan kuning juga membuat aliran sungainya semakin indah. Tak heran, jika Caño Cristales dijuluki sebagai ‘Danau dari Surga’.

  1. Danau Plitvice, Kroasia

Selanjutnya di Kroasia, tepatnya diantara kota pesisir Zadar dengan Zagreb terdapat sebuah danau yang panoramanya yang begitu cantik! Yaitu danau Plitvice.

Danau ini berlokasi di sebuah taman nasional. Yang menakjubkan, airnya tak hanya membentuk satu gugusan. Melainkan 16 danau yang saling terhubung dengan luas 8 km, serta beberapa air terjun dan juga sejumlah goa.

Karena keindahannya tersebut, danau Plitvice dinyatakan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1979. Kawasan di sekitar danau ini juga menyimpan beragam jenis satwa, seperti beruang, babi hutan, burung-burung langka, lynx, serigala, rusa dan sebagainya.

  1. Danau Kelimutu, Indonesia

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia juga ada loh wisata danau yang sangat indah. Tepatnya berada di Gunung Kelimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Di puncak gunung tersebut terdapat 3 danau kawah yang memiliki warna berbeda. Diantaranya merah, hijau dan biru. Yang bikin unik lagi, warna ketiga danau ini juga kerap berubah-ubah dalam beberapa waktu.

Sebagaimana yang terjadi pada tahun 2009, danau yang semula berwarna merah-putih-biru kehijauan mendadak berubah menjadi pirus, hitam dan merah cola-cola. Kemudian di tahun 2010, warnanya menjadi hijau gemerlap. Para peneliti menduga fenomena tersebut dikarenakan adanya interaksi gas vulkanik dengan mineral di dalam air danau.

5. Danau Berbintik, Kanada

Beralih ke provinsi British Kolombia di Kanada, terdapat sebuah danau dengan panoramana yang luar biasa. Danau ini, di musim panas akan menguap sehingga pada permukaanya terbentuk bintik-bintik melingkar berwarna-warni dari hijau, kuning hingga biru.

Bintik ini terbentuk dikarenakan danau tersebut kaya akan mineral. Sehingga ketika airnya menguap, danau masih menyisakan mineral dalam konsentrasi tinggi yang kemudian membentuk bintik-bintik indah.

6. The Grand Prismatic Spring, USA

The Grand Prismatic Spring merupakan sumber air panas pelangi yang terletak di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat. Pemandian ini memiliki kedalaman sekitar 160 kaki dan luas 300 kaki.

Pemandian ini dikenal sangat indah berkat warna-warna yang dihasilkan pada permukaannya, mulai dari warna kemerahan pada ujungnya yang menyerupai cincin. Kemudian diikuti warna hijau dan kuning. Sedangkan pada bagian tengah kolam berwarna biru jernih, disanalah bagian terpanas dengan suhu mencapai 189 derajat Fahrenheit.

Warna-warna yang dihasilkan oleh pemandian tersebut diyakini dikarenakan adanya berbagai jenis bakteri yang berkembang di dalamnya.

Itulah beberapa danau dengan panorama menakjubkan dunia. Tertarik berkunjung?