Menggunakan Sepatu hak tinggi (High Heels) membuat penampilan cewek jadi semakin modis dan girly. Namun ada dampak buruk penggunaan sepatu high heels terlalu sering, mulai dari kaki terasa sakit, pegal atau bahkan lecet.

Jika Anda mengalami hal tersebut, baiknya jangan dibiarkan hanya demi tampil cantik. Ingat, kesehatan jauh lebih berharga dibandingkan penampilan luar semata.

Nah, berikut ini sederet bahaya yang bisa timbul bila Anda mengenakan high heels terlalu sering. Simak yuk!

1. Nyeri di Betis dan Pergelangan Kaki

Dampak buruk pertama yang paling sering dirasakan orang bila keseringan memakai high heels, yakni nyeri pada pergelangan kaki.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Karena saat mengenakan high heels, pergelangan kaki cenderung condong ke depan. Kondisi tersebut mengakibatkan aliran darah pada tungkai jadi kurang lancar.

Apabila dibiarkan saja, maka dalam jangka waktu lama otot pada pergelangan kaki akan menegang sehingga menimbulkan rasa sakit kronis.

Di samping itu, pemakaian high heels dalam jangka lama juga menyebabkan kaku pada betis, yang lama-kelamaan bisa membuat kakimu terasa nyeri.

2. Mengganggu Kesehatan Tulang dan Syaraf Kaki

Ketika Anda menggunakan high heels, beban dari tubuh cenderung bertumpu pada kaki bagian depan, yakni pada tulang jemari kaki yang kecil.

Selain itu, hak sepatu yang tinggi juga turut menambah tekanan pada kaki, sehingga seringkali menyebabkan langkah jadi tidak seimbang.

Kondisi ini apabila berlangsung dalam jangka lama, tak hanya memicu lecet pada kaki, tapi juga menyebabkan gangguan syaraf kaki dan tulang.

3. Menyebabkan Kapalan

Tekanan dan gesekan yang berlebihan dari sepatu bisa menyebabkan timbulnya penebalan sel-sel kulit mati atau yang dikenal dengan istilah kapalan.

Sebenarnya kapalan ini tidak terlalu berbahaya, sebaliknya justru merupakan respon dari tubuh untuk memberikan perlindungan pada kulit.

Namun jika dilihat dari faktor estetika, tentunya kapalan cukup mengganggu penampilan ya? Biasanya sih, kapalan cenderung muncul di bagian telapak kaki, jempol, tumit dan sekitarnya.

4. Sakit Pinggul dan Punggung

Mengenakan high heels memang bisa bikin tampilan jadi seksi.

Namun dibalik itu, tahukah Anda bahwa ada bahaya mengancam? Ya,

ketika Anda berjalan menggunakan heels, otot-otot punggung akan bekerja lebih keras untuk menjaga keseimbangan tubuh. Tulang punggung juga ikut mendapat tekanan berlebih, sehingga tak jarang memicu timbulnya nyeri pada bagian punggung bawah.

Tak hanya itu saja, pemakaian sepatu berhak tinggi juga menyebabkan otot pinggul cenderung terdorong ke luar saat Anda berjalan. Akibatnya, pinggul pun akan mudah merasa sakit.

5. Sakit Lutut dan Memicu Osteoporosis

Bahaya selanjutnya bila Anda memakai sepatu hak tinggi terlalu sering adalah sakit pada lutut.

Meski lutut memiliki otot yang cukup kuat, namun penggunaan heels secara terus-menerus akan memberikan tekanan pada lutut, sehingga sendi dan otot-ototnya bisa aja mengalami keabnormalan.

Dalam jangka waktu lama, sakit lutut yang Anda rasakan bisa berdampak pada serangan osteoarthritis.

6. Varises

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pemakaian sepatu berhak tinggi bisa menimbulkan tekanan pada otot betis dan tumit.

Jika kedua bagian tersebut selalu dalam kondisi tegang, maka efeknya pembuluh darah ikut tertekan. Hal ini menimbulkan penumpukan darah dalam pembuluh vena, sehingga akibatnya terbentuklah pembengkakan atau yang dikenal sebagai varises.

Nah, kira-kira itulah tadi sederet dampak buruk dari penggunaan high heels terlalu lama. Ingat, jangan hanya demi tampil cantik, kemudian Anda mengorbankan kesehatan! Memakai sepatu high heels sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan jangan berlebihan ya!