6 Cara Merawat Sepatu Kanvas Agar Awet

Sepatu Kanvas tak hanya cocok dipakai kuliah atau kerja saja, tapi juga ketika Hangout bersama teman-teman.

Nah karena alas kaki inilah yang selalu setia menemani keseharian, maka tak berlebihan rasanya bila kita belajar sejenak soal bagaimana cara merawat sepatu kanvas agar awet.

1. Lindungi tiap elemennya

Saran terbaik agar sepatu kanvas bisa tampak selalu baru adalah dengan melindungi tiap bagiannya. Nah salah satu cara mencegah sepatu kanvas agar tak sampai kotor atau ternoda adalah dengan menyemprotkan produk pelindung khusus pada sepatu kanvas yang masih baru.

Semprotkan produk pelindungnya tipis-tipis saja, yang penting merata, lalu tunggu hingga kering sebelum memakainya. Produk pelindung sepatu ini umumnya efektif membuat sepatu lebih kebal terhadap noda maupun kotoran. Tapi tak mengapa juga kalau Anda enggan membelinya. Untuk itu, mari kita lanjut ke tips berikutnya.

2. Sulap jadi anti-air (waterproof)

Tips berikutnya ini juga penting, khususnya saat musim hujan tiba. Dalam hal ini, Anda diimbau memoles sol luar sepatu kanvas agar menjadi anti-air.

Caranya? Dengan mengoleskan beeswax (lilin) kemudian lelehkan itu hingga merata ke seluruh bagian bawah sepatu menggunakan blow dryer. Ulangi proses tersebut secara rutin setiap 2 bulan sekali.

Namun ingat, seperti disebutkan tadi, hanya seluruh bagian bawah sepatunya saja. Jadi, hindari melakukannya pada bagian atas sepatu supaya alas kaki tetap breathable dan bebas dari bau tak sedap.

Tujuan utama proses melapisi bagian bawah sepatu ini tak lain supaya air tak sampai merembes naik kemudian mengotori bahan kanvasnya.

3. Cuci dengan benar

Sepatu kanvas perlu dicuci dengan benar demi menjaga keawetannya. Nah supaya sol bagian dalamnya tidak rusak, gunakan campuran air dan detergen saja untuk membersihkan noda di sisi luarnya. Gunakan sikat gigi atau yang bulunya lembut untuk menggosok bahan kanvasnya.

Setelah selesai, letakkan sepatu secara terbalik di atas wadah ceper berisi air sabun. Jika perlu sanggah supaya sol dalamnya tidak sampai terkena air sabun. Rendam sekitar 20 menit, sebelum dikeringkan.

4. Cara mengeringkan sepatu kanvas juga mesti tepat

Walau melemparkan sepatu kanvas dalam mesin pengering mungkin dapat mempercepat proses pengeringannya, tapi langkah ini juga bisa merusak sol dalamnya. Oleh sebab itu, sebaiknya jemur sepatu kanvas dengan cara mengangin-anginkannya di tempat teduh. Hindari menjemur sepatu di bawah terik matahari langsung agar warnanya tak cepat pudar.

5. Kenakan dengan bijak

Perawatan yang Anda lakukan sudah maksimal sesuai berbagai saran di atas. Tapi, itu tak menjadikan sepatu kanvas ‘sakti’ sehingga kebal terhadap segala cuaca.

Penggemar alas kaki kasual ini tetap diimbau untuk tidak memakai sepatu kanvas di momen-momen yang kurang bersahabat. Yang dimaksud di sini adalah saat musim hujan atau di tanah berlumpur. Hindari pula mengenakannya ketika melakukan aktivitas yang berpotensi membuat sepatu kanvas kotor, seperti paintball misalnya.

6. Bikin wangi yuk..

Faktanya, tak sedikit orang yang mengenakan sepatu kanvas tanpa kaos kaki. Hal inilah yang membuat alas kaki mudah bau jika tak dirawat dengan baik. Guna mencegahnya, taruhlah sepatu kanvas di tempat terbuka. Menyematkan dryer sheet dalam tiap sepatu semalaman selama beberapa hari sekali juga membantu meminimalisir potensi timbulnya bau kurang sedap.

Jadi itulah tadi, beberapa cara merawat sepatu kanvas agar awet yang bisa kami bagikan.

Selamat mencoba!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *