Tuesday , October 20 2020

6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami, Coba Yuk!

Kemunculan jerawat pada wajah pastinya cukup mengganggu, ya? Selain bikin hasil make up terlihat cakey, adanya jerawat juga mengurangi kepercayaan diri. Namun untungnya, saat ini udah banyak skincare berbasis organik yang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Sayangnya, masalah tak berhenti sampai disitu! Terkadang jerawat juga meninggalkan bekas pada kulit. Misalnya flek hitam, kemerahan hingga bopeng.

Nah, jika saat ini Kamu sedang galau sedang bekas jerawat yang tak kunjung hilang, don’t worry! Kamu bisa mencoba bahan-bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

1. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama, Kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun. Minyak yang kaya kandungan vitamin E ini dapat membantu menyamarkan flek hitam dan bopeng, bahkan bikin jerawat kempes dengan pemakaian secara rutin.

Pemakaiannya, Kamu cukup oleskan minyak zaitun pada area wajah yang berjerawat tiap sebelum tidur malam. Bilas dengan air di keesokan paginya. Lakukan perawatan ini setiap hari sehingga kulitmu bisa cepat mulus kembali.

2. Mentimun

Mentimun enggak sekedar ampuh mengatasi kantung mata, tapi juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat. Ini dikarenakan mentimun mengandung mineral magnesium, vitamin A dan vitamin C. Ketiga zat tersebut bekerja dalam menutrisi kulit dan mengatasi radang sekaligus kemerahan.

Untuk cara pakainya, cukup tempelkan irisan mentimun pada kulit yang ada bekas jerawatnya. Tunggu sekitar 30 menit. Udah deh, Kamu bisa membilasnya dengan air atau tidak.

3. Lemon

Selanjutnya, Kamu bisa mencoba pemakaian lemon untuk menghilangkan bekas jerawat. Lemon kaya kandungan vitamin C yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus mencerahkan kulit.

Di samping itu, lemon juga mengandung senyawa AHA yang dapat mengoptimalkan proses regenerasi sel, yakni pergantian sel-sel kulit mati dengan sel kulit baru.

Untuk cara pakainya, cukup oleskan air perasan lemon pada area bekas jerawat di wajahmu. Tunggu sampai mengering. Terakhir, bilas dengan air. Oiya, setelah menggunakan perawatan ini, baiknya Kamu jangan beraktivitas di luar ruangan dulu. Sebab sinar matahari dapat bereaksi dengan senyawa asam dari lemon dan membuat kulit menjadi kemerahan.

4. Kunyit

Bumbu dapur ini sudah populer dikenal sebagai obat alami penyembuh jerawat sekaligus bekasnya. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa curcumin dengan kadar tinggi yang dapat bertindak sebagai antiseptik sekaligus antiradang.

Untuk pemakaiannya, pertama Kamu cuci dan kupas 1-2 buah kunyit. Lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Oleskan bubuk kunyit pada bekas jerawat. Tunggu sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air.

Lakukan perawatan ini secara rutin sehingga hasilnya cepat terlihat.

5. Tomat

Tomat juga menjadi salah satu bahan alami yang efektif menghilangkan bekas jerawat. Buah ini mengandung senyawa likopen, vitamin A dan vitamin C sehingga dapat membentuk merevitalisasi kulitmu!

Untuk cara pakainya, cukup balurkan jus tomat pada wajah secara menyeluruh. Tunggu sekitar 30 menit. Kemudian bilas dengan air. Masker tomat ini tak hanya ampuh menyamarkan flek hitam aja loh, tapi juga bisa bikin wajahmu makin cerah dan kencang.

6. Putih Telur

Putih telur merupakan bahan alami yang sering dimanfaatkan sebagai masker wajah. Selain ampuh dalam mencerahkan kulit, putih telur juga efektif mengatasi masalah bekas jerawat seperti bopeng dan flek hitam.

Untuk cara pakainya, oleskan putih telur dengan kuas pada wajahmu secara merata. Diamkan sampai maskernya mengering. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih.

Selesai! Itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa Kamu coba di rumah. Mudah, bukan? Selamat mencoba!

feature image: healthline.com

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *