Jujur saja, terkadang uang bulanan yang diberikan orang tua nggak cukup. Maka tidak ada salahnya juga mencoba kuliah sambil kerja agar bisa memperoleh penghasilan tambahan. Namun dengan catatan, jangan sampai waktu belajar terbengkalai.

Nah, berikut ini beberapa peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Simak yuk!

 

1. Bisnis Online

Pekerjaan sampingan yang paling direkomendasikan bagi mahasiswa adalah bisnis online. Bisnis ini mudah dilakukan sebab Anda hanya butuh laptop dan jaringan internet. Selain itu juga tidak memerlukan modal, loh!

Ada beberapa jenis bisnis online yang bisa Anda lakukan secara gratis, diantaranya jadi content writer (penulis lepas), mengikuti program affiliate marketing, paid survey online, memasang Ads publisher, menjadi youtuber dan sebagainya. Anda juga bisa mencari lowongan beragam job untuk freelancer di situs sribulancer.com dan projects.co.id

2. Jual Beli Paket Data dan Pulsa

Jenis bisnis kedua yang bisa Anda lakukan adalah jual beli paket data dan pulsa. Bisnis ini terbilang cukup menguntungkan. Pasalnya, di jaman sekarang hampir setiap aktivitas enggak terlepas dari internet. Mulai dari update status, baca berita, baca gossip, bikin snapgram, jual beli online, dan masih banyak lainnya. Jadi gak heran bila mayoritas orang selalu mengisi kuota internet untuk ponsel mereka.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa membeli kuota atau pulsa dari agen resminya. Cara lain, Anda juga bisa membeli programnya (seperti Beone atau paytern) yang menyediakan layanan jual beli pulsa. Biasanya sih, keuntungan dari penjualan pulsa bisa mencapai sekitar Rp.10.000, bergantung jenis operator.

3. Bisnis Dropship

Bisnis selanjutnya yang cocok untuk mahasiswa adalah dropship. Jadi Anda bisa membuka toko online tanpa perlu mengeluarkan modal di awal. Anda hanya perlu mencari seller terpercaya. Lalu promosikan produk mereka di lapak toko online Anda sendiri. Ingat ya, harga yang Anda bandrol harus lebih tinggi dari harga aslinya. Tujuannya supaya Anda bisa dapat untung.

Nantinya bila ada pembeli, barulah Anda menginfokan kepada seller. Lalu jika si pembeli sudah mentransfer uangnya ke rekening Anda, maka Anda harus mentransfer uang ke seller sesuai harga awal beserta ongkos kirim.

Setelah transaksi selesai, seller akan langsung mengirim produk ke alamat pembeli dengan menggunakan nama toko Anda. Nah, mudah kan? Yang terpenting pastikan Anda berbisnis dengan seller yang terpercaya, ramah, dan fast response.

4. Kerja Part Time

Khusus bagi Anda yang kuliahnya sudah memasuki semester-semester akhir dan kesibukan mulai berkurang, Anda bisa mencoba kerja part time. Biasanya kerja part time dilakukan 8 jam dalam sehari, bisa jadi pagi, sore atau malam.

Beberapa jenis kerja part time yang cocok untuk mahasiswa seperti kerja sebagai kasir di swalayan, pegawai di coffe shop, jaga warnet atau rental, dan sebagainya.

5. Guru Les Privat

Pekerjaan ini juga menjadi favorit para mahasiswa. Anda juga bisa mencoba kerja sampingan jadi guru les privat dengan bergabung di suatu LBB (Lembaga Bimbingan Belajar). Anda bisa mengajar anak SD, SMP atau SMA. Biasanya gaji yang diperoleh per bulan bisa mencapai sekitar Rp.300-400 ribu untuk 1 orang.

Jika memungkinkan dan memiliki waktu luang, Anda bisa mengambil lebih dari 1 orang. Tapi ingat ya jangan sampai mengganggu perkuliahan Anda.

6. Asisten Praktikum atau Asisten Dosen

Biasanya untuk mahasiswa yang memasuki semester akhir (minimal semester 5), ada lowongan menjadi asisten di kampus. Nah, Anda bisa juga ikutan mendaftar. Baik itu asisten dosen ataupun asisten praktikum. Tentunya gaji yang didapatkan terbilang lumayan loh. Selain itu, pekerjaan ini juga dilakukan di lingkungan kampus. Jadi juga tidak terlalu merepotkan.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa. Nah, Anda tertarik mencoba yang mana nih?