Tuesday , October 20 2020

6 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Asyik dan Efektif

Jaman sekarang bahasa Inggris bukan lagi skill spesial, melainkan sudah menjadi kemampuan yang harus dimiliki setiap orang yang mau berkembang. Dengan menguasai bahasa inggris, otomatis kita memiliki lebih banyak kesempatan. Kesempatan belajar dari berbagai sumber berbahasa inggris, kesempatan mendapat pergaulan yang lebih luas, kesempatan menjelajahi berbagai negara, dan tentunya kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Namun sayangnya, banyak orang yang kurang menyadari pentingnya memiliki kemampuan berbahasa inggris. Sekalinya semangat belajar, banyak juga yang menginginkan hasil yang instan. Alhasil, mereka yang motivasinya kurang kuat akan berhenti di tengah jalan karena menyadari bahwa mempelajari suatu bahasa tidak sesimpel yang dipikirkan.

Meskipun tidak simpel, namun bukan berarti terasa sulit. Justru kamu yang bisa menanamkan rasa suka bahkan cinta pada bahasa ini akan merasakan bahwa proses belajarnya bisa terasa asyik dan menyenangkan. Intinya, jangan jadikan proses pembelajaran sebagai beban. Santai saja dan nikmati prosesnya.

Nah, untuk mempermudah kamu dalam belajar bahasa Inggris, kali ini halokawan akan membagikan beberapa cara belajar bahasa Inggris yang asyik dan efektif. Langsung saja, berikut ini.

1. Ciptakan Lingkungan Bernuansa Inggris di Sekitarmu

Hal ini bisa kamu lakukan baik kamu yang masih beginner atau yang intermediate. Untuk yang beginner, kamu bisa mulai dengan menamai benda-benda di sekitarmu dengan bahasa inggris. Selain itu, kamu juga bisa menulis kosa-kata yang tidak kamu pahami di meja belajar. Dengan melihatnya setiap hari, otakmu akan menyimpannya pada memori jangka panjang.

Dan untuk kamu yang intermediate, kamu bisa mulai menulis diary dalam bahasa inggris. Hal ini untuk melatih kemampuan menulis dan memantau progresmu setiap harinya.

2. Download Audio Berbahasa Inggris

Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan sebagai sumber belajar bahasa Inggris. Di aplikasi semacam itu pula biasanya sudah dikategorikan materi pembelajaran untuk masing-masing level, baik beginner, intermediate, maupun advanced. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung memilih materi yang akan kamu pelajari.

Mungkin sebagian besar pelajar merasa bahwa bagian listening adalah yang paling sulit. Padahal sebenarnya tidak. Apabila kamu sudah memiliki cukup vocabulary, mulailah melatih kemampuan listening-mu. Konsistenlah untuk mendengarkan audio berbahasa inggris setiap hari. Untuk awal mungkin kamu cukup berlatih mendengarkan 15 menit perhari, tapi tetap terus tingkatkan sampai 1 jam perhari. Apabila kamu konsisten dan persisten, dalam 3 sampai 4 bulan kamu akan merasakan sendiri seberapa besar progres yang kamu buat. Kalau kamu bingung mencari aplikasinya, kamu dapat mencoba aplikasi BBC Learning English atau U-Dictionary.

3. Jangan Lupa Banyak Membaca

Eits, jangan bilang malas dulu, ya. Meskipun kedengarannya membosankan, membaca juga penting, guys. Dengan banyak membaca buku berbahasa Inggris, kamu dapat memperkaya kosa-kata. Kamu juga akan semakin terbiasa dengan kalimat-kalimat berbahasa Inggris.

Sebab, penyusunan kalimat bahasa Inggris juga memiliki aturan sendiri, yang tentunya tidak sama dengan bahasa Indonesia. Kalau kamu benar-benar ingin menguasai bahasa Inggris, tidak hanya untuk mendapat nilai bagus di sekolah saja, maka kamu wajib membaca sebanyak-banyaknya.

Dan kamu juga tidak dituntut untuk membaca buku dengan level tinggi, kamu dapat memulai dengan buku-buku ringan yang sesuai dengan level kemampuanmu saat ini.

4. Coba Deh Cari Pen-Pal-mu di Aplikasi Chatting Online

Karena sekarang bukan jamannya tulis-menulis surat, jadi pen-pals yang dimaksud di sini adalah teman jarak jauh yang aktif berkomunikasi melalui aplikasi chatting online. Dan mungkin kedengarannya meragukan, ya. Memang sih, aplikasi chatting online lebih terkesan buruk karena banyaknya motif nakal di sana. Tapi, kalau kamu bisa memilih aplikasi yang aman dan menemukan teman chatting yang baik, kamu bisa melatih kemampuan bahasa Inggris-mu dengan teman tersebut.

Tidak hanya chatting, bahkan kamu juga bisa mengobrol melalui panggilan untuk melatih speaking-mu. Jadi, kamu tidak hanya belajar bahasa inggris pasif saja, melainkan juga aktif. Toh, tujuan mempelajari suatu bahasa adalah untuk berkomunikasi, tidak hanya menyerap informasi saja. Dan sebagai rekomendasi, kamu dapat mencoba aplikasi Wakie untuk mencari pen-pal-mu

5. Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris

Kalau untuk yang satu ini mungkin tanpa diminta, kalian sudah melakukannya, ya. Anak-anak jaman sekarang memang memiliki minat tinggi terhadap musik-musik luar negeri. Sebenarnya hal ini bisa menjadi salah satu cara belajar bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris-mu, asal kamu berusaha memahami arti dari lagu tersebut. Kalau kamu belum paham, carilah lirik lagunya dan hasil translate-nya. Dengan begitu, kamu akan lebih peka terhadap pengucapan dari liriknya.

6. Menonton Film Dengan Subtitle Bahasa Inggris

Nomor enam ini memang relatif sulit untuk kamu yang belum memiliki cukup vocabulary. Tapi untuk kamu yang sudah punya basic kuat, cobalah untuk menonton film dengan subtitle bahasa Inggris. Selain meningkatkan kecepatan reading-mu, kamu juga akan belajar mengenai pengucapan dari setiap kosa-katanya. Dan kalau reading-mu sudah kuat, cobalah menonton tanpa subtitle apapun.

Cobalah mengikuti 6 cara belajar bahasa Inggris di atas secara konsisten. Dalam kurun waktu tiga bulan, kamu pasti akan merasakan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris-mu dan semakin ketagihan belajar bahasa Inggris. Berani?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *