Monday , October 19 2020

6 Bencana Alam Terdahsyat Paling Mematikan dan Memakan Banyak Korban Jiwa

Bencana Alam Dahsyat Paling Mematikan di Dunia dan Memakan Banyak Korban Jiwa Manusia Terkadang dalam kehidupan ini terdapat hal-hal yang tidak bisa kita hindari. Misalnya saja bencana alam. Sebuah bencana yang terjadi di dunia dapat menjadi pengingat bagi kita bahwa alam pun juga bisa mengamuk. Oleh sebab itu, kita tidak boleh merusak alam seenaknya. Terlebih lagi hanya untuk kepentingan komersial.

Selain dari itu, bencana alam juga wujud dari kebesaran Tuhan yang Maha Esa. Kita sebagai manusia tidaklah berdaya terhadap apa yang Tuhan kehendaki. Maka itu juga manusia tidak boleh sombong.

Nah, berikut ini beberapa bencana alam terdahsyat yang dianggap paling mengerikan, bahkan memakan banyak korban jiwa di sepanjang sejarah kehidupan manusia. Simak yuk!

  1. Gempa Bumi dan Tsunami Aceh, tahun 2004

Tragedi tsunami di Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam tentu tak akan pernah bisa dilupakan. Peristiwa yang memporak-porandakan tanah Serambi Mekkah sekaligus memakan korban hingga 500 ribu nyawa ini dianggap sebagai bencana paling mematikan sepanjang abad 21.

Peristiwa mengerikan tersebut diawali dengan terjadinya gempa berkekuatan 9.1 SR yang menghantam tanah dengan dahsyat. Kemudian berlanjut dengan munculnya tsunami dari dasar lautan. Gelombang tsunami tersebut datang dari wilayah pantai yang berbatasan dengan Samudra Hindia. Menghancurkan seluruh kota Aceh hingga menjalar mencapai daratan Afrika.

Berdasarkan data penelitian, energi  yang dikeluarkan dari gempa bumi dan tsunami tersebut 1500 kali lebih dahsyat dari ledakan bom hiroshima ’45, atau bisa dikatakan setara dengan bom TNT berkekuatan 26 megaton.

  1. Meletusnya Gunung Krakatau, tahun 1883

Meletusnya gunung yang berada di Selat Sunda, yakni antara pulau Sumatera dan Jawa ini disebut sebagai bencana alam terdahsyat pertama di dunia. Peristiwa mengerikan tersebut terjadi pada tanggal 26-27 Agustus 1883 silam. Tercatat ada sekitar 36.000 korban tewas. Tak hanya itu saja, peristiwa ini juga memicu terjadinya tsunami sebanyak 2 kali berturut-turut dan hilangnya sebuah pulau.

Ledakan gunung Krakatau diperkirakan memiliki kekuatan 10.000 ribu kali lebih besar dibandingkan bom atom Hiroshima dan Nagasaki. Bahkan bunyi ledakan tersebut terdengar hingga ke daratan Afrika serta Australia. Hampir 1/8 penduduk bumi mampu mendengarnya.

Yang lebih mengerikan, ledakan dari gunung yang menghasilkan abu vulkanik sangat tebal menyembur hingga udara bagian atas. Kemungkinan mencapai awan sehingga menyebabkan bulan berwarna biru.

  1. Meletusnya Gunung Tambora, 1815

Gunung Tambora merupakan gunung yang terletak di wilayah Nusa Tenggara, Indonesia. Ledakan gunung ini terjadi pada tanggal 10 April 1815 silam, dan tercatat sebagai salah satu bencana alam paling mematikan sepanjang sejarah.

Dalam ledakan tersebut, hampir segala isi dalam perut gunung keluar. Mulai dari abu vulkanik, magma, lahar dan sebagainya dimuntahkan ke udara. Hingga membuat abunya naik ke angkasa setinggi 50 kilometer. Tak layak, abu dan debu dari gunung Tambora pun  terbawa hingga ke langit Eropa, menyebabkan terjadinya hujan berkepanjangan dan wabah tifus. Tercatat ada sekitar 65 ribu orang Eropa meninggal akibat tragedi tersebut.

Sementara di Indonesia, ledakan menyebabkan tsunami besar di wilayah Maluku dan Jawa Timur. Kota menjadi rusak pora-poranda, 3 kerajaan yang ada di dekat gunung juga hancur dan seluruh penduduknya meninggal. Menurut laporan kejadian ini membuat 80 ribu warga Indonesia tewas, baik dikarenakan asap hingga kelaparan.

  1. Gempa Aleppo, tahun 1138

879 tahun silam, di wilayah Aleppo, Suriah terjadi sebuah gempa bumi dahsyat yang memakan korban hingga 230 ribu nyawa dan menyebabkan banyak orang mengalami luka-luka. Gempa ini dilaporkan telah menghancurkan wilayah kota hingga pora-poranda. Bangunan-bangunan hancur hingga para warga kehilangan tempat tinggal. Menurut data US Geological Survey (USGS), gempa Aleppo ini merupakan gempa terbesar ke-4 dalam catatan sejarah yang paling mematikan.

  1. Gempa Tangshan, China, tahun 1976

China merupakan salah satu negara yang rentan mengalami gempa. Salah satu yang cukup mengerikan adalah gempa Tangshan pada tahun 1976 silam. Menurut laporan, gempa tersebut terjadi 2 kali, dimana gempa pertama memiliki kekuatan 7,8 SR dan yang kedua 7,1 SR. Gempa dahsyat ini berhasil merusak kota dan membuat sekitar 255 -655 ribu nyawa melayang. Sementara korban luka-luka mencapai sekitar 164 ribu.

  1. Gempa Shaanxi, China, tahun 1556

420 tahun sebelum terjadinya gempa Tangshan, China sudah pernah dilanda tragedi mematikan. Yakni gempa hebat di wilayah Shaanxi pada tahun 1556.  Gempa ini menghancurkan seluruh bangunan rumah penduduk. Memicu kebakaran, banjir, hingga udara yang sangat dingin.

Menurut laporan, gempa Shaanxi telah menewaskan sekitar 830 ribu nyawa manusia. Tentunya angka yang sangat besar. Gempa ini pun disebut oleh USGS sebagai gempa terdahsyat di dunia.

Demikianlah beberapa bencana alam paling mematikan dalam catatan sejarah dunia. Wow, benar-benar mengerikan ya? Semoga saja tragedi-tragedi di atas tidak akan terulang kembali. Amin ya Rabbal Alamin.

About Bas