Sunday , October 25 2020

6 Barang Sepele ini Murah di Indonesia, Tapi Mahal dijual di Luar Negeri

Pada umumnya, produk yang dibeli dari luar negeri cenderung memiliki harga lebih mahal daripada produk lokal. Hal itu bisa jadi dipengaruhi kualitasnya. Namun tahu nggak sih, ternyata ada loh beberapa jenis barang yang harganya murah di Indonesia, tapi dijual sangat mahal di luar negeri. Padahal barang-barang tersebut terbilang ‘sepele’. Bahkan mudah didapatkan di pasar.

Nah, penasaran kan? Kira-kira apa sajakah barang-barang tersebut? Berikut ulasannya!

 

1. Sandal Jepit

Siapa sih yang nggak punya sandal jepit di rumah? Sandal ini bisa dikatakan sebagai sandal sejuta umat. Di Indonesia, Kamu bisa nemuin pedagang sandal jepit dengan sangat mudah. Mulai dari di pasar, warung, sampai penjual pinggir jalan. Harganya pun juga murah meriah. Paling mahal sekitar Rp.15.000 aja.

Tapi tahu nggak Kamu, ternyata sandal ini dijual mahal di luar negeri, loh! Itu dikarenakan sandal legendaris ini pernah dikenakan salah satu personel EXO saat berkunjung ke Indonesia. Sejak saat itu, mendadak banyak orang yang menjual sandal jepit dengan harga sekitar Rp.200.000’an di situs belanja online. Gilak, gak sih?

2. Tampah

Bagi orang Indonesia, tampah mungkin merupakan benda yang biasa banget alias sepele. Alat ini terbilang multifungsi. Biasanya digunakan untuk jemur kerupuk, wadah kue, beras dan sebagainya. Harganya sangat murah loh, yakni sekitar Rp.15.000-20.000’an.

Namun siapa sangka, ternyata produk asli Indonesia ini juga dijual di luar negeri loh! Dan yang bikin kaget harga tampah di luar negeri amat sangatlah mahal. Yakni berkisar Rp.500.000’an. Wow! Setidaknya itulah yang dilakukan penjual online di situs ebay.

3. Sempoa

Masih ingat dengan alat hitung sempoa? Sekarang alat ini memang susah ditemukan di Indonesia. Pasalnya kebanyakan orang udah nggak pakai sempoa untuk berhitung, tapi menggunakan kalkulator.

Nah, yang menarik dengan alat sempoa ini, walaupun di negara kita keberadaannya kurang dilirik. Bahkan harganya juga terbilang murah, yakni sekitar Rp.15.000. Tapi di luar negeri harganya justru mahal loh! Yaitu berkisar Rp.100.000’an.

4. Pemukul Kasur Rotan

Entah Kamu tahu atau tidak, tapi alat yang terbuat dari rotan ini merupakan salah satu produk legendaris khas Indonesia. Dulunya sering digunain oleh nenek moyang kita buat gebukin kasur, bantal dan guling supaya bersih dari debu.

Sekarang ini keberadaan pemukul kasur rotan sudah mulai jarang ditemukan. Terutama sejak kemunculan alat vacum cleaner. Namun demikian ada juga beberapa pedagang yang menjualnya dengan harga lumayan murah, yakni berkisar  Rp.15.000-40.000’an. Sedangkan di luar negeri, harganya bisa mencapai Rp.500.000’an, loh! Mahal banget ya?

5. Mie Instan

Mie instan memang bukan termasuk benda. Namun tak ada salahnya juga memasukkan makanan ini dalam daftar produk yang dijual mahal di luar negeri. Soalnya selisih harga yang ditawarkan di Indonesia dengan luar negeri benar-benar jauh berbeda.

Apabila di negara kita harganya sekitar Rp. 2000. Di luar negeri bisa mencapai ratusan ribu rupiah loh. Misalnya saja di kawasan Amerika, harga jual mie instan produksi Indonesia sekitar Rp.250.000-600.000’an.

6. Tempe

Tempe juga bukan tergolong benda. Namun produk asli Indonesia ini juga dijual di luar negeri dengan harga sangat mahal. Jika di negara kita biasanya dijual sekitar Rp.5000-Rp.10.000 untuk sepotongnya. Maka lain halnya dengan di luar negeri. Di Amerika harga jual tempe mentah mencapai sekitar Rp.65.000’an. Sedangkan di Eropa sekitar Rp.30.000’an. Itupun belum termasuk biaya importnya. Hmm, lumayan mahal ya? Maka itu, Kamu harus banyak bersyukur bisa makan tempe dengan mudah. Hehe.

Jadi demikianlah beberapa barang/benda sepele yang murah di Indonesia tapi mahal di luar negeri. Bagaimana pendapatmu, gengs?

About Bas