Saturday , October 24 2020

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Travel Online

Anda pasti tak asing dengan mendengar bisnis travel online, kan? Bisnis yang satu ini memang cukup populer masyarakat. Bahkan digeluti oleh banyak orang sebab dinilai menguntungkan. Bagaimana tidak, kegiatan traveling telah menjadi bagian dari gaya hidup. Dengan adanya jasa travel, masyrakat bisa memesan tiket lewat online tanpa perlu datang langsung ke Bandara atau Stasiun.

Untuk sukses memulai bisnis travel online juga tidak sulit. Modal yang dibutuhkan nggak terlalu tinggi. Anda hanya perlu mengasah keterampilan dalam hal berbisnis, komunikasi serta akuntansi. Nah, berikut ini tips meraup penghasilan lewat bisnis travel online.

Check it out!

1. Persiapkan Modal

Tips pertama untuk membuka bisnis travel online pastinya Anda harus menyediakan modal. Nantinya modal ini digunakan untuk membangun tempat usaha dan membeli perlengkapan kantor (seperti laptop, wifi, printer, bikin brosur, spanduk, tanda terima (invoice), stempel dan lainnya). Selain itu, Anda juga perlu membeli software untuk transaksi jual beli tiket online.

2. Sediakan Layanan Paket Lengkap

Semakin lengkap layanan yang Anda tawarkan maka akan semakin bagus. Anda bisa membuka penjualan tiket kereta api, bus, pesawat, haji dan umrah, paket wisata, voucher hotel, PPOB (pulsa dan tagihan lain) dan sebagainya. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pelanggan juga bakal semakin besar, sebab bagaimanapun kebutuhan setiap orang berbeda-beda.

3. Menjalin Kerjasama

Langkah selanjutnya, Anda perlu menjalin kerjasama dengan beberapa pihak, baik itu agen travel lain ataupun maskapai. Ini sangat penting, sebab bagaimanapun juga bisnis travel nggak bisa berdiri sendiri.

  • Perusahaan Penyedia Sistem Travel Online

Pertama, Anda perlu mendaftar sebagai agen travel di perusahaan-perusahaan besar yang menyediakan layanan booking tiket perjalanan, seperti Beone Holiday, Via.com, Arena Tiket, Mmbc, Paytren dan sejenisnya.

  • Perusahaan Maskapai

Kedua, Anda juga perlu menjalin kerjasama dengan perusahaan maskapai, seperti Citilink, Lion Air, Batik Air, Air Asia atau lainnya. Biasanya maskapai melayani pemesanan tiket untuk group (lebih dari 9 orang). Dan keuntungan dari order langsung via maskapai, Anda bisa mendapatkan harga lebih murah serta hemat waktu.

  • Agen Tour & Travel

Untuk memperluas jaringan, tentunya Anda juga perlu menjalin relasi dengan agen tour & travel lainnya. Dengan demikian, bila nantinya ada produk yang tidak tersedia di bisnis Anda, maka Anda bisa membeli lewat agen travel tersebut. Misalnya saja paket liburan ke mancanegara, dan sebagainya.

  • Jasa Travel Lain

Untuk melengkapi jasa travel, jalinlah kerjasama dengan PO Bus, PT.Pelni, travel mobil dan lainnya.

  • Kerjasama dengan Pihak-Pihak yang Butuh Jasa Travel

Misalnya, perusahaan yang sering mengadakan liburan untuk karyawannya, sekolah dan masyarakat sekitar.

4. Lakukan Pemasaran Secara Luas

Anda tahu kan, sekarang ini banyak banget orang yang menggeluti bisnis travel online. Kondisi ini menunjukkan bahwa jumlah pesaing dalam usaha pariwisata cukup tinggi. Oleh karenanya, jika Anda berniat buka bisnis travel maka jalankan strategi yang pintar. Salah satunya dengan melakukan pemasaran secara luas.

Lakukan promosi lewat media online, seperti instagram, facebook, broadcast message di aplikasi pesan (LINE, BBM, Whatsapp) dan sejenisnya. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan lewat penyebaran brosur serta menceritakan dari mulut ke mulut. Intinya, cobalah memperluas jaringan pertemanan Anda.

5. Pelayanan Cepat dan Ramah

Menjadi seorang pebisnis travel online tentunya bukanlah hal mudah. Pertama, Anda harus pandai akuntansi karena transaksi yang dilakukan melibatkan jumlah uang yang sangat banyak, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Kemudian, Anda harus bersikap responsif atau cepat tanggap, sebab dalam pemesanan tiket pesawat biasanya ada time limit. Apabila Anda telat dikit buat booking, maka harga tiket bisa naik dan bertambah mahal.

Yang terakhir, Anda wajib banget untuk bersikap sabar. Anda akan berhadapan dengan banyak pelanggan yang karakternya berbeda-beda. Terkadang ada yang suka marah-marah, lemot dan sebagainya. Maka itu, Anda harus benar-benar siap mental.

Demikianlah beberapa tips sukses untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis travel online. Semoga bermanfaat dan membantu ya! Good luck.

About Bas