Wednesday , October 28 2020

5 Tempat Wisata di Pasuruan yang Paling Diburu Traveler

Pasuruan yang merupakan kota kecil Jawa Timur juga menyimpan berbagai objek wisata dengan pesona alam yang luar biasa. Mulai dari air terjun hingga pegunungan.

Nah, berikut ini beberapa tempat wisata di Pasuruan yang paling populer dan sering diburu traveler. Check it out!

 

1. Danau Ranu Grati

Jika Kamu berasal dari Jawa Timur, pastinya enggak asing dong objek wisata yang satu ini, Danau Ranu Grati. Lokasinya berada di desa Ranu Klindungan, Kecamatan Grati. Disini Kamu bisa menyaksikan panorama sebuah danau biru yang terbentang seluas 200 Ha. Danau tersebut dikelilingi oleh perbukitan dan gunung-gunung, sehingga terlihat begitu asri.

Untuk aktivitas yang bisa Kamu lakukan adalah main sepeda air, memancing, atau berkeliling danau dengan menyewa perahu. Oiya, tiket masuk ke danau Ranu ini sangat ramah kantong yakni sekitar Rp.2500 saja.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu wisata terpopuler di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Terbukti dari banyaknya turis domestik atau pun mancanegara yang mengunjungi wisata ini setiap hari libur. Selain itu, gunung Bromo juga pernah dijadikan setting untuk syuting film Hollywood berjudul The Philosopher.

Untuk menjelajahi keindahan gunung Bromo, pengunjung bisa menyewa mobil jet yang telah disediakan. Tujuan sih supaya nggak terlalu capek mendaki. Namun untuk menikmati pesona kawah di puncak B29, Kamu harus melewati 250 anak tangga terlebih dahulu.

But it’s okay, lelahmu akan terbayar lunas ketika Kamu memandang panorama di puncak gunung yang begitu mempesona. Ada hamparan bunga edelweiss nan cantik, serta bangunan pura “Luhur Poten” yang dikenal sebagai istananya para dewa. Oiya, disini Kamu juga bisa mencoba fasilitas berkuda di lautan pasir yang luas. Dijamin mengasyikkan!

3. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya yang berlokasi di kecamatan Purwodadi, Pasuruan ini memiliki daya tarik yang gak kalah mempesona dari Kebun Raya Bogor. Sejak dibangun pada tahun 1941 silam, perkembangan kebun ini terus mengalami kemajuan. Hingga saat ini telah ada sekitar 10.000 jenis tumbuhan yang dikoleksi di tanah seluas 85 hektar tersebut.

Kebun Raya Purwodadi ini punya pemandangan alam yang begitu asri. Adapula kawasan wisata Air Terjun Coban Baung yang kerap dijadikan spot untuk foto prewedding. Fasilitas lain yang bisa Kamu nikmati adalah bermain sepeda air, berenang, melihat taman bougenville atau sekedar duduk di gazebo. Untuk tiket masuk hanya Rp.6000 per orang.

4. Pantai Lekok

Eksotisme pantai karang hitam yang terletak di desa Lekok ini enggak perlu diragukan lagi. Ketika Kamu menginjakkan kaki disana, dijamin bakal langsung terkagum-kagum menatap keindahan laut yang jernih dan hamparan pasir coklat nan bersih di tepiannya.

Pantai ini masih tergolong ‘perawan’. Jadi masih jarang terjamah oleh para traveler. Panoramanya akan semakin mempesona tatkala senja datang mengintip. Kamu bisa mengabadikan lukisan sunset di langit orange yang membuat suasana semakin romantis.

5. Air Terjun Kakek Bodo

Wisata yang berlokasi di kawasan Tretes, pegunungan Prigen ini tentunya sudah gak asing di telinga warga Jawa Timur. Air Terjun Kakek Bodo menyajikan pemandangan alam nan mempesona. Udaranya begitu sejuk, yakni sekitar 15-20 derajat Celcius. Rutenya juga cukup berliku, jadi terbilang cukup mengasyikkan. untuk ditelusuri.

Oiya, disini juga ada beberapa fasilitas yang bisa Kamu nikmati selain berfoto selfie. Yakni seperti berenang di kolam renang, main di playground atau menginap di camping ground yang tersedia.

Kota Pasuruan memang nggak terlalu luas. Namun objek wisata yang ditawarkan sebenarnya cukup banyak loh! Nah, kalau Kamu sudah mengeksplor wisata Pasuruan, belum?