Tuesday , October 20 2020

Seru Banget! Ini 5 Pantai di Malang yang Bisa Untuk Snorkeling

Pantai-pantai di Malang memang terkenal menawan. Sekedar piknik maupun camping di sini bisa kamu lakukan. Namun ada aktivitas menarik nih yang harus kamu coba, yaitu snorkeling. Meskipun merupakan pantai selatan yang sebagian besar memiliki ombak yang besar dan bahkan nggak bisa untuk berenang, beberapa pantai di Malang lainnya punya ombak yang relatif kecil lho. Nah, penasaran pantai apa saja yang bisa kamu kunjungi untuk snorkeling, simak terus ya!

1. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna selain terkenal dengan pantainya yang indah juga merupakan spot snorkeling yang diburu anak-anak muda. Seperti namanya, Pantai Tiga Warna memiliki tiga warna air yang berbeda dilihat dari ketinggian, yaitu merah, hijau, dan biru. Meski dekat dengan pantai-pantai lainnya seperti pantai Gatra dan pantai Clungup, tapi hanya pantai Tiga Warna inilah yang bisa digunakan untuk snorkeling. Ini karena Pantai Tiga Warna berhadapan langsung dengan pulau Sempu sehingga ombaknya tenang.

Untuk mencapai pantai yang merupakan Kawasan Konservasi Mangrove ini kamu harus trekking sekitar 30 menit. Karena jalanannya becek sehabis hujan, sebaiknya gunakan sandal gunung. Sebelum ke pantai ini, sebaiknya reservasi dulu karena dalam sehari hanya dibatasi 100 orang pengunjung saja. Sedangkan untuk alat-alat camping dan snorkeling, bisa kamu sewa di tempatnya langsung.

2. Pantai Lenggoksono

Pesona Pantai Lenggoksono memang tidak ada habisnya. Selain surganya para peselancar, pantai yang tersembunyi di balik perbukitan ini juga salah satu spot snorkeling yang wajib dikunjungi. Namun karena lokasinya berada di tengah laut, pengunjung yang ingin snorkeling harus menyewa perahu yang bisa memuat enam orang. Alat-alat snorkeling berupa googles dan pelampung pun bisa disewa di sini. Pantai ini berada di Desa Purwodadi, sekitar tiga jam dari kota Malang. Karena tak ada angkutan umum yang menuju kemari, pengunjung harus membawa kendaraan pribadi.

3. Pantai Bolu-Bolu

Spot snorkeling yang satu ini satu kompleks dengan Pantai Lenggoksono dan Pantai Banyu Anjlok. Untuk menuju ke pantai ini pun harus menaiki perahu dari Pantai Lenggoksono selama kurang lebih 30 menit. Dan jika ingin menikmati pesona bawah laut pantai ini kamu harus ke tengah laut dengan menyewa perahu milik nelayan di sana. Selain snorkeling, menikmati sunset sambil berkemah di pantai ini wajib banget dicoba. Paginya pun kamu bisa mengunjungi Pantai Banyu Anjlok, menikmati perpaduan air terjun dengan air laut di satu tempat.

4. Teluk Kletakan

Masih di desa Purwodadi, ada satu spot snorkeling yang tak jauh lokasinya dari Pantai Bolu-Bolu. Untuk kesini pun kamu harus menyewa perahu dari pantai Lenggoksono bersama-sama dengan rombonganmu. Selain itu, bisa dengan menyusuri tebing bagi kamu yang menyukai tantangan. Setelah sampai di Teluk Kletakan ini, terumbu karang yang indah pun bisa kamu temui dengan kedalaman yang hanya lima meter saja. Begitu pula kemolekan ikan-ikan berwarna-warni berkeliaran di sekitaran terumbu karang.

5. Pantai Kondang Merak

Para wisatawan tentunya akrab dengan pantai Balekambang yang populer di Malang. Nah, pantai Kondang Merak ini letaknya tak jauh dari pantai itu. Ombaknya yang bersahabat membuat pantai ini bisa jadi spot snorkeling, lho. Ini karena ada lima bukit karang yang nggak jauh dari bibir pantai Kondang Merak ini. Untuk snorkeling pun kamu harus mendekat ke bukit karang itu yang jaraknya 200 meter dari pantai. Di sana kamu akan melihat terumbu karang, kerang, porifera atau spons, dan aneka binatang laut seperti landak laut, mentimun laut dan lain sebagainya.

 

Itulah tadi lima spot snorkeling di Malang yang wajib didatangi. Kalau datang kesini, jangan lupa untuk ikut dalam menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan ya!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *