Tuesday , October 20 2020

5 Pertanyaan Sepele yang Belum Terpecahkan Hingga Saat Ini

Ketika seseorang mendapat gelar ilmuwan, maka secara otomatis ia akan dianggap sebagai sosok yang genius. Dalam artian, udah jadi ‘pakar’ dan mampu memecahkankan segala hal yang sulit sesuai bidangnya.

Well, itu memang benar sih! Tapi ilmuwan juga manusia yang punya kekurangan. Ada saatnya ilmuwan enggak mampu memecahkan masalah-masalah tertentu. Seperti halnya keenam pertanyaan sepele ini, yang hingga sekarang belum ditemukan jawabannya secara pasti.

Apa aja itu? Langsung simak yuk!

1. Darimana Asal Kehidupan di Dunia?

Darimana asal kehidupan di dunia ini? Bagaimana manusia pertama bisa muncul? Well, hingga sekarang belum ada satupun ilmuwan yang bisa memberikan jawaban mutlak.

Banyak spekulasi dan teori-teori yang bermunculan. Salah satunya yang cukup terkenal teori ‘prebiotic soup’. Teori ini dikemukakan oleh ilmuwan bernama Alexander Oparin. Menurutnya, manusia pertama terbentuk dari kumpulan molekul organik di lautan yang berkembang menjadi senyawa sederhana (seperti asam amino). Kemudian, senyawa organik tersebut bersatu membentuk sel-sel kehidupan. Dalam jutaan tahun lamanya, sel-sel tersebut berkembang menjadi makhluk hidup.

Pendapat lain, mengatakan manusia berasa merupakan makhluk yang berasal dari Kera, dari planet Mars, hingga dari mikroba tunggal.

2. Bagaimana Gaya Gravitasi Bekerja?

Kita semua tahu bahwa kita dapat memijakkan kaki di bumi karena adanya gaya gravitasi.

Gravitasi sendiri kerap didefinisikan sebagai gaya tarik bumi. Atau lebih lengkapnya, gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Nah, yang menjadi pertanyaan hingga saat ini, bagaimana gaya gravitasi bisa bekerja?Terdengar sepela ya? Namun sampai sekarang belum ada satu ilmuwan pun yang bisa menjawabnya secara pasti.

Teori paling populer menjelaskan bahwa grativitasi terjadi ketika ada massa yang sangat besar menarik benda-benda disekitarnya. Misalnya bumi yang menarik makhluk hidup. Namun adapula yang beranggapan bahwa gaya grativitasi bekerja karena adanya partikel graviton dalam setiap atom.

3. Apakah Hantu Benar-Benar Ada?

Dalam agama dijelaskan bahwa jin, hantu, setan dan bangsa dedemit lainnya termasuk makhluk ciptaan Tuhan. Mereka ada, namun tak bisa dilihat manusia karena berada di ‘alam’ yang berbeda.

Nah, bagi ilmuwan, keberadaan hantu ini masih menjadi teka-teki. Belum ada satu ilmuwan pun yang berhasil membuktikan secara ilmiah bahwa hantu benar-benar ada di dunia.

4. Bagaimana Makhluk Hidup Bisa Tidur?

Kenapa ada proses tidur di kehidupan ini? Bagaimana cara kerjanya? Apa yang terjadi ketika manusia tertidur? Well, pernyataan seputar tidur ini juga masih menjadi misteri bagi para ilmuwan. Meski banyak spekulasi logis yang menjelaskan tentang proses tidur, namun belum ada satupun yang pasti.

Beberapa ilmuwan menyebutkan bahwa tidur bertujuan untuk mengistirahat otak. Hal ini terjadi ketika produksi senyawa adenosin dalam darah meningkat, sehingga memicu rasa kantuk. Ketika senaywa adenosin pecah, disaat itulah manusia mulai tertidur secara bertahap.

Namun yang bikin bingung, bagaimana dengan mikroorganisme yang tak memiliki sistem otak? Faktanya, makhluk hidup berukuran mikro pun juga melakukan aktivitas tidur. Entah, bagaimana penjelasan ilmiahnya! Para ilmuwan belum mampu mengungkapkannya.

5. Kenapa Es Batu Licin Saat Dipegang?

Ketika Kamu memegang es batu pasti terasa licin di tangan, kan? Tapi kira-kira apa yang membuatnya jadi licin ya? Nah, para ilmuwan juga bingung. Spekulasi paling logis mengatakan bahwa es batu licin dikarenakan berasal dari air. Sehingga bila dipegang cenderung licin-bersifat layaknya air.

Namun begitu, ada yang penelitian yang membuktikan bahwa tekanan yang dihasilkan manusia tak mampu mencairkan es batu. Maksudnya, tak ada perubahan signifikan yang mempengaruhi wujud es batu. Lalu, kenapa es batu licin ketika dipegang? Hingga saat ini masih jadi misteri.

Nah, demikianlah guys beberapa pertanyaan-pertanyaan sepele yang masih jadi misteri bagi para ilmuwan. Kira-kira apa Kamu bisa menjawabnya?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *