Monday , October 19 2020

5 Peralatan Yang Diperlukan Untuk Menjadi Youtuber

Tak bisa dipungkiri, sekarang ini youtuber menjadi profesi yang banyak dilirik banyak orang. Pasalnya situs web youtube memang sedang naik daun. Dibandingkan menonton televisi, mayoritas orang lebih menyukai nonton youtube, sebab kontennya lebih beragam dan menarik. Itulah mengapa jadi youtuber bisa sangat menguntungkan.

Di samping itu, untuk memulai profesi ini Kamu juga enggak memerlukan modal besar. Cukup menjadi tekun dan kreatif. Namun bila nantinya Kamu berniat jadi youtuber profesional, maka terdapat perlengkapan yang harus dimiliki untuk meningkatkan kualitas konten kamu.

Nah, berikut ini beberapa barang / peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber. Simak yuk!

1. Laptop

Benda pertama yang paling dibutuhkan untuk menjadi seorang youtuber tentunya laptop atau komputer. Benda ini enggak boleh ditawar-tawar, Kamu wajib memilikinya sebab youtuber adalah profesi yang berkaitan dengan dunia maya. Jadi modal utamanya ya laptop dan koneksi internet.

Sebenarnya Kamu bisa aja sih menggunakan ponsel smartphone untuk membuat konten youtube tanpa perlu menggunakan laptop. Tapi, untuk proses pengeditan video mungkin bakal sedikit lebih sulit.

2. Kamera

Selain laptop, benda berikutnya yang direkomendasikan untuk dimiliki youtuber adalah kamera. Benda ini sangat penting, namun juga tidak wajib. Sebab ada beberapa konten video yang bisa dibikin tanpa perlu kamera, misalnya saja konten murotal Al-Quran, lirik musik, upload film, translate ceramah dan sejenisnya.

Sedangkan untuk konten yang butuh kamera biasanya punya cakupan yang lebih luas. Misalnya saja video tutorial, reaction, vlog, review, how to, eksperimen, prank, dan masih banyak lainnya.

Bila Kamu masih pemula, Kamu bisa memanfaatkan kamera ponsel sebagai langkah awal. Namun jika ingin meningkatkan kualitas, maka cobalah membeli kamera digital, seperti kamera SLR, DSLR, Range Finder,mirrorless, atau lainnya sesuai kebutuhan. Oiya, saat membeli kamera jangan lupa memory cardnya juga, ya!

3. Penyangga Kamera (Tripod-Monopod-Gorillapod)

Alat selanjutnya yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber profesional adalah tripod. Kamu pastinya sudah tak asing lagi, kan? Perangkat ini merupakan penyangga berkaki tiga yang fungsinya untuk menopang kamera. Dengan begitu, Kamu bisa membuat video meski tanpa bantuan orang lain.

Oiya, jenis penyangga lain yang bisa Kamu gunakan adalah monopod atau gorillapod. Gorillapod lebih fleksibel dibandingkan tripod atau monopod, sebab gorillapod bisa dilipat dan disematkan pada benda tertentu.

4. Alat Penerangan (Lighting)

Benda lain yang tak kalah penting untuk menghasilkan video berkualitas adalah alat penerangan (lighting). Sebenarnya Kamu bisa saja mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Namun sayangnya hal itu nggak bisa dipastikan. Sebab terkadang cuaca juga berubah-ubah jadi mendung. Dan Kamu mungkin nggak selalu bisa bikin video saat pagi hari.

Nah, maka itu sebaiknya sediakan alat penerangan untuk membantu pencahayaan saat pembuatan video. Ada banyak jenis lighting yang beredar di pasaran, misalnya saja lampu LED, softbox, atau yang paling populer yakni Ring Light.

5. Microphone

Sebuah konten yang bagus enggak hanya dilihat dari kualitas visualisasinya saja. Tapi juga audionya. Nah, untuk menghasilkan video dengan suara jernih sebaiknya Kamu membeli alat microphone atau mic external.

Alat ini bakal Kamu butuhkan saat Kamu membuat video di lingkungan yang ramai. Dengan menggunakan mic, maka suaramu akan terdengar lebih jelas. Sedangkan noise yang lain bakal tereliminasi.

Jadi itulah beberapa barang / alat yang wajib dimiliki untuk bisa jadi youtuber profesional. Semoga membantu dan bermanfaat ya!

About Bas