Sunday , October 25 2020

5 Kuliner Malam Tradisional Surabaya yang Enaknya Bikin Ketagihan

Kuliner Malam Tradisional di Kota Surabaya

Surabaya merupakan  kawasan metropolitan yang  juga menjadi ibu kota dari provinsi Jawa Timur. Di kota ini kamu bisa menemukan beragam bangunan pencakar langit yang berjejer di tepi jalan.  Mulai dari pusat perbelanjaan, pabrik, kampus, rumah sakit, dan masih banyak lainnya.

Kondisi tersebut berkaitan dengan jumlah penduduk di Surabaya yang memang padat banget. Belum lagi cuaca disana juga cukup panas. Namun dibalik itu, Surabaya menyimpan segudang wisata kuliner tradisional yang unik-unik, hits dan pastinya bikin nagih. Kuliner-kuliner tersebut tidak hanya bisa dinikmati di siang hari, tapi juga di tengah malam  loh.

Mau tahu apa saja? Inilah 6 kuliner malam Surabaya yang wajib kamu cobain!

1. Nasi Goreng Krengsengan Cak Tomy

Siapa sih yang gak suka nasi goreng? Apalagi kalo makannya pas malem-malem. Hmm, pasti bakalan terasa nikmat sambil ditemani angin sepoi-sepoi.

Nah, di Surabaya banyak banget penjual nasi goreng. Salah satunya yang cukup ngehits adalah nasi goreng krengsengan Cak Tomy atau juga dikenal Nasgor Pak Kumis atau Nasgor Joko Dolog. Nasi goreng ini bukan dijual di restoran yang mewah. Melainkan hanya makanan food street. Eits, tapi lezatnya dijamin gak ngecewain kok!

Nasi goreng krengsengan disajikan dengan kombinasi mie goreng. Kamu juga bisa nambah toping telur ceplok. Alamat kuliner ini di jalan Taman Apsari, Embong Kaliasin Surabaya. Beroperasional dari jam 8 malam sampai 2 dini hari.

2. Pecel Ambulance

Kalo lagi bosen makan nasi goreng, kamu bisa nyobain kuliner malam Pecel Ambulance yang berlokasi di jalan Kranggan, Sawahan Surabaya.  Pecel disini bukan sembarang pecel. Terbukti dari banyaknya pembeli yang selalu mengantri tiap hari di depan warung.

Pecel Ambulance ini disajikan dengan beragam lauk. Kamu bisa memilih sesuai selera, ada empal, ayam goreng, dadar jagung, perkedel, telur bali dan masih banyak lainnya. Pokoknya dijamin bikin kalap. Oiya, warung ini juga pernah disambangi oleh chef ternama Indonesia loh, siapa lagi kalau bukan Chef Juna. Keren kan? Untuk jam operasionalnya yakni dari jam 22.30 sampai sekitar jam 03.00 dini hari.

3. Sego Sambel Mbak Yeye

Ingin mencari kuliner malam tradisional yang lebih menantang dan menggigit? Langsung aja cus ke warung Sego Sambel Mbak Yeye. Menu andalan dari warung ini yakni nasi dengan ikan pari panggang yang dipenyet pake sambel pedes, plus tempe dan telor. Cita rasa sambelnya itu loh bener-bener mantab bikin meledak-ledak di mulut!

Untuk nyobain sego sambel Mbak Yeye, kamu bisa langsung datang di jalan Jagir Wonokromo Wetan, Surabaya. Warung ini bukan dari jam 09.00 malem sampe 04.00 pagi.

4. Bebek Depot H. Wachid Hasyim

Makan bebek goreng malem-melem? Hmm, siapa sih yang gak kepingin? Di Surabaya ada loh kuliner malam Bebek Wachid Hasyim yang buka dari jam 06.00 sore sampe jam 12.00 dini hari.

Bebek yang disajikan di warung ini disajikan bersama nasi hangat, sayur lalap, bumbu kuning kental dan sambal yang nendang. Dijamin bikin ngiler. Selain itu, dagingnya juga empuk dan tebal loh. Dan yang terpenting di goreng sampai crunchy. Jadi rasanya gurih-gurih sedap gitu.

Pilihan menu lain yang tersedia, ada ayam goreng, ikan lele penyet, nasi soto, nasi krawu, nasi rawon dan masih banyak lainnya. Kalo kamu penasaran, langsung aja datang ke jalan Raya Jemursari, Wonosari Surabaya.

5. Soto Madura Wawan

Kamu penyuka soto? Tenang, di Surabaya juga ada loh kuliner malam soto yang rasanya mantab banget. Apalagi kalau bukan soto madura milik Pak Wawan Sugianto atau biasa disebut Soto Madura Wawan. Soto madura ini sudah berdiri sekitar 20 tahun lebih. Bahkan sampe ada cabangnya di Malaysia dan Singapura loh. Wah, pastinya enak banget rasanya. Penasaran kan? Buruan deh dateng ke jalan Mayjen Sungkono, Sawahan Surabaya. Depot soto ini buka 24 jam, gengs.

Jadi itulah beberapa rekomendasi kuliner malam tradisional Surabaya yang enaknya gak main-main dan wajib kamu cobain. So, tunggu apa lagi?

About Bas