Wednesday , October 28 2020

5 Kebiasaan Unik yang Cuma Bisa Ditemukan di Turki

Turki merupakan sebuah negara di Timur Tengah yang terletak di kawasan Eurasia. Negara ini termasuk negara yang cukup megah dan sarat akan nilai-nilai sejarah peradaban dunia. Sedangkan penduduknya, mayoritas beragama islam dengan menganut paham sekuler. Namun adapula yang beragama kristen.

Nah, berbicara tentang Turki, negara yang dipimpin Erdogan ini ternyata memiliki adat atau kebiasaan yang terbilang unik dan nggak bisa Kamu temui di negara lain, loh! Kamu penasaran apa saja? Berikut ulasannya!

  1. Kafe Menjadi Tempat Nongkrong Orang Tua

Nggak bisa dipungkiri jika saat ini bisnis Kafe semakin populer di masyarakat. Bukan cuma di Indonesia aja, tapi hampir di seluruh negara di dunia, termasuk Turki!

Yang unik, bila umumnya Kafe menjadi tongkrongan anak-anak muda, lain halnya dengan apa yang terjadi di negeri kebab tersebut. Kafe justru menjadi tempat kumpul para orang tua. Seperti bapak-bapak, bahkan kakek-kakek pun juga sering ditemukan di kafe loh! Wah, gaul juga ya?

2. Mengedipkan Mata

Jika Kamu jalan-jalan ke Turki, lalu Kamu melihat ada seseorang mengedipkan mata kepadamu, Kamu jangan keburu emosi ya! Mengedipkan mata di Turki nggak selalu berarti menggoda atau bersikap genit. Biasanya kedipan mata ini dilakukan oleh sesama jenis, misalnya cewek dengan cewek lain yang berarti ia ingin mengatakan bahwa ‘Kamu cantik’.

Di samping itu, adapula yang mengartikan kedipan mata sebagai tanda orang bertanya ‘Ada Apa?’ atau mungkin ‘Tidak Masalah’. Well, Kamu mungkin akan sedikit bingung jika masih pertama datang ke Turki. Tapi lama-kelamaan Kamu pasti bakal beradaptasi dengan kebiasaan mereka yang unik.

3. Mencium Pipi Kanan-Kiri Sebanyak 3 Kali Setiap Kali Bertemu

Apakah Kamu sering melakukan cipika-cipiki ketika bertemu temanmu? Ya, kebiasaan yang satu ini memang sudah lumayan lumrah di Indonesia. Terutama di kota-kota metropolitan, sering kita lihat para artis yang berciuman pipi ketika berjumpa artis lainnya. Namun sayang, hal itu juga dilakukan antar lawan jenis, padahal hukumnya dosa loh!

Nah, di Turki, kebiasaan cium pipi juga telah ada sejak dulu. Jadi masyarakat disana selalu melakukan cipika-cipiki sebanyak 3 kali saat bertemu dengan kerabatnya. Bahkan tak jarang diikuti dengan pelukan.

Namun kebiasaan tersebut hanya dilakukan sesama jenis, baik cewek dengan cewek ataupun cowok dengan cowok.

4. Menganggukan Kepala, Artinya ‘Tidak’

Selama ini, mungkin Kamu tahunya bahwa menganggukan kepala itu bahasa isyarat yang mengartikan kata ‘Iya’, ‘Oke’ atau ‘Benar’. Yang jelas tanda persetujuan.

Namun uniknya, hal itu tidak berlaku bagi orang Turki. Saat mereka menganggukan kepala, itu tandanya mereka mengatakan ‘Tidak’. Anggukan berarti bentuk penolakan.

Adat yang sedikit aneh ini seringkali membuat turis salah paham dan memicu misscomunication. Jadi sebelum Kamu datang ke Turki pastikan belajar dulu tentang adat dan budaya mereka ya! Hihi.

5. Sering Menggunakan Panggilan ‘Sayang’ Saat Bercakap

Masyarakat di Turki memang dikenal ramah-ramah. Salah satu bentuk keramahan mereka terlihat dari cara bercakapnya yang kerap menggunakan panggilan ‘sayang’ kepada siapa saja. Tak hanya teman dan keluarga, tapi juga orang lain. Misalnya dokter ke pasiennya atau guru ke muridnya.

Adapun bentuk panggilan sayang yang paling sering dipakai yakni ‘canım’ yang berarti ‘nyawaku’. Terkadang juga Bebeğim (my baby), Kardeşim (saudaraku), Tatlım (my sweety), dan masih banyak lainnya.

Nah, demikianlah beberapa kebiasaan-kebiasaan unik yang ada di Turki. Bagaimana menurutmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *