Sunday , October 25 2020

5 Keajaiban Yang Terjadi Saat Kamu Angkat Kaki 20 Menit Per Hari

Oleh karena semua serba kilat di zaman now, maka kebanyakan orang suka dengan segala sesuatu yang berbau instan, mulai dari belanja online, makanan drive-through, hingga olahraga singkat dengan hasil maksimal.

Tunggu dulu, olahraga singkat dengan hasil maksimal, memangnya ada?! Tentu saja, caranya juga simple lagi karena cenderung mirip dengan yoga atau teknik relaksasi. Kamu hanya perlu mengangkat kaki dan berdiam dalam posisi itu selama 20 menit agar penat hilang dan mood membaik. Mau? Yuk pelajari lebih dulu trik melakukan angkat kaki dengan benar.

  • Pilih posisi yang nyaman dekat dinding, dan letakkan bantal kecil atau gulungan handuk di bawah punggung bawah.
  • Setelah itu, angkat kaki dan regangkan di sepanjang dinding. Tangan harus dalam keadaan rileks di samping tubuh.
  • Tetaplah dalam posisi ini selama 15-20 menit, sambil mendengarkan musik juga oke tuh.

Yang pasti, jangan sampai pakaian menghalangi atau mengganggu sirkulasi darah. Jadi kenakan yang longgar dan nyaman saja. Lebih dari itu, jenis latihan ini tidak disarankan untuk kamu yang baru mengalami cedera kaki atau tulang belakang.

Hindari pula berbaring terlalu jauh atau dekat dengan dinding, dan tak perlu juga meletakkan bantal kecil di bawah leher. Aksi semacam ni dapat memicu ketegangan otot dan membuat tulang belakang tidak sejajar. Yang terakhir adalah lakukan secara teratur setiap harinya – sebaiknya sebelum tidur – jika ingin merasakan 5 perubahan ajaib berikut:

1.Sensasi ‘berat’ di kaki hilang begitu saja

Sensasi berat atau bengkak di kaki umumnya muncul karena sirkulasi darah yang buruk. Ada banyak alasan untuk kondisi ini, misalnya gagal jantung atau ginjal, overweight/ obesitas, hingga pola makan kurang sehat. Memang sih penyebab pastinya harus dicari tahu kalau ingin pulih sepenuhnya, namun latihan angkat kaki ini juga baik karena mampu meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut.

2.Tidak ada lagi sensasi lelah ketika pakai high heels

Sepatu hak tinggi memang membuat wanita tampak lebih mempesona, namun alas kaki ini jugalah yang bikin kaki gampang lelah. Nah bila pekerjaan menuntut kamu mengenakan high heels sepanjang hari, maka ayo angkat kaki sesering mungkin.

Setelah seharian berada di bawah (duduk, berdiri, berjalan), maka malam harinya – giliran kaki untuk diangkat ke atas agar sirkulasi darahnya kembali lancar. Untuk ekstra treatment, kamu juga bisa memijat kaki dan mandi air hangat.

3.Kesehatan pencernaan meningkat

Yang tak banyak orang tahu adalah berbaring sambil mengangkat kaki itu dapat memperbaiki kinerja organ pencernaan. Aliran darah ke organ pencernaan meningkat karena ‘turunnya’ darah dari area kaki. Otot-otot yang bekerja peristaltik (pencerna makanan) juga dikencangkan sehingga tak mudah kendor. Oleh karenanya, latihan angkat kaki rutin dapat membuat nutrisi dalam tubuh terserap lebih cepat.

4.Tidak gampang stres

Posisi berbaring terlentang sambil mengangkat kaki ini membuat rileks dan lebih banyak oksigen yang masuk dalam tubuh. Jika jaringan tubuh dipadati O2, maka sirkulasi darah membaik sehingga seluruh organ dalam terpenuhi nutrisinya. Hal ini juga menguntungkan sistem saraf dan mengurangi ketegangan otot di sekitar pelipis, leher, serta perut.

5.Kualitas tidur meningkat

Keajaiban terakhir yang diperoleh dari latihan angkat kaki rutin adalah menjauhkan insomnia. Semua ini karena otak menerima lebih banyak oksigen sehingga tidur bisa lebih nyenyak dan rileks.

So, itulah tadi beberapa keajaiban yang bisa kamu peroleh setelah mengangkat kaki rutin 20 menit setiap harinya. Siap laksanakan?!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *