Thursday , November 26 2020

5 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Untuk Memperoleh Penghasilan Tambahan

Memperoleh Penghasilan Tambahan Dengan Bisnis Kerajinan Tangan

Apabila Anda termasuk orang yang punya daya kreatifitas tinggi dan mampu ngebikin barang-barang unik, sebaiknya jangan sia-siakan bakat tersebut. Anda bisa loh menjadikan hobi itu bernilai guna tinggi. Kuncinya simpel, Anda hanya perlu tekun serta terus berinovasi.

Bisnis kerajinan tangan atau dikenal handmade atau handicraft merupakan bisnis bermodal kecil dengan profit menjanjikan. Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pelajar, ibu rumah tangga ataupun pegawai kantoran. Tak sedikit pengusaha handycraft yang meraih sukses, bahkan menjual produknya hingga ke luar negeri.

Nah, berikut ini beberapa ide bisnis kerajinan tangan yang bisa Anda coba. Check it out!

1. Aksesoris

Jika modal yang Anda miliki nggak terlalu besar, maka Anda bisa mencoba bisnis kerajinan tangan aksesoris. Biasanya bahan utama yang dibutuhkan berupa kain. manik-manik, dan perlengkapan jahit. Adapun beberapa contoh aksesoris handmade seperti kalung, gelang, bros jilbab, hiasan rambut (bando atau jepit), tas dari kain perca, syal, dan sebagainya.

2. Hiasan Rumah

Selanjutnya Anda bisa mencoba berbisnis kerajinan tangan dengan membuat produk hiasan. Biasanya jenis handycraft ini banyak diminati masyarakat. Tingkat permintaan pasarnya pun lumayan tinggi. Selain itu, Anda juga bisa lebih bebas berkreasi sebab jenis hiasan rumah itu ada banyak banget. Mulai dari bantal kursi, keset, hiasan dinding (misalnya lukisan), pot bunga, bingkai foto, boneka lucu, lampu hias, wadah make-up, dan masih banyak lainnya.

3. Furniture

Bagi Anda yang punya modal agak besar bisa mencoba bisnis kerajinan tangan furniture. Tentunya bisnis ini lebih menjanjikan omzet tinggi daripada handycraft dari kain perca. Harga jualnya bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah per buah, bergantung pada jenis barangnya. Namun demikian, Anda juga perlu mengasah keterampilan agar lebih ahli. Umumnya kerajinan tangan furniture dibuat dari bahan kayu bekas, bambu, bahkan dari rakitan kardus. Adapun beberapa contoh handmade furniture seperti rak penyimpanan barang atau buku, kursi, meja, almari, hiasan dinding, dan masih banyak lainnya.

4. Anyaman

Kerajinan tangan anyaman merupakan salah satu teknik seni yang sebenarnya sudah lama diaplikasikan oleh pengrajin di Indonesia. Bahan utama yang digunakan adalah bambu. Baik itu bambu wulung, bambu tali atau lainnya. 

Keunggulan dari pembuatan kerajinan tangan dengan metode anyaman ini bentuknya antik dan elegan dan proses pengerjaannya juga mudah. Namun untuk modal sedikit lebih besar daripada kerajinan berbahan kain. Adapun beberapa benda yang bisa dibuat dari bambu seperti bingkai foto, vas bunga, bingkai cermin, lampu hias, pot tanaman, lonceng angin, dan sebagainya.

5. Kerajinan Tangan Kertas

Kertas merupakan salah satu limbah yang paling banyak bertebaran dimana-mana. Biasanya kebanyakan orang akan membuang kertas bekas begitu saja ke tempat sampah. Padahal dengan sedikit kreatifitas, kertas atau koran bekas bisa loh disulap menjadi produk yang bernilai jual tinggi. 

Ya, dari kertas Anda bisa menciptakan beragam kerajinan tangan yang unik. Mulai dari penghias toples, pot bunga, bingkai foto, hiasan dinding, hiasan untuk gelas atau wadah barang, tas jinjing, dan masih banyak lainnya.

Jadi itulah beberapa ide bisnis kerajinan tangan yang bisa Anda tiru Gengs. Oiya, dalam mengembangkan bisnis ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Diantaranya:

  • Cobalah bikin sesuatu yang unik dan original.
  • Jangan menyontek sama persih dari produk pebisnis lain.
  • Pastikan kualitas produk Anda bermutu. Dalam artian nggak mudah rusak dan bagus.
  • Jangan lelah melakukan promosi. Anda bisa memberitahu kerabat. Lalu menjualnya di sekolah, kampus atau kos.
  • Pemasaran lewat toko online, forum jual-beli, serta kirimkan pesan broadcast menggunakan aplikasi chatting.

Demikianlah info seputar bisnis kerajinan tangan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *