Hotel merupakan salah satu jenis penginapan yang paling sering dicari oleh para wisatawan. Mengingat keberadaan hotel mudah ditemukan dimana-mana, bisa dikatakan tersebar hampir di seluruh kota di dunia. Selain itu, hotel juga cenderung memberikan fasilitas yang nyaman. Sehingga tak heran jika hotel menjadi pilihat tepat untuk menginap di saat bertraveler ataupun pelancong.

Nah, jika umumnya hotel dibangun secara megah dan bertingkat-tingkat, beberapa hotel ini justru memiliki gaya arsitektur yang unik, dengan kata lain ‘nyeleneh’.

Kamu penasaran seperti apa bentuk-bentuk hotel tersebut? Berikut listnya!

  1. Free Spirit Spheres, Hotel Berdesain Rumah Pohon – Kanada

Jika melihat foto diatas, mungkin Kamu berpikir bahwa bangunan tersebut hanyalah rumah pohon tempat bermain anak-anak. Padahal enggak loh! Bangunan bernama “Free Spirit Spheres’ ini merupakan sebuah hotel yang berada di Kanada, tepatnya di Pulau Vancouver.

Hotel tersebut terdiri dari 3 rumah pohon yang digantung 5 cm dari tanah berbentuk bola. Adapun material utama yang digunakan untuk pembanguannya, terdiri dari fiberglass, kayu cedar (pohon aras) dan sitka spruce. Tujuan sang pemilik membangun hotel unik ini diharapkan nantinya para tamu bisa merasakan pengalaman menginap di alam bebas, serta untuk menghadirkan suasana damai dan menyenangkan.

  1. ICEHOTEL, Hotel dari 5000 Ton Batu Es – Swedia

Beralih ke Swedia, tepatnya di desa Jukkasjärvi sekitar 200 km dari kutub utara terdapat sebuah hotel unik yang semuanya bangunanya terbuat dari pahatan batu es. Wow, kebayang nggak gimana tuh dinginnya?

Penginapan bernama ICEHOTEL ini terdiri dari 100 kamar yang memiliki desain berlainan, dimana tiap ruangan dirancang oleh seniman yang berbeda-beda. Temanya mulai dari Queen of The North, Follow the White Rabbit, dan sebagainya. Selain itu, adapula ruang bar, gereja, serta resepsionis yang juga terbuat dari batu es.

Untuk masalah suhu, jangan ditanya lagi! Suhu di hotel ini dirancang dibawah -5 °C. Jadi kalau Kamu kesana jangan lupa bawa jacket, selimut dan syal ya!

  1. Dog Bark Park Inn – Amerika Serikat

Bagi Kamu penggemar Anjing, hotel yang satu ini bisa jadi alternatif menarik buatmu untuk penginap saat bertravelling. Nama hotelnya yakni Dog Bark Park In, dengan lokasi terletak di kawasan Idaho, Amerika Serikat.

Hotel ini memiliki gaya arsitektur unik, dimana menampilkan bentuk ‘Beagle’ atau ‘anjing pemburu’ berukuran raksasa. Meskipun dari luar hotel ini terkesan sempit, sebenarnya ruangannya cukup luas loh! Terdiri dari ruang tidur, tempat makan, pusat pengunjung, galeri, toko souvenir, perpustakaan dan playground.

Oiya, daya tampung hotel ini terbilang terbatas, dimana hanya mampu menampung 4 orang tamu saja.

  1. Das Park Hotel – Austria

Kreatif, itulah kesan pertama yang bakal muncul di pikiranmu saat pertama kali melihat Das Park Hotel. Ya, hotel yang berlokasi di kawasan Ottonhsheim, Austria ini terbuat dari pipa-pipa pembuangan limbah yang dijejerkan rapi disebuah taman hijau.

Meskipun hanya terbuat dari pipa dan jauh dari kesan mewah, namun fasilitas di hotel ini cukup lengkap. Selain itu desainnya juga sangat artistik. Teridiri dari ruang kamar yang dilengkapi kasur eurofoam lebar, selimut wol, lampu tidur, rak serta kantong tidur. Disekitar hotel terdapat pula restoran dan fasilitas kamar mandi.

Yang paling mengagumkan, nginap di hotel bayarnya tidak dipatok harga tertentu. Kamu bisa membayar seikhlasnya sesuai kemampuan.

  1. Hotel Costa Verde – Kosta Rika

Hotel Costa Verde berlokasi di Taman Nasional Manuel Antonio, Kosta Rika. Hotel unik ini dibuat dengan desain ala pesawat klasik Boeing 727 keluaran tahun 1965. Adapun yang bikin Kamu betah, hotel Costa Verde dibangun 50 kaki di atas tanah. Sehingga memungkinkan Kamu menikmati panorama laut yang membentang indah serta hutan nan hijau.

Di dalam hotel ini dilengkapi dengan fasilitas 2 kamar tidur, TV layar datar, kamar mandi pribadi, dapur kecil, microwave, ruang makan, teras, taman dan sebuah tangga spiral.

Ya, itulah tadi beberapa hotel unik di dunia. Jadi mana nih yang menurutmu desainnya paling nyeleneh?