Wednesday , October 28 2020

5 Film Korea Paling Populer Sepanjang Masa

Tak hanya di Korea saja, peminat film Korea di mancanegara juga semakin menjamur. Demam KPop memiliki pengaruh besar akan hal itu, namun kualitas film-film Korea sendiri memang tak usah dipertanyakan. Film-film Korea yang masuk pasar internasional ini pun laris diburu dan dinanti para penikmatnya. Nah, pengen tahu film-film Korea yang paling populer menurut data dari Korean Film Council (KOFIC)? Simak paparan berikut ini ya!

1. The Admiral: Roaring Currents

Film Korea ini menjadi yang paling populer dengan total 17,6 juta penonton. Film yang rilis tahun 2014 dan disutradarai Kim Han Min ini memperoleh pendapatan kotor yang fantastis, yakni 120 juta dolar. Bercerita mengenai sang legenda Joseon, laksamana Yi Sunshin, dengan strategi perangnya berhasil melawan 333 kapal perang Jepang. Padahal, ia memimpin hanya dengan 13 kapal yang secara jumlah mustahil untuk mengalahkan. Sosok laksamana ini diperankan oleh Choi Minsik yang pernah membintangi film asal Prancis yang berjudul Lucy bersama Scarlett Johansson.

2. Along with Two Gods: The Two World

Rilis Desember tahun lalu, film ini berhasil menjadi box office dengan total 14,4 juta penonton. Bahkan hanya dalam 16 hari penayangan, film besutan Kim Yonghwa ini meraih 10 juta penonton. Sederet jejeran artis populer seperti Ha Jungwoo, Cha Taehyun, Joo Jihoon, bahkan penggawa EXO, Do Kyungsoo, mengambil peran.

Film Korea ini bercerita tentang seorang pemadam kebakaran (diperankan oleh Cha Taehyun) yang meninggal saat bertugas. Ia pun diadili di akhirat sebagai arwah mulia untuk dapat bereinkarnasi. Masih dengan sutradara yang sama dan sebagian pemeran utama yang sama pula, film ini merilis sekuelnya 1 Agustus lalu di Korea. Berjudul The Last 49 Days, sekuel ini diramalkan akan meraih rekor yang sama dengan sebelumnya.

3. Ode to My Father

Ode to My Father yang rilis tahun 2014 ini sanggup mengantungi 14,2 juta dengan pemasukan kotor mencapai 98 juta dolar. Film Korea ini berlatar belakang sejarah pada rentang tahun 1950 sampai 1980-an dimana saat itu tepatnya tahun 1950 hingga 1953 terjadi konflik antara Korea Utara dengan Korea Selatan. Konflik itu memang telah memisahkan banyak keluarga.

Film ini mengisahkan tentang Yoon Deoksoo (diperankan oleh Hwang Jungmin) yang telah menjadi lansia dan mengenang perjalanan hidupnya. Saat terjadi perang Korea, ia terpisah dari ayahnya dan diberi tanggung jawab untuk menjadi tulang punggung keluarga. Ode to My Father tentunya sangat menyentuh, apalagi sampai tua Deoksoo tidak menjual toko milik bibinya yang ia beli, karena ayahnya pernah berpesan untuk menunggunya di sana.

4. Veteran

Masih dibintangi oleh Hwang Jungmin, film Korea ini merebut hati 13,4 juta penonton. Rilis tahun 2015, film ini disutradarai oleh Ryoo Seungwan. Sutradara yang sama dalam film The Battleship Island (2017) yang berlatar belakang penjajahan Jepang di Korea pada akhir Perang Dunia II.

Veteran berkisah mengenai perjuangan seorang detektif untuk menguak kejahatan kelas kakap. Pelakunya adalah Jo Tae-oh (diperankan oleh Yoo Ah-in) seorang ahli waris generasi ketiga konglomerat dari Sinjin Group. Beberapa kali ia mengejar, namun Tae-oh yang terlibat narkoba dan pembunuhan ini tak berhasil ia tangkap karena memiliki koneksi.

5. The Thieves

Rilis tahun 2012, film Korea ini meraih hampir 13 juta penonton. Film dengan penghasilan kotor 83 juta dolar ini digarap oleh sutradara sekaligus penulis naskah, Choi Donghoon. Choi Donghoon ini juga menggarap beberapa film Korea populer lainnya, seperti Assasination, Tazza, dan The Big Swindle.

Film ini diperankan oleh sederet bintang ternama. Seperti Jun Jihyun dan Kim Sohyun yang menjadi peran utama dalam drama kondang My Love from Another Star (2013-2014). Film ini bercerita tentang sekelompok pencuri profesional dengan kemampuan yang impresif. Mereka berniat mencuri berlian mahal seharga 20 juta dolar.

Itulah tadi lima film Korea terpopuler sepanjang masa. Gimana? Tertarik menonton?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *