Wednesday , October 28 2020

5 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Facebook

Cara Mudah Mendapatkan Uang – Facebook merupakan salah satu jejaring sosial terpopuler saat ini. Situs bikinan Mark Zuckerberg tersebut memiliki pengguna yang sangat banyak. Yakni mencapai miliaran orang dari seluruh negara di dunia. Dengan bergabung di facebook, Anda bisa menjalin persahabatan secara luas, membagikan moment-moment penting, menuliskan status, membaca berita, bermain game, bahkan menghasilkan uang!

Perlu Anda tahu bahwa facebook bukanlah alat atau mesin penghasil uang. Anda hanya bisa menggunakan facebook sebagai sarana pemasaran saja. Jadi sedikit besarnya uang yang dihasilkan itu bergantung pada jenis bisnis, keaktifan Anda dan jumlah pengikut.

Nah, berikut ini 5 ide bisnis online untuk menghasilkan uang dari facebook. Simak yuk!

1. Berjualan Produk

Ide bisnis pertama yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang di facebook adalah berjualan produk atau membuka toko online.  Misalnya saja Anda bisnis pakaian, sepatu, buku, atau produk lainnya. Usahakan memposting foto yang bagus dan tuliskan deskripsi secara jelas.

Selain itu, Anda juga harus aktif mempromosikan produk setiap hari. Mencari like dan follower sebanyak-banyaknya. Serta harus cepat membalas komentar dari pengikut. Anda bisa membuka toko online secara mandiri atau jadi reseller. Namun bila tak ada modal, sebaiknya coba metode dropship.

Oiya, promosi produk tersebut bisa Anda lakukan di akun pribadi ataupun membuat facebook fans page.

2. Menjual Jasa Like

Bisnis yang satu ini cukup sulit sih. Tapi bagi beberapa orang yang ahli dalam bidang pemasaran dan teknologi, mungkin menjual jasa like dan follower bukanlah hal sulit. Terbukti dari banyaknya orang yang menawarkan jasa like (entah autolike atau manual) di berbagai sosial media.

Harga yang dipatok untuk penjualan like ini lumayan tinggi. Yakni sekitar Rp.100 per like atau lebih. Harga bisa berbeda-beda tergantung pada niche atau topik postingan serta tingkat kepopuleran fanspage. Tapi Anda juga harus hati-hati.

3. Bisnis Fanspage Facebook

Yang ketiga, Anda bisa membuat bisnis fanspage facebook. Jadi pertama, Anda harus bikin halaman facebook terlebih dahulu. Nantinya isi halaman tersebut dengan konten-konten yang menarik. Misalnya saja menshare artikel yang ada di website Anda, membuat meme, komik atau lainnya.

Apabila halaman Anda sudah memiliki banyak fans atau pengikut, maka itu akan memberikan keuntungan.

  • Pertama, bila Anda menghubungkan halaman tersebut dengan website pribadi, maka traffic website Anda akan meningkat. Tentunya bila traffic web meningkat ini meningkatkan kesempatan anda mendaftar adsense dan itu akan menghasilkan uang.
  • Anda bisa mendapatkan tawaran dari Adversiter untuk mengiklankan produk mereka di halaman facebook Anda. Hal tersebut menguntungkan sebab Anda pasti mendapatkan bayaran dari si Advertiser. Untuk besaran nilai fee-nya bergantung pada jumlah fans, likes dan jenis produknya apakah se-niche dengan halaman atau tidak.
  • Menjual post. Jadi sebuah postingan yang jumlah likenya banyak (katakanlah sampai jutaan likes), ini bisa dijual ke orang lain. Caranya hanya dengan mengganti isi post dan caption sesuai dengan permintaan klien.

Untuk cara membuat fanspage facebook:

  • Pertama login akun facebook Anda.
  • Klik menu (tanda panah ke bawah) di pojok kanan atas.
  • Pilih ‘buat halaman’.
  • Kemudian muncul pilihan konten: mulai dari bisnis, produk, hiburan, artis, dan sebagainya.
  • Pilih salah satu sesuai keinginan.
  • Selanjutnya ikuti langkah-langkah pendaftarannya hingga selesai.

4. Freelance Admin Fanspage

Trik mendapatkan uang dari facebook selanjutnya adalah dengan menjadi freelance admin sebuah halaman facebook. Anda bisa mencari lowongan tersebut di situs-situs freelance. Tugas dari admin ini biasanya untuk mengatur postingan konten, membalas komentar follower, dan sebagainya bergantung perjanjian.

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan metode memasarkan produk orang lain. Beberapa situs yang membuka program affiliate seperti blibli.com, lazada.co.id, ratakan.com, amazon.com dan sebagainya.

Pertama, tentunya Anda harus mendaftarkan diri sebagai anggota di affiliate si situs-situs tersebut. Jika sudah memiliki link affiliatenya, Anda bisa membagikannya di status facebook Anda. Atau masukkan dalam ebook milik pribadi, kemudian promosikan ebook tersebut di facebook.

Jadi itulah beberapa cara mudah mendapatkan uang dari facebook yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat ya.