Penyakit panu menjadi salah satu penyakit yang rentan diderita oleh masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Dalam ilmu medis, panu dikenal dengan istilah tinea versicolor. Penyakit ini merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia furfur dan biasanya ditandai dengan adanya bercak berwarna putih.

Memang sih, penyakit panu bukan tergolong penyakit yang berbahaya. Namun panu bisa bikin kulit jadi gatal saat berkeringat. Selain itu juga dapat mengurangi kepercayaan diri penderitanya.

Nah, kali Halokawan akan membagikan beberapa cara menghilangkan panu secara alami tanpa perlu obat-obatan. Kamu mau tahu bahan apa saja yang efektif menghilangkan panu? Simak ulasannya di di bawah ini!

1. Madu

Salah satu bahan alami yang ampuh menghilangkan panu yaitu madu. Cairan manis ini telah diteliti memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang cukup kuat. Sehingga bisa bekerja efektif dalam membunuh jamur penyebab panu sekaligus mengembalikan warna pigmen asli kulit.

Kamu cukup oleskan madu ini pada area yang berpanu. Biarkan saja tak perlu dibilas, kecuali Kamu hendak mandi atau berwudhu. Setelah itu, ulangi pemakaiannya kembali.

Oiya, Kamu bisa melakukan perawatan ini pada saat Kamu di rumah dan enggak ada aktivitas di luar. Apabila Kamu sanggup mengaplikasikannya secara rutin maka perlahan panu pasti akan menghilang.

2. Lidah Buaya

Kebanyakan orang hanya mengetahui manfaat lidah buaya untuk melembabkan wajah dan menebalkan rambut. Padahal, lidah buaya ini punya banyak khasiat lainnya loh! Salah satunya mengatasi penyakit panu.

Ini dikarenakan dalam lendir lidah buaya terdapat senyawa antijamur yang ampuh membunuh jamur malassezia furfur. Selain itu, lidah buaya juga bisa mengurangi peradangan.

Untuk cara pengaplikasiannya, Kamu potong sedikit daun lidah buaya. Lalu belah menjadi dua bagian. Singkirkan lendir di ujungnya yang kotor dan kerok lendir di bagian tengah yang berwarna bening. Kemudian, usapkan lendir tersebut pada area panu. Diamkan sampai mengering tanpa perlu dibilas atau bilas setelah 1-2 jam. Ulangi pemakaian saat lendirnya telah mengering, ya!

3. Minyak Kelapa

Jika Kamu enggak mempunyai stock madu, Kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk menyembuhkan panu di kulit. Minyak kelapa ini telah diteliti mengandung senyawa monolaurin yang ampuh membunuh jamur serta mengurangi peradangan.

Untuk cara penerapannya, Kamu cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada kulitmu yang berpanu. Biarkan sampai mengering tanpa perlu dibilas. Agar hasilnya cepat terlihat, aplikasikan metode ini 4-5 kali dalam sehari.

4. Baking Soda

Baking soda juga populer dikenal sebagai obat alternatif penyembuh panu. Bagaimana cara kerjanya?

Ini dikarenakan senyawa natrium bikarbonat yang ada dalam baking soda memiliki sifat basa. Tentunya jamur yang terbiasa hidup dalam suasana asam akan mati tak berdaya jika harus terkena senyawa basa. Oleh karena itu, baking soda ampuh mengatasi panu.

Untuk cara pengaplikasiannya:

  • Larutkan 1 sdm baking soda dalam air secukupnya sampai teksturnya menyerupai pasta.
  • Balurkan pada kulit yang berpanu.
  • Diamkan sekitar 30 menit.
  • Bilas dengan air.

Aplikasikan metode ini 1 kali dalam sehari hingga panu sembuh. Oiya, baking soda tidak direkomendasikan digunakan terus-menerus karena bisa memicu iritasi, khususnya pada kulit yang sensitif.

5. Plain Yogurt

Berikutnya Kamu bisa mencoba penggunaan yogurt untuk menyembuhkan panu. Minuman penyehat usus ini mengandung probiotik dengan kadar tinggi, yang mana probiotik tersebut dapat menghambat pertumbuhan jamur di kulit loh! Termasuk jamur penyebab panu, Malassezia furfur.

Untuk cara pengaplikasiannya, cukup oleskan sedikit plain yogurt (yogurt tawar) pada area panu. Diamkan hingga mengering. Lalu bilas dengan air. Ulangi cara ini 3-4 kali dalam sehari hingga panu menghilang. 

Demikianlah beberapa cara menghilangkan panu secara alami dan efektif. Yang pelu Kamu perhatikan, pastikan Kamu benar-benar rutin mengaplikasikan cara-cara diatas sehingga panu bisa cepat menghilang. Semoga bermanfaat!

feature image: ebuzzspider.com