Sunday , October 25 2020

5 Cara Menghilangkan Daki Menahun, Kamu yang Mau Bertransformasi, Yuk Merapat!

Menghilangkan daki atau kulit mati memang gampang-gampang susah ya. Gampang, kalau daki tersebut terbentuknya masih baru. Menghilangkan daki akan menjadi suatu pekerjaan yang menjengkelkan kalau daki itu sudah menahun dan menumpuk berlapis-lapis.

Kamu yang mengalami kondisi ini mungkin sedikit menyesal ya kenapa dulu jorok dan tidak memerhatikan kebersihan kulitmu. Tapi tidak apa, banyak orang mengalaminya, kok, dan banyak pula yang berhasil bertransformasi dan hit her puberty.

Tapi sebelumnya, girls, tahukah kamu kalau mandi pakai sabun saja tidak cukup. Sabun hanya berfungsi untuk menghilangkan minyak di tubuh, sedangkan sel di tubuh kita selalu beregenerasi setiap satu bulan sekali. Jadi, ketika sel-sel baru diproduksi, sel-sel tersebut akan mendorong sel kulit mati menuju permukaan. Belum lagi debu dan kotoran yang sudah membandel dan menempel di tubuh. Dan sabun tidak efektif untuk mengangkat semua kotoran tersebut.  Akhirnya kotoran kotoran / daki tersebut lama kelamaan akan menempel dan menumpuk di bagian tubuh kita seperti di bagian wajah, kaki, tangan, leher, perut, punggung, pinggang, selangkangan dll  Hal inilah yang membuat kulitmu terlihat kusam dan dekil.

Tapi tenang, kamu tidak perlu khawatir, karena semua itu masih bisa diatasi. Dan pas sekali, berikut ini kami telah merangkum 5 cara menghilangkan daki yang sudah menahun. Keep scrolling, ya.

1. Menggunakan Spons Mandi

Hal pertama yang perlu kamu jadikan kebiasaan adalah menggunakan spons setiap mengaplikasikan sabun. Spons dinilai lebih ampuh menghilangkan debu dan kotoran di kulit daripada menggunakan tangan saja. Bukan berarti setelah memakai spons tubuh akan langsung bersih, spons ini hanya dapat membersihkan kotoran-kotoran baru.

Sedangkan daki yang sudah menahun akan sulit hilang apabila hanya mengandalkan spons. Jadi, girls, gunakan spons mandi untuk menjaga kebersihan tubuhmu sehari-hari. Kalau terlalu malas, cukup di sore hari setelah beraktivitas.

2. Lakukan Steam Wajah

Untuk bagian wajah, kamu dapat melakukan perawatan dengan steam wajah. Steam wajah adalah sebuah treatment penguapan yang dilakukan untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang menyumbat. Biasanya kamu akan menerima teratment ini saat facial di salon spa.

Tapi, kalau kamu malas merogoh kocek untuk pergi ke salon, kamu dapat melakukannya di rumah. Caranya pun sangat sederhana.

Pertama, sediakan air panas, mangkok besar, handuk, dan aromaterapi. Kemudian, masukan air panas dan aroma terapi ke dalam mangkok besar. Setelah itu, posisikan wajah di atas mangkok dan letakkan handuk di atas kepala dengan posisi menyelimuti sisi-sisi wajah, sehingga uap hanya terkonsentrasi ke wajah.

Lakukan perawatan ini selama 5 sampai 10 menit. Dan setelah kotoran berhasil dikeluarkan, kamu dapat memerangkap kotoran tersebut dengan mengunakan masker. Perawatan steam wajah ini dapat kamu lakukan dua kali dalam seminggu.

3. Gunakan Cleanser

Selain melakukan steam wajah, kamu juga perlu menjaga kebersihan wajahmu setiap harinya, yaitu dengan cara menggunakan cleanser atau pembersih wajah. Terutama ketika mau tidur, jangan lupa bersihkan make up ya, girls.

Membiarkan make up menempel di wajah saat tidur akan menyebabkan penumpukan kotoran yang akan membuat kulitmu terlihat kusam. Dan kalau sudah kebiasaan akan menimbulkan masalah kulit yang lebih serius, seperti munculnya jerawat. Jadi, biasakan cuci muka sebelum tidur, ya.

4. Eksfoliasi

Cara menghilangkan daki nomor empat ini jangan sampai kamu lewatkan. Eksfoliasi adalah proses yang dilakukan untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Untuk melakukan eksfoliasi, kamu dapat menggunakan produk-produk scrub atau lulur yang dijual di pasaran. Tapi, kamu juga bisa membuat scrub sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami, misalnya menggunakan oatmeal, almond, gula, lemon, baking soda, dan masih banyak lagi.

Namun, melakukan eksfoliasi juga tidak serta-merta membuat tubuhmu langsung mulus, girls. Proses melenyapkan daki yang sudah menahun memang harus rutin dan konsisten. Biasanya, untuk daki yang sudah sangat membandel dapat memakan waktu berbulan-bulan sampai dapat sepenuhnya dibersihkan.

Tapi tenang saja, semua memang tidak ada yang instan dan butuh proses. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan eksfoliasi dua kali setiap minggu. Tapi, setelah kondisi kulitmu membaik, kamu dapat mulai menggunakan scrub cukup satu kali seminggu. Dan perhatikan juga produk yang kamu gunakan ya, girls, jangan gunakan ekfoliator tubuh untuk diaplikasikan ke wajah. Untuk wajah, gunakan scrub khusus untuk wajah.

5. Mengaplikasikan Pelembab

Memang terkesan sederhana, tapi jangan salah, menggunakan pelembab memiliki peran yang sangat penting, yaitu menjaga kulit agar tetap terhidrasi sehingga sel-sel di kulitmu tidak akan mati secara prematur. Selain itu, pelembab juga membuat kulitmu tampak lembut dan tidak kusam.

Untuk pelembab, kamu dapat menggunakan pelembab yang cocok untuk kulit tubuh dan wajahmu. Tetapi, agar tidak berlapis-lapis, pilihlah pelembab yang juga mengandung sun protection atau sunscreen. Kamu tentu tidak mau dong kulit terbakar dan menjadi gelap. Paling tidak, pilihlah sunscreen yang mengandung SPF 24.

Nah, girls, mungkin sekian dulu 5 cara untuk menghilangkan daki. Dengan melakukan treatment di atas secara rutin, kamu tidak hanya akan mendapatkan kulit halus dan lembut, tetapi juga mendapatkan kembali warna kulit aslimu. Jadi, selamat mencoba, ya!

Feature image : kata.co.id

 

About deniadey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *