Thursday , October 22 2020

5 Benda yang Cocok Dijadikan Produk Jualan Oleh Mahasiswa

Menjadi seorang entrepreneur nggak harus nunggu lulus kuliah. Jika Kamu niat, Kamu bisa kok menjadi seorang pebisnis sambil menjalani peran sebagai mahasiswa. Hal itu justru bagus karena bisa memupuk kemandirian sejak dini. Dengan begitu, nantinya Kamu akan lebih siap menghadapi dunia kerja.

Lalu usaha sampingan apa sih yang cocok dilakoni mahasiswa? Hmm, tak perlu bingung gengs! Apalagi di zaman digital sekarang ini, ada banyak banget bisnis yang bisa dijalankan sambil kuliah.

Nah, berikut ini beberapa benda yang cocok dijadikan produk jualan oleh mahasiswa!

 

1. Aksesoris

Benda pertama yang cocok dijadikan produk jualan oleh mahasiswa adalah aksesoris. Benda ini mudah banget didapatkan. Kamu bisa cari produsen aksesoris yang terpercaya. Misalnya beli grosir di pasar,  mall, atau jadi reseller serta dropshipper dari sebuah toko online.

Cara lain untuk menghasilkan produk yang lebih unik dan kreatif, Kamu bisa membuat aksesoris sendiri dengan melihat tutorial-tutorial di Youtube. Sebagai contoh bikin jepit rambut dan bros dari kain flanel, bikin gelang rajut, wadah earphone, atau lainnya.

Berjualan aksesoris tidak perlu modal banyak. Kamu hanya butuh telaten dalam mempromosikan produkmu. Selain itu, biasanya mahasiswa juga senang terhadap benda-benda yang lucu. Jadi ya cocoklah.

2. Make-up

Benda kedua yang cocok dijual oleh mahasiswa adalah perlengkapan make-up, misalnya lipstik, bedak, eyeliner, pensil alis, blush on, atau lainnya. Benda-benda tersebut sangat pas bila ditawarkan untuk mahasiswa, sebab ketika menginjak bangku kuliah biasanya cewek-cewek mulai suka berdandan. Terlebih lagi di zaman modern sekarang ini, rasanya make-up sudah menjadi kebutuhan dasar para cewek.

Nah, Kamu bisa berbisnis make-up sambil kuliah. Tapi Kamu juga harus hati-hati dalam memilih produsen. Jangan sampai Kamu menjual produk abal-abal. Pastikan Kamu menyuplai barang dari agen terpercaya. Kamu bisa beli dari drugstore make-up (seperti Guardian, Century, atau sejenisnya), beli secara langsung di luar negeri (pastikan outlet terpercaya), atau bisa pula order langsung ke situs resmi perusahaannya bila memang ada.

3. Pulsa Elektrik All Operator

Benda lain yang bisa jadi ide bisnismu adalah berjualan pulsa elektrik all operator. Percaya deh, bisnis ini terbilang cukup menjanjikan bagi seorang mahasiswa loh! Pasalnya, remaja zaman sekarang nggak bisa hidup tanpa ponsel. Yang mana buat memfungsikan ponsel pastinya butuh pulsa, entah itu untuk telefon ataupun daftar paket internet.

Untuk memulai bisnis ini, Kamu hanya perlu mencari agen atau server pulsa yang terpercaya. Misalnya saja Tokopedia, Paytren, Beone Holiday, atau bisa pula dari Banking, dan sebagainya.

Yang terpenting bila Kamu berbisnis pulsa elektrik pastikan Kamu tidak membiarkan ada pelanggan menghutang. Walaupun nominalnya kecil, tapi bila jadi kebiasaan itu bisa membuat bisnismu jadi bangkrut.

4. Camilan

Well, produk yang satu ini memang bukan benda. Tapi peluangnya cukup menjanjikan untuk dijual oleh mahasiswa. Ya, Kamu bisa mencoba berdagang camilan di kampus. Misalnya saja donat, lumpia, keroket, weci, kerupuk tahu, snack atau lainnya.

Percaya deh, jajanan ini banyak diminati oleh mahasiswa sebab mereka cenderung nggak sempat sarapan saat pagi hari. Sehingga bila Kamu nawarin jajanan maka kemungkinan besar pasti dibeli asalkan rasanya enak dan harganya terjangkau.

Kamu nggak perlu capek-capek bikin makanan tersebut seorang diri. Kamu bisa ambil dagangan milik orang lain di kampung kostmu. Lalu tawarkan di kampus. Hmm, nggak ribet kan?

5. Produk Fashion

Benda terakhir yang cocok dijadikan produk jualan mahasiswa adalah produk fashion. Untuk berbisnis produk fashion tentunya Kamu nggak perlu buka toko di pinggir jalan. Tapi cukup bikin toko online aja di instagram dan situs marketplace, seperti shope, tokopedia atau lainnya.

Kamu bisa menjadi reseller dari toko online lainnya yang terpercaya. Atau jika tidak ada modal, cukup jadi dropshipper saja. Yang terpenting, jangan pernah lelah untuk mempromosikan tokomu kepada teman-teman di kampus dan kost.

So, itulah beberapa benda yang cocok dijadikan produk jualan oleh mahasiswa. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *