Thursday , November 26 2020

5 Barang Rumah Tangga yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru

Menjadi seorang pengantin baru tentunya sangat menyenangkan. Namun di sisi lain juga harus banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya tempat tinggal. Biasanya kebanyakan perempuan berharap untuk punya rumah sendiri atau ngontrak setelah menikah. Tujuannya untuk melatih hidup mandiri serta menghindari terjadinya konflik dengan mertua.

Ya, hal itu memang lebih baik. Namun Anda juga perlu memikirkan biayanya. Bukan sekedar untuk menyewa rumah saja. Tapi juga pembelian perabotan. Pastinya budget yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Maka itu, Anda harus benar-benar jeli dalam menentukan mana perabotan yang penting dan tidak terlalu penting. Dengan begitu, keuanganmu bisa termanage secara baik.

Nah, berikut ini beberapa benda rumah tangga yang wajib dimiliki pengantin baru. Simak yuk!

1. Tempat Tidur

Setelah Anda memiliki rumah baru, maka barang pertama yang wajib dibeli adalah tempat tidur. Benda ini sangat penting banget! Sebab tanpa adanya kasur, lalu Anda mau tidur dimana? Nggak mungkin juga pengantin baru tidur di lantai beralaskan koran, kan?

Nah, maka itu pastikan Anda sudah menabung buat beli tempat tidur beserta kelengkapannya, seperti bantal, guling dan selimut. Jika budget yang Anda miliki pas-pasan, maka jangan memaksakan beli ranjang. Anda bisa membeli kasur lantai spring bed dulu. Harganya lumayan terjangkau kok. Untuk ukuran medium berkisar Rp.800 ribu-Rp.1 jutaan.

2. Perlengkapan Memasak

Benda rumah tangga yang wajib dimiliki pengantin baru selanjutnya adalah perlengkapan memasak. Benda ini juga merupakan benda penting karena memberikan pengaruh besar untuk keberlangsungan hidup. Maka itu, Anda harus membelinya sekalipun enggak jago masak.

Adapun alat masak yang wajib Anda miliki tidak harus mewah dan lengkap. Anda cukup membeli alat-alat pokok saja. Misalnya:

  • Rice cooker.
  • Alat penggorengan.
  • Panci.
  • Kompor dan tabung gas LPG.
  • Piring, sendok, garpu, dan pisau.
  • Perlengkapan cuci piring (sabun, sponge, dan wadah kecil).
  • Kulkas (jika ada budget lebih).

Setidaknya dengan adanya alat-alat diatas, Anda masih bisa membuat masakan sederhana, seperti menanak nasi, masak air, goreng tempe, kukus telur, serta bikin mie instan. Keuntungan lainnya, masak sendiri di rumah juga menghemat pengeluaran.

3. Perlengkapan Cuci Pakaian

Benda rumah tangga berikutnya yang nggak boleh Anda lupakan adalah perlengkapan cuci pakaian. Yang mana meliputi:

  • Beberapa buah ember.
  • Sikat.
  • Detergen (termasuk pemutih dan pewangi pakaian).
  • Mesin cuci (apabila ada budget lebih).

Benda-benda tersebut sangat dibutuhkan agar Anda bisa lebih hemat. Jadi nggak perlu ngeluarin uang untuk laundry. Selain itu, cuci baju sendiri juga lebih terjamin kebersihannya.

4. Peralatan Pembersih Rumah

Benda lain yang tak kalah penting adalah peralatan pembersih rumah, yang mana meliputi pembersih lantai, karpet, jendela, dinding, furnitur dan sejenisnya. Anda sangat membutuhkan peralatan tersebut untuk menjaga rumah agar nggak kotor dan terbebas dari kuman. Bagaimanapun juga rumah yang bersih pastinya lebih nyaman untuk ditinggali, bukan?

Nah, maka itu pastikan Anda memiliki peralatan pembersih rumah. Nggak harus peralatan yang canggih kok. Seenggaknya Anda mempunyai:

  • Sapu.
  • Alat pel lantai.
  • Kemoceng.
  • Vacuum cleaner (bila ada budget lebih).

5. Tempat Duduk

Benda rumah tangga selanjutnya yang harus Anda beli adalah tempat duduk. Enggak mungkin juga, Anda menyuruh tamu duduk di lantai, kan? Nah, oleh karenanya usahakan membeli tempat duduk untuk diletakkan di ruang depan. Anda bisa membeli kursi atau sofa. Namun jika budgetnya tidak mencukupi, beli saja karpet bulu yang empuk sebagai alas lantai.

Ya, kira-kira itulah beberapa benda rumah tangga yang wajib dimiliki oleh pengantin baru yang hendak menyewa rumah sendiri. Intinya, Anda beli saja benda yang penting dan tergolong kebutuhan primer. Sedangkan untuk benda hiburan seperti televisi, DVD, kipas angin, AC atau lainnya bisa menyusul seiring bertambahnya tabungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *