Thursday , November 26 2020

5 Bahan Alami untuk Atasi Rambut Rontok, Yuk Dicoba!

Salah satu masalah paling menjengkelkan bagi wanita adalah rambut rontok. Setiap wanita pasti menginginkan rambut yang indah, sehat, dan lebat. Tapi sayangnya, untuk mendapatkannya bukan perkara yang mudah. Terlebih untuk wanita dengan rambut panjang, dimana semakin panjang rambut maka akan semakin rentan terhadap kerontokan. Padahal,  kebanyakan wanita  lebih suka rambut yang panjang, sehingga mudah di-style dengan berbagai gaya.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, misalnya saja stres, terlalu sering terpapar suhu panas, bahan kimia, dan kebiasaan lainnya. Selain perlu memperhatikan kebiasaanmu dalam memperlakukan rambut, kamu juga perlu rutin merawat rambutmu. Sebab, untuk memiliki rambut sehat dan lebat tidak bisa didapat secara instan. Perlu waktu dan proses.

Eits, tapi bukan berarti kamu harus perawatan ke salon setiap minggu ya. Kamu punya alternatif lain, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak rangkuman berikut ini.

1. Lidah Buaya

Mungkin sudah bukan fakta baru lagi ya kalau lidah buaya dapat mengatasi rambut rontok. Lidah buaya banyak digunakan dalam produk rambut karena kandungannya yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 yang diterbitkan oleh Journal of Chemical, didapatkan kesimpulan bahwa enzim yang terkandung dalam lidah buaya dapat melindungi kulit kepala dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan rambut. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengatasi peradangan di kulit kepala, yang mana peradangan ini adalah penyebab munculnya ketombe.

Untuk melakukan perawatan menggunakan lidah buaya, pertama kamu oleskan gel lidah buaya ke bagian kulit kepala dan helaian rambut. Pijat pelan-pelan selama beberapa menit. Tunggu beberapa jam supaya gel benar-benar meresap. Apabila sudah merasa cukup, kamu dapat bilas dengan shampo. Lakukan treatment ini dua kali seminggu.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa banyak dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Namun ternyata, minyak kelapa juga memiliki manfaat lainnya, yaitu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Bahan ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang bisa merawat kesehatan kulit kepala dan menyingkirkan masalah kulit yang menyebabkan rambut rontok. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menguatkan folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.

Untuk perawatan menggunakan minyak kelapa, caranya sangat mudah. Oleskan minyak kelapa ke seluruh rambut sampai ke kulit rambut. Diamkan selama beberapa jam atau bahkan semalaman. Lalu keramas di pagi harinya.  Perawatan ini dianjurkan untuk dilakukan satu kali dalam seminggu. Maka dalam satu bulan, jumlah rambut rontok akan berkurang.

3. Teh Hijau

Teh hijau dikenal manfaatnya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diabetes dan kanker. Namun teh hijau juga memiliki khasiat lainnya yaitu membantu mengatasi masalah rambut rontok. Teh hijau dapat berfungsi menghambat DHT atau dihydrotestosterone, yang mana DHT ini merupakan salah satu penyebab utama kerontokan rambut. Bahkan DHT dapat menyebabkan kebotakan.

Selain menghambat DHT, kandungan polifenol catechin di dalam teh hijau juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, sehingga pertumbuhan rambut akan selalu terjaga. Nah, untuk perawatan menggunakan teh hijau, kamu cukup mengkonsumsi teh hijau dua kali sehari.

4. Alpukat

Tidak hanya enak dimakan, buah alpukat dapat kamu manfaatkan sebagai masker rambut. Minyak alami yang terkandung dalam buah alpukat baik untuk menutrisi rambut. Selain itu, alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau.

Untuk melakukan perawatan menggunakan buah ini, pertama siapkan ½ buah alpukat, 1 sdm madu organik, dan 1 sdm minyak zaitun. Setelah itu, campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan hingga membentuk pasta. Sekarang, kamu dapat menggunakan pasta tersebut sebagai masker rambut. Diamkan selama sepuluh menit baru kemudian bilas sampai bersih.

5. Bawang Merah

Bagi kamu yang mengidamkan rambut panjang dan sehat, mungkin kamu bisa mulai perawatan menggunakan bawang merah. Ada berbagai khasiat bawang merah yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Pertama, bawang merah kaya akan kandungan belerang, dimana kandungan ini dapat mencegah kerontokan rambut. Kedua, bawang merah memiliki zat anti-oksidan untuk mencegah munculnya uban di usia dini. Dan terakhir, bawang merah dapat melancarkan sirkulasi darah ke folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut akan tetap terjaga.

Aplikasi bawang merah hampir sama dengan bahan lainnya. Kamu hanya perlu mengolah bawang menjadi jus. Kemudian oleskan jus bawang ke kulit kepala. Pijat dengan lembut dan tunggu sampai lima belas menit. Nah, tahapan terakhir kamu dapat mencucinya menggunakan sampo sampai bersih.

Nah, itulah 5 bahan alami yang dapat membantu kamu mengatasi rambut rontok. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu pembaca dalam menemukan solusi untuk masalah rambut rontok.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *