Thursday , October 22 2020

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Santai dalam Menghadapi Hidup

Woles dalam Hidup

Jika kamu anak gaul jaman sekarang pasti enggak asing dengan istilah woles, dong? Woles diambil dari kata bahasa inggris “slow” dan dibaca selow. Yang artinya santai saja. Atau juga bisa didefinisikan sebagai kalem dan jangan emosian.

Sikap woles ini penting banget untuk kita tanamkan dalam kehidupan. Sebab dengan pikiran yang woles maka jiwa juga akan menjadi tenang. Terutama saat kita menghadapi berbagai masalah yang memberatkan pundak. Jangan terlalu diseriusin. Cukup satu solusinya yakni bersikap woles!

Nah, cara hidup santai adalah pilihan yang menyenangkan tanpa beban pikiran yang berlebih, berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus woles aja dalam menghadapi kehidupan. Read on!

  1. Ada Tuhan, Jadi Kenapa Harus Khawatir?

Hidup jangan seperti orang yang gak memiliki Tuhan. Dikit-dikit stres, despresi. Ada masalah dikit sudah khawatir banget. Bahkan kalau gak nemu solusi berpikir bunuh diri. Naudzubillah.

Tenanglah gegs. Kita hidup diawasi oleh Tuhan. Apa-apa yang terjadi di dunia ini, walau hanya sehelai daun yang gugur, Tuhan pun tahu. Tuhan itu enggak tidur. Kita hanya perlu berdoa kepada-Nya setiap saat untuk membantu kehidupan kita. Kalaupun seandainya ada orang yang bersikap dzolim kepada kita, percayalah hukuman dari Tuhan pasti ada. So, woles aja.

 

  1. Dibalik Kesulitan Pasti Terdapat Kemudahan

Jika saat ini kamu sedang menghadapi masalah yang terasa amat berat sekali, itu tandanya kamu bakal menerima kebahagiaan. Tunggu saja. Kamu hanya perlu bersabar dan ikhlas. Memang tidak mudah sih, tapi Tuhan sudah menjanjikan dalam Al-Quran bahwa di balik kesulitan pasti ada kemudahan.

Kemudahan ini bisa jadi di dunia dan mungkin saja di akhirat. Apapun itu, gak ada masalah yang menimpa manusia secara sia-sia. Semua pasti ada hikmahnya. So, woles aja. Dijalani dengan keyakinan terhadap Tuhan dan tetap berusaha.

 

  1. Dunia Adalah Tempat Ujian, Gak Ada Hidup yang Sempurna

Kamu bukanlah satu-satunya orang yang sedang kesusahan di dunia ini. Pada dasarnya, dunia memang tempatnya ujian. Masih banyak orang yang lebih menderita dari hidupmu. Hanya saja kamu jarang melihat ke bawah.

Intinya, untuk berbahagia kamu enggak harus memiliki sesuatu yang sempurna. Tapi cukup melihat segalanya secara sempurna. Dengan begitu akan tercipta kedamaian di hati. Bersyukur, bersyukur dan bersyukur.

 

  1. Semua Akan Musnah, Pasti!

Kehidupan ini cuma sementara. Pohon-pohon, gunung, tanah, laut semuanya akan hancur. Binatang akan mati. Dan manusia pun juga sama, pada akhirnya pasti berpulang ke rahmatullah. Dikubur dalam tanah. Sendirian tanpa seorang pun penolong. Jika sudah demikian, apa yang bisa diperbuat?

Masalah-masalah yang kita hadapi di dunia pasti akan terasa sangat kecil. Enggak ada artinya. Percuma kita buang-buang waktu untuk memikirkan masalah dunia terlalu runyam. Lebih baik waktunya digunakan beribadah saja. Toh, nanti bila sudah meninggal hanya amal ibadah yang bisa menolong. Maka itu, hadapi masalah dunia ini dengan sewajarnya saja. Woles. Tidak berlebihan dan tidak menggampangkan. Begitulah intinya.

 

  1. Menjadi Orang Baik Memang Banyak Cobaannya

Alasan terakhir kenapa kamu harus woles menghadapi kehidupan ini ya karena hidup ini memang hidup ini banyak cobaan. Khususnya bagi orang-orang baik. Biasanya orang baik lebih tinggi ujiannya dibandingkan orang yang tidak baik. Sebab Tuhan menguji hamba-hamba yang dicintai-Nya. Untuk mengetahui seberapa besar kekuatan iman dan ketaqwaannya.

Demikianlah gegs, alasan-alasan mengapa kamu harus woles menghadapi hidup. Woles bukan berarti bertindak masa bodoh dan mau dijajah ya. Woles maksudnya jangan terlalu menyiksa diri akibat masalah dunia. Percaya ada Tuhan. Yang terpenting tetap berdoa, sebab kekuatan doa bener-bener luar biasa. Semangat!

***

Penulis: Niya

About Bas