Friday , October 23 2020

Mempesona, Ini 4 Spot Snorkeling di Jogja

Siapa bilang pantai selatan nggak bisa untuk snorkeling? Beberapa pantai di Jogja yang merupakan pantai selatan ini dapat digunakan untuk snorkeling, lho. Mau tahu pantai apa saja untuk melihat pesona bawah laut ini? Simak ulasan berikut ini!

1. Pantai Sadranan

Aksesnya yang sulit menjadikan pantai ini masih jarang dikunjungi. Jalan untuk menuju pantai ini juga masih bergelombang dan berbatu. Namun begitu tiba, pantai yang berada di Dusun Pulegundes II ini memiliki keindahan bawah laut yang mempesona. Ditambah dengan ombaknya yang bersahabat menjadikan Pantai Sadranan ini sebagai spot snorkeling. Soal peralatannya kamu bisa menyewa di tempat wisata ini. Ada googles, snorkel, pelampung bahkan fin yang disewakan di sini. Untuk mendapatkan view panorama laut terbaik sebaiknya datang pagi hari atau menjelang senja. Karena adanya penginapan di sekitar pantai, kamu tak perlu khawatir jika datang terlalu siang dan ingin menikmati sunrise keesokan harinya.

2. Pantai Drini

Masih di daerah Gunungkidul, ada pantai yang memiliki dua wajah. Wajah pertama berada di sisi barat memiliki ombak yang besar dan tak mungkin digunakan untuk snorkeling. Di sisi ini pun terdapat dermaga dengan tempat pelelangan ikan. Sedangkan wajah keduanya berasa di sisi timur, yang merupakan spot snorkeling karena ada pulau karangbesar yang menghalau ombak. Dan asiknya lagi, pesona bawah laut ini bisa dinikmati dalam kedalaman yang hanya 1,5 meter saja.

Kamu akan menyaksikan kehidupan ikan-ikan kecil dan terumbu karang tak jauh dari tempatmu berpijak. Buat kamu yang takut kedalaman tapi ingin menjajal snorkeling, spot snorkeling ini sangat cocok untukmu. Selain snorkeling dan bersantai ria di bibir pantai, kamu bisa mengunjungi pulau karang itu yang merupakan asal mula nama dari pantai ini. Dulu, banyak terdapat tanaman anti bisa ular yang disebut Drini memenuhi pulau itu.

3. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor ini terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Yang membuat pantai selatan ini dapat menjadi spot snorkeling karena ada dua batu karang besar tak jauh dari pesisir pantai. Batu karang yang bernama watu kalong dan watu kuntul itu menghadang ombak sehingga ombaknya relatif lebih kecil dibandingkan laut lepas. Batu ini bentunya seperti kura-kura, lho.

Kalau ingin snorkeling di sini, sebaiknya datang saat pagi karena kalau kesiangan nanti air laut surut dan tak bisa digunakan snorkeling. Kalau tidak membawa perlengkapan snorkeling, kamu bisa menyewa di sini. Ada paket snorkeling yang termasuk foto underwater serta guide yang siap menemanimu. Sensasi berenang bersama ikan-ikan pun akan mempercantik feed media sosialmu juga.

4. Pantai Wediombo

Pantai ini disebut-mirip pantai di Bali dan ombaknya pun dicari oleh para surfers karena stabil. Lokasi surfing terbaik di Jogja ini juga bisa jadi spot snorkeling. Ada dua spot snorkeling di pantai ini. Bisa di pesisir pantai atau di tengah laut. Untuk snorkeling di tengah laut, kamu dan rombongan bisa menyewa kapal berikut guide dan alat snorkelingnya.

Setelah puas melihat betapa menawannya negeri bawah laut, jangan lewatkan sunset di pantai ini. Karena menghadap barat daya, pantai ini jadi tempat terbaik melihat sunset. Selain itu, bagi kamu yang suka memancing, banyak ikan-ikan besar yang menantimu. Kamu hanya perlu pergi ke bukit karang, menikmati senja sambil menunggu ikan-ikan menggigit umpanmu.

Itu tadi sederetan spot snorkeling di Jogjakarta. Masih belum puas snorkeling? Kamu bisa mendirikan tenda dan camping bersama kawan-kawanmu sambil menikmati deburan ombak.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *