Thursday , October 29 2020

3 Tips Dasar Mengatur Keuangan Bulanan

Bila pendapatan sampingan masih belum dapat membantu, bisa jadi ada yang salah dari pengelolaan keuangan bulanan. Mengelola uang bulanan bukan perkara susah selama Anda mengetahui 3 tips dasar mengatur keuangan bulanan berikut ini :

1. Buat Anggaran Bulanan

Tips dasar yang pertama rutin buat anggaran bulanan Anda. Alokasikan sejumlah anggaran untuk setiap jenis pengeluaran. Mulai dari pengeluaran untuk kebutuhan ,makan, transportasi, hiburan, wisata, kredit, atau biaya lainnya. Ada baiknya juga bila Anda mengalokasikan biaya lain-lain yang mencakup biaya untuk parkir dan tip-tip yang tidak jarang memakan cukup banyak anggaran tapi kerap terlupakan.

Selain itu, penting pula mengalokasikan dana cadangan untuk kebutuhan tidak terduga. Namun, perlu digaris bawahi dana cadangan sebaiknya digunakan untuk kebutuhan mendesak dan bukan hanya sekedar menambah alokasi dana yang lain karena kurang. Misalnya tentu kurang bijak bila mengambil dana cadangan sekedar untuk menambah alokasi dana belanja bulanan. Cukup atau tidak cukup belanja bulanan sebenarnya terbilang relatif. Oleh karena itu, usahakan membuat alokasi dan mematuhinya.

2. Catatan Pengeluaran Harian

Membuat catatan pengeluaran harian memang terdengar cukup sepele. Namun jangan salah, meski demikian hal ini cukup sulit untuk dilakukan bila tidak disertai konsistensi kuat. Padahal membuat catatan pengeluaran harian bermanfaat untuk mengetahui berapa besar pengeluaran Anda secara pasti setiap bulannya.

Mencatat pengeluaran harian juga bisa mengantisipasi pengeluaran kecil yang mungkin tidak tercatat sebelumnya. Apalagi bila Anda termasuk orang yang berkemungkinan memiliki pengeluaran besar setiap harinya. Sehingga harapannya tidak akan didapati adanya selisih antara pemasukan dan pengeluaran.

Adapun bila Anda tidak ingin repot, sekarang juga sudah tersedia beberapa macam aplikasi yang dapat Anda unduh dan install di smartphone guna mencatat pengeluaran harian. Namun, tidak ada salahnya pula mencatat secara manual menggunakan buku catatan ataupun notes.

3. Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memang dirasa memberi kemudahan tersendiri. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa menggunakan kartu kredit sebenarnya malah lebih boros yang menyebabkan tingginya hutang yang dimiliki. Tentu pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Adapun bila kartu kredit bisa digunakan secara cerdas, penggunaannya bisa sangat membantu mengatur keuangan bulanan Anda.

Sebagai contoh Anda dapat mengalokasikan kartu kredit yang dimiliki guna membayar semua tagihan yang dimiliki. Dengan demikian Anda mengetahui secara persis berapa besar pengeluaran bulanan. Namun, jangan lupa setelah tagihan kartu kredit datang Anda mesti segera melunasi. Jadi Anda pun tidak perlu berhutang ke bank dan tidak perlu pula terkena risiko bunga kartu kredit yang biasanya cukup tinggi.

Demikian 3 tips dasar mengatur keuangan bulanan. Mengatur keuangan bulanan bisa dibilang gampang-gampang susah. Tidak jarang Anda bisa membutuhkan beberapa waktu trial hingga akhirnya mendapati metode yang paling tepat untuk mengelola keuangan bulanan. Sekian ulasan seputar pengelolaan keuangan bulanan kali ini. Semoga memberi ulasan informasi bernilai manfaat dan menarik.