Wednesday , October 28 2020

20 Bahan Kaos Kaki Yang Dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan

Pada dasarnya, memilih jenis bahan kaos kaki itu tidaklah susah. Anda tinggal menyesuaikannya dengan budget dan juga kebutuhan. Yang dimaksud kebutuhan di sini adalah akan dipakai berapa lama, dan untuk kegiatan apa saja kaos kaki tersebut. Tentunya semakin intens aktivitasnya, katakanlah seperti olahraga rutin atau hiking, maka harus semakin tahan banting pula bahannya kaos kakinya.

Berikut kami bagikan beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat kaos kaki:

Kaos kaki
Kaos kaki (peterchristian.co.uk)

1. Katun

Harga kaos kaki katun sebenarnya cukup terjangkau. Hanya saja sayangnya, bahan katun cepat sekali melar.

Belum lagi, kaos kaki katun juga mudah menyerap air sehingga kurang ideal bila dipakai berolahraga. Sebab begitu kaki berkeringat dan itu terperangkap lama dalam balutan sepatu, maka kondisi lembab tersebut dapat merangsang tumbuhnya jamur. Oleh karena itu, para olahragawan sebaiknya menghindari kaos kaki dari bahan 100% katun.

2. Wol

Jenis bahan kaos kaki ini cocok untuk cuaca dingin. Tapi seperti katun, wol juga gampang lembab, bikin kaki gerah serta berkeringat.

3. Nilon

Nah kalau jenis bahan kaos kaki berikutnya ini memiliki daya tahan cukup tinggi. Nilon cocok buat Anda yang sering menarik-narik kaos kaki tanpa sadar. Tapi dibanding bahan sintetis lainnya, nilon juga mudah mengunci kelembaban.

4. Poliester

Sama dengan nilon, poliester juga tahan ditarik dan tak mudah melar. Namun daya serapnya lebih rendah dari nilon sehingga tak gampang membuat kaki lembab. Bagusnya lagi, sifat breathable poliester juga lebih unggul ketimbang nilon.

5. Akrilik

Selain tahan tarikan dan tidak gampang berubah bentuk, bahan wol hangat nan ringan semacam akrilik juga tak mudah mengunci keringat. Sifat akrilik juga tak gampang pudar dibanding serat alami lainnya.

6. Spandex

Beberapa kalangan mungkin menyebutnya Lycra atau Elastane. Spandex sangat terkenal akan daya tahannya yang bagus. Oleh sebab itu, material ini sering dijadikan salah satu bahan kaos kaki agar bentuknya yang tak mudah berubah.

7. Cashmere

Cashmere terkenal mewah serta ringan. Hal ini tak mengherankan sebab bahannya sangat lembut dan nyaman di kaki.

8. Angora

Material kaos kaki satu ini berasal dari kelinci Angora. Pada proses pembuatan kaus kaki, Angora sering dicampur dengan serat lain, dan sama seperti Cashmere, sifat bahannya juga nyaman dipakai.

9. Bambu

Siapa sangka serat bambu juga cocok digunakan sebagai bahan pembuatan kaos kaki?! Dibanding katun, serat bambu lebih halus dan breathable. Permukaannya yang mengkilap membuatnya mirip seperti sutera atau cashmere. Selain itu, serat bambu juga hypoallergenic, anti-mikroba, dan sangat tahan lama.

10. Rayon

Rayon merupakan serat alami yang terkenal akan kemilaunya serta tekstur lembutnya.

11. Flax

Flax merupakan salah satu serat tanaman tertua di dunia. Bahan ini diekstrak dari kulit tanaman dan sifatnya sangat lembut nan lentur. Meski lebih kuat dari katun, namun tetap tak se-elastis katun.

12. Lurex

Serat sintetis satu ini mengandung benang metalik, dan sering dipakai sebagai pemanis dalam pola kaus kaki.

13. Modal

Modal merupakan serat alami yang biasanya diambil dari pohon beech. Sifat menyerap airnya lebih tinggi dibanding katun. Meski begitu, warna bahan ini tak gampang pudar.

14. Polypropylene

Salah satu jenis bahan kaos kaki terbaik berkat serat anti-airnya adalah polypropylene. Bahan ini juga hangat sehingga seringkali digunakan sebagai lapisan dalam kaus kaki.

15. Olefin

Dikenal juga dengan istilah Coolmax, Olefin dianggap sebagai salah satu jenis bahan kaos kaki terbaik. Selain tak gampang menyerap air/ kelembaban, bahannya juga efektf melindungi kaki dari lecet atau luka melepuh akibat gesekan.

16. Profilen

Profilen merupakan komponen penting untuk kaos kaki drymax. Koefisien gesekannya pun yang paling rendah bila dibanding bahan kaus kaki lainnya.

17. Gore-Tex

Gore-Tex merupakan bahan kaos kaki yang terkenal mahal. Karena bersifat waterproof, Gore-Tex biasanya juga dipakai untuk bot sehingga andal untuk membuat kaos kaki olahraga yang tebal.

18. Keviar

Serupa dengan Gore-Tex, Keviar juga sangat mahal. Tentunya ada alasan khusus di balik itu. Keviar tak cuma kuat dan ringan, namun juga anti-peluru. Hal ini membuatnya cocok sebagai bahan kaos kaki olahraga karena ampuh menjauhkan kaki dari luka tergores.

19. Sutera

Sutera memiliki sifat sangat halus, lembut dan mudah menyerap kelembaban.

20. X-Static

Jenis bahan terakhir ini terbuat dari perak yang dijahit menjadi kaos kaki. Kandungan anti-mikrobanya cocok untuk pecinta olahraga karena efektif menghindarkan kaki dari jamur serta bau tak sedap.

So, itulah tadi informasi mengenai beberapa jenis bahan kaos kaki terbaik. Mana nih kira-kira bahan kaus kaki yang jadi andalan Anda selama ini?!

Penulis: Megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *