Thursday , October 29 2020

14 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Ini Sungguh Mencengangkan

Semua orang pasti ingin sehat. Untungnya tak perlu biaya mahal untuk bisa memaksimalkan kesehatan. Selain dengan menjalani gaya hidup sehat, kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Salah satu yang tak boleh terlewatkan adalah cuka apel (pilih yang mengandung endapan karena kandungan enzim maupun bakteri baiknya masih banyak). Entah diminum atau oleskan, larutan bercita rasa asam satu ini ternyata memunyai segudang manfaat mencengangkan bagi kesehatan lho. Nggak percaya?! Simak yang mau lewat berikut.

1.Menyembuhkan luka bekas cukur

Jangan remehkan luka bekas cukur di kulit karena inipun bisa memberi jalan masuk bagi bakteri penyebab infeksi. Untuk menyembuhkannya, oleskan cuka apel menggunakan cotton pad, biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air. Ulangi metode pengobatan ini 2-3 kali setiap hari hingga lukanya sembuh.

2.Menghilangkan bau kaki

Kaki yang bau menandakan ada bakteri yang sedang berkembang di sana. Cuka apel tak hanya efektif hilangkan bau ketiak, namun juga kaki. Cukup tuangkan cuka apel ke handuk kecil, lalu gunakan itu untuk menyeka kaki. Simpan obat penghilang bau kaki alami ini di lemari es, dan gunakan kapanpun diperlukan.

3.Mengobati sakit tenggorokan

Karena mengandung agen antibakteri, cuka apel juga efektif atasi sakit tenggorokan. Caranya, campurkan 1 sdm cuka apel dengan 2 sdm madu ke dalam secangkir air hangat.

4.Mencegah infeksi akibat sunburn

Apa?! Mengoleskan cuka ke luka bakar akibat sengatan sinar matahari?! Beberapa orang mungkin enggan melakukannya karena berpikir bahwa sensasinya pasti perih.

Untungnya, sensasi tersebut tak separah yang dibayangkan. Malahan mengoleskan/ menyemprotkan cuka apel ke sunburn dapat mencegahnya terinfeksi. Semua ini berkat kandungan antiseptik yang ada dalam cuka apel.

5.Meredakan gatal dan iritasi kulit

Selain mencegah infeksi, cuka apel juga manjur redakan gatal maupun iritasi kulit. Caranya tinggal dengan mencampurkan beberapa tetes cuka apel ke cotton pad, lalu oleskan ke area kulit yang bermasalah.

6.Menurunkan berat badan

Ah, cewek-cewek pasti doyan banget sama manfaat cuka apel satu ini. Ya, nyatanya minum larutan cuka apel setiap hari efektif untuk menurunkan berat badan. Khasiat ini berkat asam asetat dalam cuka apel.

7.Mempercepat proses penyembuhan luka lebam

Cuka apel juga ampuh mempercepat proses penyembuhan luka lebam berkat kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah dan membubarkan timbunan darah di area lebam.

8.Merawat gejala infeksi sinus

Kandungan antiseptik dalam cuka apel juga efektif merawat gejala infeksi sinus yang menyebabkan pembengkakan di area pernafasan. Anda tinggal mencampurkan ½-1 sdt cuka apel ke dalam secangkir air hangat, kemudian gunakan itu untuk membersihkan nasal.

9.Meredakan gejala heartburn

Gejala heartburn (sensasi perih di lambung) juga dapat diredakan dengan minum 2 sdt cuka apel yang dimasukkan dalam segelas air saat makan. Cuka apel mampu menurunkan keasaman lambung dan menyiagakan sphincter (katup yang memisahkan kerongkongan dan lambung) sehingga makanan di lambung tak sampai kembali ke kerongkongan.

10.Menghilangkan kutil

Dalam hal ini, cuka apel hanya dapat menghilangkan kutil, namun tidak melenyapkan virus penyebabnya (HPV).

11.Menghilangkan jamur kuku

Selain kutil, jamur kuku juga bisa lenyap karena cuka apel. Campurkan cuka apel dan air (perbandingan sama) lalu gunakan larutan tersebut untuk merendam kaki. Bagi kulit dan kuku, kandungan asam di cuka tak berbahaya, namun lain halnya dengan jamur yang pasti mati karenanya.

12.Mendetoksifikasi organ hati

Wah..wah..wah, minum 1-2 sdt cuka apel yang dilarutkan dalam segelas air ketika bangun tidur pagi, sebelum makan siang dan malam, ternyata dapat membantu membersihkan toksin berbahaya dari hati.

13.Meningkatkan kesehatan pencernaan

Cara cuka apel meningkatkan kesehatan pencernaan adalah dengan memperlambat proses perpindahan makanan dari lambung ke usus kecil, serta membuat makanan lebih mudah dicerna. Selain itu, larutan cuka apel juga efektif atasi gejala gangguan pencernaan, konstipasi, maupun diare.

14.Meningkatkan sistem imun

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang terakhir adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk ini, Anda bisa bereksperimen mengombinasikan cuka apel dengan bahan herbal lainnya seperti jahe, bawang putih, lobak, atau madu.

Itulah tadi beberapa manfaat cuka apel bagi kesehatan. Jangan lupa intip juga kegunaan cuka apel lainnya bagi rumah tangga dan kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *