Ketika sedang menjalankan program diet, berolahraga juga harus diatur sedemikian rupa supaya efeknya lebih berpengaruh. Jangan Olahraga hanya musiman ketika Anda memang sedang ingin diet. Namun, ber olahraga lah secara rutin dan teratur agar baik untuk kondisi kesehatan tubuh Anda.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan diet Anda. Untuk lebih jelasnya simak dulu infonya yuk!

1. Menari

Menari merupakan salah satu jenis olahraga yang membutuhkan tenaga yang cukup besar. Gerakan ini merupakan jenis olahraga yang terdiri dari bermacam gabungan yang membutuhkan tenaga besar. Gerakan menari sangat efektif dalam membantu proses menurunkan berat badan. Dalam hal ini, sangat dibutuhkan pembakaran kalori yang lebih besar. Lakukanlah kegiatan menari setidaknya 3 – 4 kali dalam seminggu supaya berat badan Anda bisa mengalami penurunan lebih cepat.

2. Senam Aerobik

Jika Anda senam berdansa atau sering mengikuti gerakan berdansa, senam aerobik merupakan solusi yang tepat. Senam aerobik ini sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan lho. Pasalnya, seluruh anggota tubuh Anda dapat bergerak, sehingga pembakaran kalori pun menjadi lebih efektif dan Anda dapat menurunkan berat badan dengan seimbang. Lakukanlah senam aerobik setiap hari. Waktu yang tepat adalah ketika pagi ataupun sore hari.

3. Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki gabungan dalam menenangkan pikiran, meditasi serta dapat membakar kalori dan lemak lho. Tentu saja olahraga ini sangat efektif dalam membantu Anda menurunkan berat badan di angka yang ideal sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Lakukan olahraga ini selama 2 – 3 kali dalam seminggu. Lakukanlah secara rutin dan berat badan Anda akan turun secara optimal.

4. Futsal atau Sepak Bola

Futsal atau sepak bola memang identik dengan laki-laki. Namun, futsal atau sepak bola merupakan jenis olahraga yang dapat membakar banyak kalori. Futsal atau olahraga merupakan jenis olahraga yang mengkombinasikan kemampuan dalam mengolah bola dan kemampuan dalam berlari sehingga sangat berguna bagi Anda yang ingin membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Olahraga jenis ini bisa membakar kalori dengan jumlah sangat banyak sehingga berat badan Anda bisa secara cepat mengalami penurunan. Lakukan permainan ini setidaknya 1 – 2 kali dalam seminggu.

5. Lari atau Jogging

Lari atau jogging merupakan jenis olahraga yang sangat baik untuk membakar kalori dan lemak yang bersarang di tubuh Anda. Olahraga ini merupakan olahraga jenis cardio dan cocok dilakukan di pagi hari. Olahraga ini sangat efektif bagi Anda yang sangat ingin menurunkan berat badan yang ideal. Lakukanlah secara rutin setidaknya pada pagi hari sebelum sarapan dan sore hari sebelum makan malam. Anda bisa mulainya dari hal-hal simpel seperti berlari berkeliling lapangan atau jalan di sekitar perumahan Anda selama kurang lebih setiap 1 jam setiap harinya.

6. Berjalan Mundur

Berjalan mundur merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat sederhana sehingga dapat Anda terapkan dengan mudah. Berolahraga dengan cara ini sangat efektif dalam membakar lemak dan kalori. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini dapat menurunkan berat Anda. Lakukanlah olahraga jenis ini dengan menambahkan program jalan kaki setiap hari dan Anda dapat melakukannya dengan jarak sejauh 1 km setiap harinya.

7. Berlari Menyamping

Berlari menyamping ini merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup unik. Berlari jenis ini sangat membutuhkan kekuatan otot kaki lebih besar jika dibandingkan dengan berlari biasa. Berlari dengan cara ini sangat efektif dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan Anda. Lakukanlah gerakan lari menyamping ini selama kurang lebih 5 – 10 menit setiap 1 jam ketika Anda sedang berolahraga lari ataupun jogging.

8. Bersepeda

Sama halnya seperti berlari, bersepeda merupakan cara yang tepat dan efektif dalam membakar kalori. Pasalnya, kalori yang dibakar sangatlah tinggi. Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengecilkan perut sehingga memiliki dampak yang baik pula dalam menurunkan berat badan. Lakukanlah olahraga ini kira-kira 2 – 5 km setiap hari untuk mendapatkan kondisi berat badan yang optimal.

9. Melakukan Lompat Tali

Lompat tali memang terkesan sebagai permainan anak-anak. Namun, percayakah Anda membakar kalori dan lemak dengan lompat tali sangat efektif. Selain itu, lompat tali juga sangat bermanfaat untuk memperkuat otot kaki Anda. Selain itu, Anda dapat juga melakukannya sebanyak 40 – 100 kali lompatan dalam satu hari. Lakukanlah gerakan ini secara rutin setiap hari.

10. Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk menurunkan berat badan Anda. Selain dapat menambah tinggi badan, berenang juga dapat membantu agar tubuh dapat mengalami penurunan dengan lebih cepat. Berat badan Anda pun dapat turun dengan lebih optimal karena seluruh bagian badan ikut bergerak. Lakukanlah olahraga jenis ini sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu dengan beragam jenis variasi atau gaya dalam sekali olahraga.

11. Basket

Sama seperti olahraga sepak bola, olahraga basket merupakan jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan tinggi badan secara efektif. Olahraga basket memiliki kemampuan membakar kalori lebih tinggi sehingga dapat membantu mengoptimalkan program penurunan berat badan. Lakukanlah olahraga ini sebanyak 3 – 5 kali dalam seminggu. Mulai dari latihan shooting dan jumping selama satu minggu.

12. Badminton

Olahraga badminton merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Olahraga ini dapat membakar kalori lebih tinggi dengan membutuhkan kekuatan tangan. Gerakan spontan yang cepat dan ekstra akan dapat membantu membakar lemak pada tubuh dengan lebih baik dan cepat. Lakukanlah olahraga ini secara rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu.

13. Latihan Beban

Ternyata latihan beban juga sangat bermanfaat dalam membakar kalori. Lemak yang Anda miliki pun berubah untuk mengisi masa otot sehingga lebih kuat. Supaya lebih optimal, menurunkan berat badan dengan cara ini, Anda dapat menggabungkannya dengan olahraga lain seperti berlari, bersepeda dan olahraga dalam membakar lemak agar lebih baik.

Nah, sekarang sudah tahu dong bagaimana cara olahraga yang tepat dan efektif untuk pembakaran kalori. Tidak ada salahnya jika Anda segera mencoba.