Monday , October 19 2020

12 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet

Ketika ingin menurunkan berat badan, sering kali hal tersebut menjadi sebuah perjuangan yang sulit dilakukan apabila tidak diiringi dengan mengatur pola makan yang baik dan benar. Dalam hal ini, Anda harus segera mengubah gaya hidup Anda dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang sehat.

Banyak orang yang beranggapan, menurunkan berat badan selalu identik dengan mengurangi porsi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun demikian, Anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Apabila Anda sedang diet, pilihlah jenis makanan sehat yang rendah lemak dan tidak berkalori tinggi.

Supaya diet yang Anda lakukan berjalan dengan baik dan benar, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang wajib Anda hindari. Yuk, simak dulu informasinya berikut ini!

1. Burger

Burger merupakan salah satu jenis makanan siap saji yang wajib dihindari atau setidaknya Anda bisa mengurangi ketika sedang menjalankan program diet. Tentu Anda pasti tidak ingin diet yang Anda lakukan gagal bukan, hanya dengan tergoda dengan burger yang memiliki rasa nikmat dan lezat? Rasa nikmat dan lezat pada sebuah makanan tidak menjamin makanan tersebut sehat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, berusahalah untuk pelan-pelan menghindari jenis makanan ini. Apabila Anda tetap mengkonsumsi burger ketika diet, sudah pasti program diet Anda pun menjadi berantakan. Pasalnya, burger memiliki kandungan kalori yang tinggi dan juga memiliki lemak yang banyak sehingga harus segera dikurangi.

2. Es Krim

Tidak ada seorang pun yang tidak suka es krim. Rasanya yang manis begitu nikmat dan lezat ketika dikonsumsi. Es krim pun sering kali membuat seseorang ketagihan untuk menikmati kembali. Namun, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, sudah saatnya mengurangi es krim. Karena es krim sebagian besar mengandung lemak jahat atau LDL. Lemak jahat atau LDL ini disinyalir bisa memberikan resiko yang cukup tinggi terkena serangan jantung bagi seseorang. Es krim merupakan makanan yang perlu dihindari bagi Anda yang sedang diet. Kandungan gula yang tinggi pada es krim menjadi alasan kenapa makanan ini wajib Anda kurangi atau bahkan dihindari.

3. Kentang Goreng

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan mineral. Namun, sayang sekali kentang yang digoreng wajib Anda hindari bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Kentang yang digoreng memiliki kandungan lemak yang tinggi. Dalam hal ini Anda wajib berwaspada untuk menghindari konsumsi makanan seperti kentang goreng ini. Kentang goreng memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan ini ketika diet. Karbohidrat yang terkandung dalam kentang cukup tinggi, apalagi jika digoreng sudah pasti sangat tidak baik.

4. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga orangtua sangat senang mengkonsumsi cokelat. Ketika diet, Anda wajib menghindari makanan ini. Pasalnya cokelat memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi terutama di dalam coklat terdapat gula dan susu yang cukup banyak di dalamnya. Apabila Anda tetap ingin mengkonsumsi cokelat, pilihlah cokelat hitam yang murni belum tercampur dengan gula ataupun pemanis buatan di dalamnya.

5. Saus Tomat

Tahukah Anda? Saus tomat merupakan salah satu jenis bahan makanan yang dikemas dengan tambahan banyak gula di dalamnya. Gula yang terdapat pada saus tomat memiliki jumlah yang banyak sehingga bisa membuat berat badan Anda meningkat dan resiko terkena diabetes pun cukup tinggi. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum tahu tentang hal ini dan menganggap saus tomat hanya terbuat dari tomat biasa saja. Apabila Anda tidak ingin menghindari saus tomat, lebih baik buatlah saus tomat sendiri di rumah yang lebih sehat dan bergizi baik.

6. Jeroan Ayam

Jeroan merupakan bagian organ tubuh yang paling memiliki banyak lemak. Begitu pula dengan jeroan ayam. Oleh karena itu, Anda wajib mengurangi jenis makanan yang satu ini. Anda yang ini sedang menjalankan program diet, segera hindari jenis makanan yang satu ini. Perlu Anda ketahui, bahwa di dalam 1 ons hati terkandung 2 gram lemak dan terdapat 50 kalori setelah dimasak. Selain jeroan, Anda juga perlu menghindari kulit ayam yang mengandung kolesterol cukup tinggi.

7. Mie Instan

Mie instan merupakan salah satu jenis makanan yang wajib dihindari ketika sedang diet. Mie instan merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi namun memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Dalam proses pembuatannya, biasanya mie instan memiliki bentuk panjang yang dilipat-lipat, lalu digoreng dan dikeringkan dalam sebuah oven yang panas. Proses pembuatan mie inilah yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Selain kandungan lemaknya yang tinggi dan wajib dihindari, Anda harus menghindari jenis makanan yang satu ini karena mengandung bahan pengawet yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

8. Kue Donat

Kue donat sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, di dalam kue donat ini terdiri dari 133 kalori untuk donat yang dilapisi cokelat. Gula yang terdapat dalam kue donat sangat berbahaya karena dapat memicu melonjaknya berat badan dan beresiko terkena diabetes.

9. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu jenis makanan yang wajib dihindari oleh Anda yang sedang menjalankan program diet. Nasi goreng sama halnya dengan kentang goreng. Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, apalagi jika digoreng timbunan lemaknya pun semakin banyak. Nasi sumber karbohidrat yang sangat tidak dianjurkan untuk digoreng. Selain diberi tambahan saus tomat, nasi goreng memiliki kandungan yang cukup tinggi sekitar 600 kalori dalam satu porsi nasi goreng.

10. Minuman Berenergi

Minuman berenergi wajib diwaspadai bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Ada banyak atau beragam jenis minuman energi yang tersedia di pasaran dan memberikan komposisi vitamin atau mineral yang membuat Anda bisa memiliki tenaga lebih banyak dalam waktu yang relatif singkat. Minuman ini mengandung sejumlah nutrisi yang bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan seperti gula atau kafein yang tinggi dalam minuman berenergi apabila dikonsumsi terus menerus dalam waktu lama sangat berbahaya dan meningkatkan resiko obesitas.

11. Soda

Minuman bersoda wajib dihindari bagi Anda yang sedang diet. Pasalnya, minuman bersoda adalah musuh bagi Anda yang sedang diet. Baik soda diet ataupun soda reguler wajib Anda hindari. Karena minuman ringan ini sangat tidak boleh dikonsumsi. Selain buruk bagi kesehatan, juga dapat memicu kegemukan. Soda regular biasanya memiliki kandungan kalori dari gula dan soda diet sama tidak baiknya. Meskipun dikatakan bebas kalori soda diet juga bisa meningkatkan berat badan.

12. Roti Putih

Roti putih sebenarnya sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Roti putih nutrisinya sudah banyak yang hilang. Apabila Anda ingin mengkonsumsi roti, sebaiknya konsumsilah roti gandum yang kaya akan serat dan jauh lebih sehat. Roti gandum juga dipercaya bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, jauhilah roti putih dan beralihlah pada roti gandum sekarang juga.

About Bas