Saturday , October 24 2020

11 Alasan Mengapa Vietnam Harus Dikunjungi; Beberapa Menggelikan, Lainnya Bikin Ilfil

Sebagai destinasi wisata, Vietnam mungkin tak sepopuler negara Asia lain seperti Thailand, Singapura, atau Malaysia. Padahal negara ini menyediakan beragam fasilitas memadai untuk para turis, mulai dari hotel yang nyaman, suguhan pemandangan unik, hingga makanan khas yang menggugah selera.

Tapi sebelum pesan tiket ke Vietnam, sebaiknya kamu ketahui dulu beberapa fakta mengenai negara ini. Ya, biar nggak kaget saja.

1.Nama belakang penduduknya sama semua

Ketika bertemu dengan penduduk lokal, kamu mungkin akan mendengar nama terakhir yang itu-itu saja. Tenang, kamu tidak salah dengar kok sebab 40% warga Vietnam memang lahir dengan nama belakang ‘Nguyen’, dan 11% pakai nama ‘Tran’.

2.Tidak ada privasi di sana

Penduduk maupun budaya Vietnam tidak mengenal yang namanya privasi.
Di kendaraan umum misalnya, penduduknya selalu duduk mepet penumpang lain. Jadi tidak ada tuh yang namanya jeda jarak di antara penumpang.

Tentang apartment, membuka pintu masuk lebar-lebar merupakan hal biasa. Jika kamu menutup pintunya, para tetangga justru khawatir dan takut kalau kamu kenapa-kenapa. Rumah pribadipun biasanya memiliki jendela besar dan tidak ada korden yang dipasang untuk menutupinya.

Selain itu, tak ada yang menghargai privasimu ketika mereka sedang bicara denganmu. Posisi tubuh saat orang Vietnam bicara bisa sangat dekat, seolah-olah mereka hendak membicarakan sesuatu yang rahasia saja.

Penduduk Vietnam juga tidak menjunjung budaya antri. Semua orang ingin jadi yang pertama. So, jangan marah kalau waktu antri, mereka menginjak kakimu atau menyandarkan tubuhnya di punggungmu.

3.Pertanyaan tabu adalah hal normal

Menanyakan umur atau besarnya gaji memang tabu di beberapa negara, tapi tidak di Vietnam. Di negara ini, topik obrolan semacam itu dianggap sopan dan malah menandakan kalau lawan bicara tertarik denganmu.

4.Warganya selalu bilang “ya”

Entah benar-benar mengerti atau tidak, mereka selalu menjawab “ya”. Karenanya, kalau kamu takut penduduk lokal salah paham, amati deh gelagatnya. Jika senyuman mereka tampak aneh, besar kemungkinan mereka tidak mengerti dengan apa yang kamu katakan.

5.Tidak tepat waktu

Bila warga Vietnam menjanjikan akan melakukan sesuatu dalam waktu 5 menit atau besok misalnya, maka jangan terlalu berharap. Janji tersebut biasanya tinggal janji.

6.Kurang menjaga kebersihan

Siapkan diri untuk tidak marah atau jijik karena penduduk Vietnam memang terbiasa buang sampah sembarangan, entah di jalan atau bawah meja kafe ‘jalanan’. Tak hanya itu, para prianya juga suka pipis sembarangan.

7.Gigi hitam lebih bagus dari yang putih

Ya mungkin tak semua perempuan masih memegang kepercayaan ini, biasanya hanya yang sudah lansia saja. Alasan mengapa gigi hitam lebih cantik (dan gigi putih buruk) adalah karena menghitamkan gigi bisa melindungi seseorang dari kutukan dan gangguan setan.

8.Prianya memelihara kuku panjang

Jika seorang pria memiliki kuku panjang, itu artinya ia boleh tidak bekerja di lapangan atau profesi rendahan lainnya.

Banyak pria di Vietnam menggunakan metode ini untuk menunjukkan status sosial mereka. Kuku yang dibiarkan panjang juga bukan hanya bagian jentik saja, namun semua jari. Dengan begitu, pekerjaan rumahan seperti menyapu biasanya jadi tugas kaum wanita.

9.Semua yang bergerak adalah makanan

Ya semua yang bergerak bisa dimakan, termasuk kelelawar, anjing, tikus, buaya, kura-kura, ular, hingga embrio bebek. Meski begitu, menu paling terkenal di negara ini adalah nasi yang dimasak dengan berbagai metode.

Fakta menarik lain soal makanan adalah orang Vietnam suka menambahkan gula hampir ke semua makanan (termasuk susu dan daging).

Ketika berkunjung ke sana, jangan lupa coba saus kedelai ‘Nuoc Mam’ yang dibuat dari ikan yang dijemur selama 9 bulan. Coba pula kopi susu hangatnya yang menurut beberapa turis sangat nikmat.

10.Olahraga volinya pakai kaki

Sama seperti orang lainnya, penduduk Vietnam juga suka olahraga, khususnya sepakbola dan voli. Meski begitu, voli ala Vietnam (disebut pepak takraw) harus dimainkan menggunakan kaki dan bukannya tangan.

11.Hidup tidur siang!

Warga Vietnam sangat suka tidur siang. Maklum saja, mereka sudah bangun pukul 5-6 pagi dan melakukan banyak aktivitas sebelum siang.

Jadi tak heran bila beberapa jam setelah pukul 12 siang, kebanyakan toko tutup, pekerja kantoran tertidur di kursinya (atau kantong tidur di lantai), dan jangan heran juga jika kamu melihat banyak orang tidur di jalanan.

Selain itu, ada pula bis kota yang menyediakan bangku tidur untuk penumpang yang harus menempuh perjalanan jauh.

So, itulah tadi beberapa fakta menarik mengenai Vietnam yang perlu kamu ketahui sebelum pergi ke sana.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *