Thursday , October 22 2020

10 Cara Mencegah Masuk Angin: Jangan Sepelekan Kebiasaan Sehari-hari Ini!

Jatuh cinta berjuta rasanya, tapi perasaan itu bisa hilang seketika kalau kamu masuk angin. Walau bukan tergolong penyakit serius yang mematikan, namun gejala masuk angin selalu bikin penderitanya sengsara dan tak berdaya. Oleh karenanya, pada ulasan kali ini, Halokawan ingin berbagi tips cara mencegah masuk angin.

1. Cuci buah dan sayur

Cara mencegah masuk angin yang pertama adalah selalu cuci buah dan sayur sebelum dimakan, bahkan kalau kamu berencana mengupas kulitnya dan hanya melahap isinya saja. Ketahuilah bahwa sudah ada banyak tangan yang menyentuh buah yang baru kamu beli. Masalahnya kita tak pernah tahu apakah tangan-tangan tersebut selalu bersih atau justru baru digunakan untuk menyeka hidung meler.

2. Sterilkan juga obyek umum

Obyek umum di sini maksudnya adalah segala benda yang kemungkinan besar pernah disentuh atau dipakai banyak orang, contohnya ponsel, keyboard, mouse, kenop (pintu, lampu, lemari es, microwave, serta lemari). Sama seperti buah-buahan tadi, semua benda keras ini rawan jadi sarang virus penyebab masuk angin, khususnya jenis rhinovirus yang mampu bertahan hidup hingga 3 jam di atas permukaannya. Ketahuilah bahwa virus ini tak hanya mampu hidup pada suhu rendah saja, tapi juga mudah menular.

3. Rutin berolahraga

Olahraga bukanlah hanya untuk menurunkan berat badan saja, tapi juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika imun tubuh diperkuat, maka otomatis kamu takkan mudah sakit.

4. Cukup tidur

Mengapa sih kok kita selalu diimbau cukup tidur dan menjauhi begadang? Sekali lagi, alasannya bukan sekedar menghindari obesitas saja. Tubuh perlu istirahat cukup untuk restorasi sehingga nantinya ada energi yang cukup untuk melawan berbagai kuman penyakit yang menyerang.

5. Cuci bersih botol minum

Tak peduli seburu-buru apapun dirimu, sebaiknya selalu sempatkan untuk mencuci botol minum sebelum mengisinya lagi dengan air yang baru. Bukan hanya bagian dalamnya saja yang perlu disterilkan, melainkan luarnya juga. Ingatlah, tanganmu selalu menyentuh dan memegang bagian luar botolnya setiap hari. Dan karena tangan sudah banyak menyentuh obyek umum, maka siapa yang tahu kuman apa saja yang mungkin bersarang di sana.

6. Jangan malas cuci tangan

Cuci tangan dengan benar itu wajib, khususnya setelah berjabat tangan dengan orang lain, sebelum makan, atau usai menyentuh obyek umum. Lantas bagaimana jika tidak ada wastafel di sekitar?!

Gunakan saja gel antibakterial yang mengandung 60% alkohol. Kadar ini digadang-gadang mampu membunuh kuman penyebab penyakit. Meski begitu, jangan berlebihan juga saat memakainya.

7. Matikan keran dengan paper towel (kertas tisu)

Setelah cuci tangan, sebaiknya matikan kenop keran airnya dengan paper towel. Menurut Charles Gerba, PhD, pakar kuman dari Universitas Arizona, kenop keran air merupakan bagian paling kotor di kamar mandi. Selanjutnya, pakai kertas tisu yang sama untuk membuka pintu kamar mandinya saat keluar agar tangan tetap bebas kuman.

8. Hindari hand dryer

Mesin pengering tangan ini tak hanya berisik, namun juga berbahaya bagi kesehatan. Hasil berbagai studi mengemukakan, semprotan udara dari mesin mampu menyebarkan 1.300 kuman lebih banyak ketimbang paper towel. Karenanya, gunakan kertas tisu saja untuk mengeringkan tangan. Bila tidak ada, biarkan tangan kering dengan sendirinya.

9. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung fitokemikal

“Fito” berarti tumbuhan, dan bahan kimia alami yang terkandung di dalamnya merupakan sumber vitamin yang bisa mendongkrak kekebalan tubuh. Jadi ketimbang minum dalam bentuk pil, perbanyak asupan buah atau sayuran berdaun hijau, merah, serta kuning.

10. Kebiasaan lainnya

Selain beberapa kebiasaan tadi, terapkan pula cara mencegah masuk angin yang mau lewat berikut:

  • Sentuh tombol lift dengan buku jari atau lengan baju.
  • Hindari berjabat tangan atau memeluk orang yang tampaknya sakit.
  • Jauhkan tangan/ jari dari wajah.
  • Bawa sendiri alas yoga ketika latihan.
  • Sterilkan lebih dulu alat-alat gym sebelum digunakan.
  • Kenakan masker di tempat umum – selain bebas debu, kamu juga takkan tertular seandainya orang di dekatmu mendadak bersin.
  • Gunakan tisu untuk menutupi saat bersin atau batuk – hindari menggunakan tangan. Bila tak ada tisu, maka pakailah siku bagian dalam untuk menutupi.
  • Berhenti merokok atau minum alkohol karena ini dapat melemahkan imun tubuh.
  • Terakhir, jauhi stres karena hasil penelitian menunjukkan ini juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *