Monday , October 19 2020

10 Tips Solo Traveling yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berangkat

Akhir-akhir ini, orang-orang terutama anak muda tertarik mencoba solo traveling. Solo traveling atau traveling sendirian menawarkan berbagai pengalaman traveling baru karena kamu menghabiskan waktu seorang diri di tempat yang tak pernah kamu kunjungi dan hanya dapat bergantung pada dirimu sendiri. Untuk itu, kamu harus melalui serangkaian persiapan sebelum berangkat sehingga tak terlalu kebingungan nantinya. Nah, berikut ini tips solo traveling yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan solo traveling.

1. Riset tentang kota atau negara yang dituju

Hal yang paling utama sebagai tips solo traveling adalah riset. Wajib bagi kamu mengenal kota atau negara yang kamu tuju terutama soal apakah tempat tersebut aman bagi para kamu yang sedang traveling sendirian. Selanjutnya mengenai tempat wisata yang akan kamu kunjungi disana, bagaimana menjangkau tempat tersebut. Begitu juga dengan pakaian apa yang harus kamu kenakan sesuai dengan musim di daerah atau negara tersebut.

2. Pelajari bahasa lokal daerah atau negara tersebut

Untuk berkomunikasi dengan masyarakat sekitar di daerah yang dituju, sebelum melakukan solo traveling, kamu perlu mempelajari bahasa mereka. Karena besar kemungkinan, kamu butuh bertanya tentang suatu lokasi atau bahkan bertransaksi jual beli. Tentunya, kamu tidak ingin tertipu karena tidak mengerti bahasa mereka.

3. Perkirakan budget yang akan kamu keluarkan

Sebelumnya, kamu harus memperkirakan budget dalam solo traveling. Kamu juga butuh tahu berapa tiket masuk, biaya hotel, dan biaya perjalanan kamu agar tidak overbudget di tempat antah berantah atau ditipu masyarakat lokal di sana. Untuk berjaga-jaga, siapkan uang tambahan yang bisa diperlukan sewaktu-waktu.

4. Tentukan destinasi

Tips solo traveling berikutnya adalah buat daftar tempat yang ingin kamu kunjungi. Sesuaikan dengan tempat kamu menginap dan pastikan tempat wisata tujuanmu sesuai dengan budget kamu. Kamu bisa membaca rekomendasi para solo traveler terlebih dahulu tentang tempat-tempat yang akan kamu tuju.

5. Usahakan booking hotel atau penginapan sebelumnya

Nah, ketika solo traveling sebelumnya kamu diharuskan membooking hotel atau penginapan sesuai destinasi wisata yang kamu inginkan. Bookinglah hotel yang dekat dengan banyak tempat wisata sehingga dapat menghemat biaya perjalanan. Pastikan hotel tersebut ramah bagi solo traveling seperti yang direkomendasikan para solo traveler. Kamu bisa memilih menginap di hostel jika ingin liburan murah. Selain lebih murah dengan shared room bersama wisatawan lain, kamu juga dapat bersosialisasi dan mendapat ilmu baru dari mereka.

6. Terbuka terhadap hal-hal baru

Banyak hal baru yang akan kamu temukan di tempat yang baru. Kamu tidak bisa memaksakan apa yang akan kamu datangi sesuai dengan prinsip atau ekspektasimu. Di tempat tujuan pun akan banyak hal tak terduga akan terjadi padamu. Jadi, terbukalah dengan hal baru.

7. Persiapkan ponsel kalau perlu bawa powerbank

Ponsel adalah nyawamu ketika solo traveling. Kamu perlu untuk mengakses google maps untuk mencari tempat wisata tujuanmu. Selain itu, jika ada kejadian tak diinginkan sewaktu-waktu, kamu bisa menghubungi orang-orang yang kamu kenal di daerah atau negara tersebut. Misalnya saja menghubungi resepsionis hotel karena kamu lupa jalan kembali menuju hotel. Karena itu, tips solo traveling adalah dengan menyimpan nomor-nomor penting yang sekiranya dapat membantu dan kalau perlu membawa powerbank untuk berjaga-jaga.

8. Jaga identitasmu dan jangan beritahu kalau sendirian

Ini berlaku bila kamu mengendarai taksi atau kendaraan umum. Sebab, jika pengemudi tersebut tahu kamu solo traveling, bisa saja ia melihat bahwa itu adalah sebuah kesempatan untuk menipu atau bahkan menculikmu. Kasus seperti ini banyak terjadi kepada orang yang traveling sendirian. Jadi, jika ditanya kamu cukup bilang saja kalau kamu dalam perjalanan menemui temanmu.

9. Tetap waspada

Kemungkinan perampokan, hipnotis, kekerasan seksual, atau hal-hal buruk lainnya di perjalanan memang terkadang tak bisa dihindari. Tips solo traveling agar tak terjadi padamu dengan tetap waspada. Pastikan tak menaruh dompet atau ponsel di saku celana. Jaga terus barang yang kamu bawa dan jangan melamun di tengah keramaian.

10. Bersosialisasi dengan traveler lain dan masyarakat setempat

Tips solo traveling yang terakhir adalah bersosialisasi. Kamu akan mendapatkan banyak pembelajaran atau bahkan seorang teman dari bersosialisasi. Traveling memang tak hanya berfoto di tempat wisata tersebut dan mengagumi keindahannya. Kamu juga bisa memahami masyarakat lokal di sana yang akan membuatmu lebih memahami dunia.

Nah, itulah tips solo traveling yang sangat bermanfaat bila kamu sedang mempertimbangkan untuk traveling sendirian. Bagaimana travelers? Sudah siap untuk solo traveling?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *