Saturday , October 24 2020

Ingin Liburan Murah Ala Backpacker? Baca Ini!

Mengandalkan trip organizer memang memudahkan kamu dalam berwisata. Namun, paket liburan yang ada, merogoh kocek yang tak sedikit. Kamu pun enggan berlibur karena menganggap liburan itu mahal. Padahal kenyataannya, tanpa trip organizer kamu bisa mendapatkan liburan murah. Buat kamu yang masih pemula, berikut ini 10 tips liburan murah ala backpacker.

1. Rencanakan tujuan dan perbanyak referensi

Kamu dapat mengikuti catatan perjalanan orang lain di blog mereka. Perhatikan sedetail mungkin seperti misalnya apakah di tempat wisata yang kamu tuju ada toilet atau tidak. Jika kamu ingin liburan murah, pilih lokasi tujuan yang mudah dijangkau. Tempat wisata seperti pulau-pulau terpencil dengan akses yang sulit terkadang perlu biaya lebih untuk transportasinya. Tapi boleh saja jika kamu liburan dengan beberapa orang.

2. Gabung komunitas backpacker

Dengan bergabung dalam komunitas backpacker, kamu bisa menambah referensimu soal destinasi wisata. Tak hanya rute wisata, komunitas tersebut biasanya juga membagikan berbagai promo tiket, hotel murah, dan pengalaman mereka. Berbagai ide wisata dan perkiraan di tempat wisata tujuan bisa kamu petik dari cerita yang mereka bagikan.

3. Rajin mencari tiket promo

Tiket pesawat atau kereta untuk menuju tempat tujuan tentunya memakan uang tak sedikit. Terkadang lebih malah dibandingkan biaya hidup di lokasi tujuan. Agar liburan murah, rajin-rajinlah mencari tiket promo. Kamu bisa mulai mengikuti akun sosial media dari para maskapai atau mendownload aplikasi resmi mereka. Mereka biasanya rajin memberikan update promo di sana.

4. Bawa barang seperlunya

Idealnya menjadi backpacker itu hanya membawa satu tas carrier. Barang-barangmu pun harus dipilih mana yang penting untuk menunjang liburanmu. Ini juga akan memudahkan kamu agar tidak kerepotan ketika berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

5. Perkirakan berapa lama kamu akan berwisata

Lama wisatamu ini akan mempengaruhi berapa biaya yang akan dikeluarkan. Sesuaikan lama wisata dengan budgetmu. Jangan sampai overbudget atau parahnya kamu pulang dengan kehabisan uang. Tentunya, ini akan merepotkan kamu sendiri.

6. Cari penginapan dengan fasilitas dapur bersama

Makan memang merupakan salah satu pengeluaran paling besar saat traveling. Untuk mengurangi biaya yang keluar untuk makan di luar ini, kamu harus masak. Tidak perlu jago masak untuk ini karena kamu hanya perlu masak makanan sederhana saja yang cukup mengisi perut. Untuk itu, carilah penginapan yang ada fasilitas dapur bersama.

7. Bawa tenda

Selain biaya makan, biaya penginapan tentu sangat menguras kantung. Daripada menginap di hotel, kamu bisa membawa tenda untuk liburan murah. Bersama grupmu, dirikanlah tenda di tempat tujuan. Biasanya menyewa lahan camping tidak sebesar biaya menginap di hotel. Kamu juga harus membawa peralatan memasak sendiri kalau camping. Meski di beberapa negara ada lahan camping yang menyediakan fasilitas dapur bersama.

8. Bawa jajan sendiri

Harga makanan di tempat wisata tentu lebih mahal dari aslinya. Kalau misal kamu berwisata ke suatu negara, sebaiknya kamu beli snack-snack ringan terlebih dahulu di convenience store dekat penginapanmu sebelum memasuki area wisata. Kalau perlu, tekan keinginanmu untuk jajan. Cukup beli sekedarnya makanan tradisional atau makanan khas daerah atau negara tersebut.

9. Destinasi gratis tiket masuk

Carilah destinasi gratis tiket masuk. Ini akan menghemat pengeluaranmu. Ada beberapa destinasi yang gratis untuk kamu kunjungi seperti misalnya taman, pasar, tempat ibadah atau tempat-tempat ikonik daerah/negara tersebut.

10. Gunakanlah transportasi umum

Hiduplah seperti masyarakat lokal di sana. Cobalah memakai transportasi umum. Sebelumnya kamu harus riset dulu atau bisa tanya-tanya resepsionis hotel tentang kendaraan umum di daerah atau negara tersebut supaya tidak salah naik. Atau jika kamu beramai-ramai kesana, kamu bisa menyewa kendaraan untuk memudahkanmu.

Itulah sepuluh tips liburan murah ala backpacker. Semoga bermanfaat untuk liburan murahmu. Selamat mencoba!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *