Wednesday , October 28 2020

10 Pekerjaan Ini Justru Tidak Libur Saat Lebaran

Tidak semua pekerjaan bisa libur ketika lebaran. Hal ini tentu membuat kamu yang memiliki kesempatan untuk libur lebih bersyukur. Karena hari lebaran bukanlah hari biasa, namun menjadi sebuah hari yang memiliki momen berkumpul dengan keluarga besar, tentunya sangat menyenangkan bila bisa pulang ke kampung halaman dan menghabiskan waktu bersama mereka. Istimewa sekali bukan? Nah jika kamu libur pendek syukuri saja, Karena 10 pekerjaan ini justru tidak libur saat lebaran loh.

1. Masinis KAI

Mudik lebaran biasanya selalu identik dengan kereta api. Karena liburan naik kereta api sangatlah mengasyikan. Selain tarifnya terjangkau, Kamu akan menikmati pemandangan yang indah dan menarik sepanjang perjalanan. Namun dibalik kenyamanan yang kamu rasakan, ada sosok masinis yang berjasa mengemudikan kereta kamu agar sampai tujuan dengan tepat waktu.

Saat mudik biasanya para masinis juga harus ekstra kerja keras, karena banyaknya penumpang yang hendak pergi ke kampung halaman. Karena berprofesi sebagai pelayan publik, Seorang Masinis KAI tidak kenal libur lebaran loh. Karena jika hari lebaran tiba, justru jadwal pekerjaan mereka semakin padat.

Namun meski begitu, disitulah yang akan menjadi kebanggaan tersendiri oleh masinis. Karena selain bisa menikmati perjalanan jauh, mereka juga selalu merasa senang jika bisa melihat penumpangnya tersenyum karena bisa berkumpul dengan keluarga.

2. Pemadam Kebakaran

Menjadi profesi sebagai pemadam kebarakan adalah suatu pekerjaan yang sangat mulia, dengan tugas menyelamatkan makhluk hidup serta lingkungan dari si jago merah. Tak sedikit orang ingin menjadi seorang pemadam kebakaran mengingat pekerjaan ini sepertinya sangat mengacu adrenalin.

Namun tahukah kamu, jika menjadi seorang pemadam kebakaran tak seindah yang kamu bayangkan loh. Kamu harus rela tidak libur ketika hari raya tiba. Sedih enggak sih jika mendengarnya, karena lebaran adalah momen berkumpul dengan keluarga, tapi jika menjadi seorang pemadam kebakaran, kamu tidak bisa merasakan hal itu. Biasanya mereka diperbolehkan untuk cuti setelah H+5 lebaran, karena ketika tepat hari lebaran justru mereka akan lebih siaga.

3. Pilot

Profesi sebagai pilot kedengarannya memang cukup keren  dan diinginkan oleh sebagian orang karena bisa keliling dunia dan  bertemu banyak orang baru. Namun untuk menjadi seorang pilot juga harus memikul tanggung jawab yang besar dan mental yang kuat loh.

Sayangnya libur lebaran tak berlaku bagi pilot. Bayangkan saja jika pilot libur, siapa yang akan mengatur mobilitas manusia lintas provinsi dan negara?

4. Dokter

Menjadi seorang dokter tak semudah yang dibayangkan, penyakit bisa datang kapan saja. Oleh karena itu seorang dokter dilarang cuti ketika hari lebaran. Mereka harus tetap bersiaga menjaga pasien meskipun libur lebaran. Bahkan banyak sekali dokter yang membantu bertugas di pos-pos mudik untuk mengontrol kesehatan para pemudik.

5. Polisi

Jika ada yang sedang sibuk mengatur arus lalu lintas ketika hari libur lebaran, polisi lalu lintaslah orangnya. Mereka harus tetap bekerja di hari libur lebaran dan tak boleh mengambil cuti. Mereka harus tetap bekerja keras agar arus mudik tetap aman dan lancar.

6. Pegawai SPBU

Kamu jangan remehkan pekerjaan yang satu ini, selain pekerjaan-pekerjaan di atas, menjadi seorang SPBU juga harus melayani masyarakat ketika lebaran. Karena baik pemudik maupun bukan mereka akan tetap membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan mereka. Bayangkan saja jika mereka libur, Bisa-bisa tidak ada pemudik yang berangkat karena mereka tidak bisa mengisi bahan bakar berupa bensin maupun solar.

7. Petugas Pelabuhan dan Basarnas

Idul Fitri adalah momentum yang di nantikan oleh semua umat muslim, namun tidak oleh petugas dan tim Basarnas di area pelabuhan. Tidak ada cuti lebaran. Itulah yang dialami profesi petugas pelabuhan. Petugas pelabuhan yang bertugas di jalur perhubungan ini tentu harus tetap waspada.

Karena tentunya lebih banyak lagi para pemudik yang harus menggunakan kapal laut untuk pulang ke kampung halaman. Petugas pelabuhan harus tetap buka dan harus siap siaga agar untuk melayani kegiatan pelabuhan selama masa libur lebaran.

8. Penjaga Loket Tol

Ketika hari lebaran tiba, jalanan tol sering kali diburu oleh para pemudik. Sehingga kendaraan roda empat yang sepertinya tak ada habisnya melintas jalanan tol ini. Meski di beberapa gerbang tol sudah menggunakan sistem GTO.

Namun banyak juga beberapa loket tol yang saat ini masih menggunakan sistem pembayaran manual. Tentu saja ini membuat para penjaga tol harus tetap berjaga selama libur lebaran demi  kelancaran para pemudik.

9. Reporter Berita mudik

Bukan hal yang mengejutkan jika kamu harus bekerja keras di saat teman-teman atau keluarga sedang asik berlibur. Hal ini dialami oleh Reporter berita mudik. Saat semuanya bisa menikmati hari lebaran bersama keluarga, tidak dengan profesi reporter.

Panas atau hujan bukan menjadi halangan untuk mendapatkan berita yang aktual. Mereka harus tetap bekerja untuk mencari berita mudik. Menjadi seorang reporter kelihatan nya memang sangat melelahkan, tetapi semua kelelahan tersebut tidak ada artinya jika dibandingkan dengan pengalaman seru yang kamu dapatkan ketika liputan.

10. Petugas  Kebersihan

Membersihkan jalanan dan mengambil sampah-sampah adalah tugas seorang petugas kebersihan. Sama ketika hari lebaran tiba, mereka harus tetap menjalankan pekerjaan mereka. Karena pada masa mudik atau malam takbiran bahkan perayaan usai sholat Id terkadang banyak sekali sisa sampah yang berserakan. Tidak mungkin bukan jika sampah tersebut dibiarkan saja ketika momentum lebaran?

Demi melayani masyarakat dan merawat lingkungan, mereka harus rela tak bisa berkumpul bersama keluarga saat lebaran tiba. Itulah tadi 10 pekerjaan yang justru tidak libur ketika lebaran. Buat kamu yang masih diberi kesempatan untuk libur meskipun pendek. Tetap bersyukur dan jangan mengeluh.

Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *