Sunday , October 25 2020

8 Makanan Tinggi Kolagen yang Bisa Bikin Kulitmu Kencang dan Glowing

Kolagen merupakan senyawa protein yang sering ditemukan dalam produk-produk kecantikan, khususnya anti aging. Kolagen sendiri sebenarnya sudah ada dalam tubuh manusia secara alamiah, dimana kadarnya mencapai 30%. Peranan dari kolagen adalah untuk pembentukan struktur sendi, otot serta menjaga elastisitas atau kekenyalan kulit.

Yang perlu kamu ketahui, keberadaan kolagen dalam tubuh biasanya akan makin menipis seiring bertambahnya usia. Kondisi ini menyebabkan kulit rentan mengalami berbagai masalah, seperti kusam, flek hitam dan munculnya garis-garis halus.

Maka itu, kamu membutuhkan asupan kolagen dari luar untuk membantu kulitmu agar tetap sehat dan tampak awet muda. Nah, berikut ini sederet makanan dengan kandungan kolagen paling tinggi. Catat ya!

1. Buah-buahan Citrus

Jika kamu ingin memiliki kulit kencang dan glowing, maka sering-seringlah mengemil buah-buahan citrus. Buah ini biasanya mengandung tinggi vitamin C yang mampu merubah asam amino menjadi kolagen. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang memberikan perlindungan terhadap kulit dari efek buruk radikal bebas sekaligus membantu proses regenerasi kulit.

Adapun yang tergolong buah-buahan citrus seperti jeruk (baik jeruk nipis, jeruk bali, ataupun jenis lainnya) serta lemon.

2. Jambu Biji

Selama ini jambu biji dikenal sebagai buah tinggi antioksidan yang dapat melindungi kesehatan jantung. Selain dari itu, tahukah kamu ternyata jambu biji juga berkhasiat menjaga kecantikan kulit, loh!

Di dalam jambu biji terkandung vitamin A  yang berperan terhadap anti penuaan, serta vitamin C untuk perbaikan sel-sel kulit mati. Nggak cuma itu aja, jambu biji juga disebut-sebut buah dengan kandungan kolagen paling tinggi. Dalam 100 gramnya terdapat sekitar 228 mg senyawa  kolagen. Apabila kamu mengkonsumsinya secara rutin, maka keremajaan kulitmu akan terjaga dengan baik. Wajahmu pun bakalan tampak lebih glowing dan sehat.

3. Alpukat

Siapa sih yang nggak suka mengonsumsi alpukat? Buah yang memiliki citarasa lezat ini juga berperan penting dalam menjaga keremajaan kulit. Diketahui bahwa alpukat mengandung tinggi vitamin E yang fungsinya melindulingi kulit dari oksidasi dan kerusakan akibat radikal bebas.

Di samping itu, alpukat juga menyimpan kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Senyawa tersebut merupakan lemak essensial yang berguna dalam menjaga kelembaban kulit serta membantu proses regenerasi dengan cara meningkatkan produksi kolagen. Nah, kamu bisa mengkonsumsi buah alpokat sebagai jus atau smoothie, paling tidak 2 kali seminggu.

4. Kubis

Buat kamu yang nggak suka makan kubis, mulai sekarang cobalah untuk menyukainya! Sayuran ini ternyata dikenal sebagai agen penghasil kolagen loh! Yang berarti bisa membantu menjaga kecantikan kulitmu. Di dalam kubis terdapat kandungan antioksidan dan beberapa senyawa fitonutrien, seperti tiosianat, lutenin, isothiosianat, sulforaphane, dan zaexanthin yang bertindak membatu melindungi elastisitas kulit sekaligus menjaga kelembabannya.

Kamu bisa mengolah kubis ini ke dalam masakan seperti sup atau jika ingin simple bikin aja sebagai smoothie.

5. Tomat

Apa kamu penggemar tomat? Buah sekaligus sayuran berwarna merah agak orange ini seringkali disebut superfood karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Diketahui dalam tomat terkandung senyawa likopen serta vitamin C yang bertindak dalam mencegah kerusakan sel-sel kulit serta membantu produksi kolagen.

Sebagai informasi, kadar kandungan likopen dalam tomat akan semakin bertambah bila kamu mengolahnya dengan cara dimasak. Jadi kalau kamu bisa mengkonsumsinya dengan dijus, kamu bisa mencoba membuat saus tomat, tumisan tomat dengan aneka sayuran hijau, atau dijadikan tambahan dalam masakan kuah. Kreasikan sesuai seleramu!

6. Ikan Salmon

Selanjutnya, kamu bisa mencoba mengkonsumsi salmon untuk membantu mengencangkan kulitmu. Ikan salmon terbukti mengandung mineral seng yang berperan dalam mengaktifkan protein yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen.

Salmon juga dikenal sebagai makanan sumber asam lemak omega-3. Dimana fungsi senyawa tersebut adalah menghidrasi kulit, mencegah peradangan, mengatasi tanda-tanda penuaan serta menjaga kekenyalan kulit.

Nah, kalau kamu kurang suka mengkonsumsi ikan salmon, kamu bisa mencoba makanan tinggi omega-3 lainnya, seperti ikan tuna, ikan tenggiri, telur organik, minyak ikan, kacang soya dan kacang walnut.

7. Kiwi

Sebagai buah rendah kalori, tak sedikit orang yang memanfaatkan kiwi sebagai buah untuk mengoptimalkan proses diet. Kiwi ini diketahui mengandung tinggi serat dan kalium yang berguna dalam meningkatkan metabolisme tubuh, membantu proses detoks, serta mencegah sembelit.

Di samping itu, buah kiwi juga mengandung vitamin C dalam kadar tinggi, yakni sekitar 92,7 mg per 100 gramnya. Kandungan vitamin C dalam kiwi disebut-sebut 2 kali lipat lebih tinggi dibandingkan jeruk loh! Tak heran bila buah berukuran kecil ini ampuh bikin kulit glowing dan kencang. Menakjubkannya lagi, ternyata kandungan vitamin E dalam kiwi juga sangat tinggi, bahkan mencapai 5 kali lipat lebih besar dari apel.

Vitamin E bertindak dalam menjaga keremajaan kulit serta mencegah kulit kering dan keriput.

8. Wortel

Wortel, sayuran berwarna orange ini ternyata nggak cuma memiliki kemampuan dalam menyehatkan organ mata. Wortel terbukti mengandung tinggi vitamin A yang berperan dalam memperlambat penguraian kolagen yang menjadi penyebab penuaan dini.

Vitamin A juga berguna dalam memperbaiki struktur epidermis kulit, menyamarkan flek hitam, mencegah pigmentasi, mencegah kanker, serta mengontrol produksi sebum yang menjadi pemicu munculnya jerawat. Mulai sekarang perbanyak konsumsi wortel untuk mendapatkan kulit idaman yang sehat dan cantik.

Demikianlah beberapa makanan tinggi kolagen yang bisa membantu mencegah penuaan dan bikin kulitmu awet muda. Jangan lupa mengkonsumsi makanan diatas secara rutin, ya! Be healty, be beauty.

feature image: standard.co.uk

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *