Wednesday , October 28 2020

10 Fakta Tentang Pesawat dan Pramugari Yang Jarang Dibicarakan

Pramugari merupakan salah satu profesi paling seksi di dunia. Di samping harus mengenakan high heels sepanjang waktu, para wanita cantik ini juga selalu tersenyum dan tampak tenang ketika menghadapi situasi apapun.

Tentu saja ada rahasianya mengapa mereka bisa seperti itu, dan kira-kira apa pula yang harus dilakukan penumpang agar penerbangannya bisa lebih nyaman?! Berikut beberapa fakta menarik seputar pesawat yang jarang dibicarakan.

1.Dulu hanya pria yang jadi ‘pramugari’

Ya sebelum tahun 1930an, tidak ada yang namanya pramugari, yang ada hanyalah pramugara. Munculnya profesi pramugari terjadi berkat suster Ellen Church yang belajar mengendalikan pesawat. Ia kemudian memperoleh tawaran bekerja sebagai pramugari di Boeing Air Transit.

Akhirnya, maskapai penerbangan lain memutuskan melakukan hal serupa guna menarik penumpang. Pikir mereka:”jika gadis muda saja tidak takut terbang, maka orang lain juga akan lebih berani”.

2.Pramugari bukanlah pelayan

Banyak yang berpikir tugas pramugari adalah melayani penumpang, menghidangkan makanan, sekaligus menjaga kebersihan pesawat. Padahal tugas utama mereka adalah menjadi mata sekaligus telinga kapten pilot yang merupakan bos utama dalam pesawat.

Karena kapten pilot tidak bisa memantau kondisi kabin, maka pramugarilah yang melakukannya. Karenanya, mereka harus memberikan laporan pada kapten pilot setiap jam.

3.Pramugari baru dibayar setelah pintu pesawat ditutup

Kebanyakan maskapai menggaji pramugarinya dengan hitungan jam. Intinya, pembayaran hanya berdasarkan berapa lamanya waktu yang dihabiskan pramugari di udara. Jadi bila terjadi delay, maka pramugari juga kena imbasnya.

4.Alasan tidak boleh tidur ketika landing atau takeoff

Banyak penumpang, terutama yang takut terbang, langsung tidur segera setelah mereka duduk. Akan tetapi kru pesawat tidak menyarankan ini dengan alasan menghindari mimisan akibat perubahan tekanan udara. Lebih baik, kunyahlah permen karet sampai pesawat sudah terbang tinggi. Baru setelah itu, penumpang boleh tidur.

5.Tidur adalah kunci utama biar nyaman saat terbang

Setelah takeoff, kamu boleh tidur agar penerbangan lebih nyaman dan tak terasa lama. Psst, selain itu, jika penumpangnya banyak yang tidur, maka pramugarinya juga bisa beristirahat.

6.Ikan atau ayam?

Entah karena alasan apa, kebanyakan penumpang lebih memilih ayam. Karenanya bila stok ayamnya habis, maka pramugari akan melakukan sedikit trik. Mereka akan bilang pada penumpang bahwa hidangan ikannya dibuat spesial. Oleh sebab itu, menu ikan akhirnya lebih populer.

7.Alasan penumpang harus ‘tunduk’ pada pramugari

Ketika pramugari memintamu untuk menegakkan kursi, lakukan itu segera. Alasan utama ya supaya kepala penumpang di belakangmu tidak terbentur kursi jika seandainya landing tidak berjalan mulus. Alasan berikutnya adalah jika kamu menolak, maka pramugari berhak menggunakan ‘kekerasan’.

8.Area kursi mana yang paling aman?

Bagian belakang pesawat merupakan tempat duduk paling aman. Selain itu, karena semuanya keluar dari bagian belakang pesawat – apakah bantal, selimut, atau lainnya – maka penumpang yang duduk di belakang biasanya dinomorsatukan soal ini.

9.Apa saja yang bisa dilakukan pramugari

Selain tersenyum, mereka juga terlatih memberikan P3K lho, termasuk membantu persalinan bila seandainya di pesawat tidak ada dokter.

10.Beberapa tips lainnya

Selain fakta menarik di atas, berikut beberapa tips yang dapat membantu penerbangan agar lebih nyaman.

  • Jangan pernah berjalan di pesawat tanpa alas kaki. Lantai pesawat itu sangat kotor.
  • Kamar mandinya juga tidaklah sebersih bayanganmu. Jadi gunakan hanya bila perlu saja, dan jangan lupa pakai antibakterial meski sudah cuci tangan.
  • Meja kecil di pesawat juga kotor (penumpang sebelumnya bisa saja mengganti popok di sana). Karenanya, seka lebih dulu dengan tisu antibakterial sebelum memakainya.
  • Jika tak ingin dapat masalah, jangan bilang sepatah katapun soal teroris. Tak ada yang menyukai itu walau sekedar candaan belaka.
  • Pramugari dapat membantu penumpang dalam banyak hal, tapi jangan minta jarum dan benang, atau soda saat terbang karena sulit menuangkannya ke gelas tanpa tumpah.
  • Pramugari hanya punya sedikit waktu bebas selama penerbangan. Jadi mereka akan sangat menghargai bila penumpang yang berjalan dan menghampiri mereka saat perlu bantuan.
  • Jadilah penumpang yang sopan, karena bila pramugarinya menyukaimu, kamu bisa dapat kursi terbaik atau porsi makanan ekstra di pesawat.
  • Terakhir, penumpang sebenarnya boleh memberikan tips, namun tak banyak yang melakukannya.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *