10 Cara Membersihkan Oven Agar Tetap Kinclong dan Awet

Kalau usaha yang Anda geluti di bidang jual-beli kue, maka oven pasti merupakan salah satu aset berharga. Sebab bagaimanapun juga, benda inilah yang berjasa mengubah adonan tepung kental biasa menjadi kue lezat.

Nah supaya oven tetap awet dan kinerjanya juga maksimal, Anda harus melakukan maintenance secara rutin. Salah satunya ya dengan rajin membersihkan oven. Untungnya ada cara mudah untuk menjaga oven agar tetap kinclong. Bagaimanakah itu? Berikut detailnya.

 

1.Buat bahan pembersih sendiri yuk

Ketimbang menghabiskan banyak uang untuk membeli produk pembersih oven di toko, mengapa Anda tidak membuatnya sendiri saja? Anda bisa kok menggunakan bahan alami yang harganya murah meriah seperti cuka putih dan baking soda untuk membersihkan oven. Bila dicampurkan, keduanya bahkan efektif mengatasi noda dan minyak yang melekat di oven.

Cara membuatnya mudah saja, campurkan cuka putih dan baking soda hingga terbentuk adonan pasta. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial atau jus jeruk ke adonan untuk menghilangkan bau tak sedap dan supaya noda membandel bisa cepat hilang. Setelahnya, gosokkan itu di oven, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit atau lebih. Terakhir, seka hingga bersih.

2.Gunakan sendok kayu

Oven, Sendok Kayu

Sumber: https://ao.com/

Di samping sarung tangan karet dan spon, alat penting lain yang diperlukan untuk membersihkan oven adalah sendok kayu. Dengannya Anda tak perlu susah payah menggosok, karena bagian tepi sendok kayu yang kasar bisa mengikis noda membandel tanpa merusak bahan ovennya.

3.Manfaatkan uap panas air lemon

Supaya proses membersihkan oven berjalan lebih mudah dan juga cepat – pada malam sebelumnya – isi mangkuk tahan panas dengan air dan perasan lemon. Setelah itu, hangatkan air lemon tersebut dalam oven semalam-malaman, gunakan suhu rendah saja. Biarkan uap panas air lemon tadi melunakkan noda membandel di bagian dalam oven sehingga besok harinya, itu lebih mudah dibersihkan.

4.Agar ceramic hob kinclong

Keramik Hob Oven

Sumber: https://ao.com/

Nah supaya ceramic hob di dapur tetap kinclong, taburkan saja baking soda dan beberapa tetes air ke atasnya sebelum menyeka permukaannya menggunakan kain lembut. Bila masih ada peralatan masak dari baja yang perlu dibersihkan, rendam itu semalaman dalam wadah atau plastik berisi air yang diberi setetes pemutih. Lalu keesokan harinya, baru bersihkan peralatan baja tersebut dengan air sabun, dan lihat, semuanya jadi berkilau seperti baru.

5.Bersih-bersihnya harus rutin dilakukan

Sama seperti meja dapur, bagian luar oven pun harus dibersihkan rutin setiap kali habis digunakan agar terbebas dari kuman penyakit. Nah kalau terbatasnya waktu membuat Anda tidak mungkin sering melakukannnya, para ahli menyarankan bersih-bersih ovennya (baik bagian dalam maupun luarnya) dilakukan minimal sekali dalam 1 bulan.

6.Supaya oven tidak bau

Untuk menghilangkan aroma tak sedap, Anda cukup hangatkan air yang sudah diberi beberapa tetes esens vanila atau jeruk dalam oven selama 1 jam. Trik ini tak hanya  bisa menyegarkan aroma udara dalam oven dan seluruh ruangan rumah, namun juga ikut membantu membersihkan bagian dalam oven.

7.Jangan andalkan fasilitas self-cleaning

Bila oven yang Anda miliki dilengkapi dengan kemampuan self-cleaning, maka jangan andalkan itu 100%. Self-cleaning umumnya bekerja dengan membakar kotoran/ noda menggunakan suhu tinggi. Ini artinya abu hasil pembakaran tadi tetap perlu dibersihkan dengan kain basah. Oleh karenanya, Anda tetap perlu membersihkan secara manual, baik bagian dalam maupun luarnya, agar oven tetap terlihat kinclong.

8.Yang dilengkapi lapisan katalitikpun harus tetap diperiksa dan bersihkan

Katalitik Oven

Sumber: https://ao.com/

Oven yang dilengkapi dengan lapisan katalitik memang lebih mudah dibersihkan. Lapisan yang biasanya diletakkan dalam oven ini bisa menampung minyak atau remah kue, dan semua itu nantinya dibakar habis pada suhu tinggi. Akan tetapi karena minyak maupun lemak juga bisa tertimbun pada area yang tidak tertutupi lapisan katalitik, maka penting bagi Anda untuk tetap memeriksa dan membersihkan bagian yang terkena noda.

9.Tips mencegah noda

Tentu saja proses membersihkan oven jauh lebih mudah kalau tak ada tumpahan atau noda yang muncul. Jadi sebelum Anda memanggang makanan yang berisiko menetes atau meluber, letakkan lebih dulu loyang yang dilapisi aluminium foil di bawah rak. Biarkan foil yang menampung tetesan atau luberan dari kue yang dipanggang nanti. Sedangkan untuk noda pada hob akibat proses memasak cukup ditaburi garam saja. Seka itu sampai bersih ketika hob sudah dingin.

10.Jangan meletakkan peralatan pembersih di dekat oven

Tips terakhir adalah jangan gantungkan alat bersih-bersih apapun di sekitar oven. Ya, memang praktis sih kalau bisa menggantungkan lap, sarung tangan, dan apron di atas pegangan oven. Namun keputusan ini kurang tepat karena bisa merusak keindahan eksterior oven.

Lebih baik Anda menggantungkan terpisah semua peralatan bersih-bersih tadi. Di samping lebih sedap dipandang, kuman yang melekat di lap takkan mengenai oven ataupun perlengkapan masak lainnya. Higienis bukan?

***

Penulis: Megsaroh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *