Sunday , October 25 2020

10 Benda Penting yang Harus Dimiliki Fotografer

Fotografer

Dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula orang yang menggemari dunia fotografi. Pasalnya buat ngambil foto saat ini mudah banget. Kamu nggak harus pakai kamera DSLR yang harganya jutaan. Cukup gunain handphone aja Kamu udah bisa menghasilkan foto yang lumayan bagus loh! Itulah mengapa dapat dibilang bahwa semua orang bisa jadi fotografer, walaupun hanya sekedar amatiran.

Tapi gengs, bila Kamu memang berniat menekuni dunia fotografi secara sungguh-sungguh, maka Kamu perlu mengeluarkan modal untuk membeli alat-alat yang lebih lengkap. Nah, berikut ini beberapa benda penting yang harus dimiliki fotografer profesional. Simak yuk!

1. Kamera

Benda penting yang harus dimiliki fotografer tentunya kamera. Tanpa adanya kamera maka Kamu juga nggak mungkin bisa memotret. Jadi benda ini mutlak untuk dimiliki.

Nah, dalam memilih kamera pun Kamu nggak boleh asal-asalan. Pastikan Kamu membeli kamera yang bagus dengan dilengkapi fitur lengkap (seperti full frame) untuk menghasilkan foto berkualitas. Misalnya saja kamera DSLR. Kamera ini menjadi produk yang paling diminati oleh para fotografer.

Adapun rekomendasi kamera DSLR yang bagus, diantaranya meliputi:

  • DSLR Nikon D3400, Nikon D750, Nikon D610
  • DSLR Canon EOS 6D, Canon EOS 1300D, Canon EOS 700D
  • Pentax K-S2, Pentax K-r
  • Dan sebagainya

Oiya, rata-rata harga kamera berkisar Rp.4 juta- 20 jutaan. Itu bergantung pada spesifikasi yang ditawarkan. Kamu bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan jumlah budgetmu.

2. Lensa dan Filternya

Selain lensa bawaan kamera, untuk menjadi seorang fotografer Kamu juga perlu membeli lensa cadangan sendiri. Hal itu dibutuhkan agar Kamu bisa menghasilkan gambar yang lebih beragam dan berkualitas. Adapun beberapa jenis lensa yang wajib Kamu miliki yakni:

  • Lensa prime (Prime lens)
  • Lensa Wide (Wideangle lens)
  • Lensa Makro (Macro lens)
  • Lensa Tele
  • Atau lainnya sesuai kebutuhan

Kemudian, juga jangan lupa untuk membeli filter lensa kamera. Gunanya untuk melapisi lensa agar terlindung dari kotoran, goresan dan benturan. Selain itu juga untuk mengatur cahaya serta gambar agar lebih bervariasi.

3. Tripod

Benda yang harus dimiliki fotografer berikutnya adalah tripod. Benda ini merupakan penopang kamera berkaki tiga yang fungsinya untuk memudahkan pengambilan gambar agar tidak goyang. Selain itu, tripod juga ngebantu Kamu agar bisa memotret atau merekam sendiri meski tanpa bantuan orang lain.

Benda lain yang fungsinya juga mirip tripod adalah monopod dan gorillapod. Monopod adalah penyangga berkaki satu, cocok digunakan untuk pengambilan foto dengan speed timer. Sedangkan gorillapod merupakan penyangga yang kakinya bersifat elastis, dalam artian bisa ditekuk dan disematkan di benda lain seperti pohon.

4. Lighting

Pada umumnya, alat-alat lighting atau pencahayaan dibutuhkan saat Kamu mengambil foto di dalam ruangan atau ketika malam hari. Lightning ini bisa membantumu menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih bagus.

Adapun alat lighting yang ditawarkan di pasaran sangatlah banyak jenisnya. Misalnya saja Righ light, lampu LED, speedlight, softbox, atau lainnya. Kamu bisa membeli sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Background

Benda yang satu ini memang nggak wajib banget untuk dimiliki sih. Namun tak ada salahnya juga Kamu membelinya sebagai persediaan bila ingin melakukan pemotretan di dalam ruangan.

Dengan adanya background, foto-foto yang Kamu hasilkan bisa lebih unik dan variatif. Kamu bisa membeli backgrund warna polos untuk foto resmi, serta background bergambar untuk foto santai.

6. Tas Kamera

Agar kamera kamu nggak cepat rusak dan aman saat dibawa berpergian, sebaiknya Kamu menyediakan tas khusus kamera. Umumnya tas kamera memiliki lapisan dalam yang empuk. Sehingga kamera jadi lebih terlindungi dan meminimalisir terjadinya benturan.

7. Drybox

Drybox merupakan salah satu benda yang juga wajib dimiliki oleh fotografer. Drybox ini merupakan wadah khusus penyimpanan kamera beserta lensanya. Dimana fungsinya untuk melindungi kamera agar terbebas dari serangan jamur. Dengan begitu kamera dan lensamu juga enggak bakal mudah rusak.

8. Pembersih Kamera

Kamu tentu tahu kalau harga kamera itu cukup mahal, kan? Nah, maka itu jika Kamu telah berhasil membelinya, maka rawatlah kameramu dengan baik agar tidak mudah rusak. Salah satu caranya dengan rajin membersihkannya. Adapun benda-benda yang dibutuhkan untuk membersihkan kamera, seperti kuas, blower, kain micro fiber, cairan pembersih lensa, cotton bud, dan sebagainya. Biar nggak bingung, sebaiknya beli cleaning kit kamera saja.

9. Perlengkapan Tambahan

Di samping benda-benda diatas, terdapat perlengkapan tambahan yang juga perlu Kamu sediain untuk menjadi seorang fotografer. Diantaranya meliputi:

  • Memory card
  • Hardisk eksternal
  • Baterai cadangan
  • Shutter release
  • Dan sebagainya

10. Laptop

Benda terakhir yang wajib dimiliki fotografer adalah laptop. Benda ini sangat penting sebab merupakan media untuk melakukan pengeditan foto ataupun video. Usahakan membeli laptop yang memiliki spesifikasi tinggi, sehingga nantinya bisa mumpuni bila dipasang software edit foto yang agak berat.

So, demikianlah beberapa benda penting yang harus dimiliki fotografer. Semoga info ini bisa membantu dan bermanfaat.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *