Saturday , October 24 2020

10 Barang yang Dibutuhkan Untuk Jadi Make-Up Artist (MUA) Professional

Profesi Make-up artist (MUA) merupakan profesi yang sedang populer saat ini. Bahkan bisa dikatakan peluangnya sangat menjanjikan. Pasalnya, rata-rata bayaran yang diterima MUA mencapai jutaan rupiah untuk sekali rias. Terlebih lagi jika mereka juga menyewakan gaun, maka bayarannya bisa berkali-kali lipat.

Nah, apabila Kamu bertanya apakah semua pebisnis MUA adalah lulusan kuliah make-up? Jawabannya enggak! Di era digital ini segalanya bisa dipelajari secara otodidak. Termasuk menjadi seorang make-up artist (MUA). Mungkin sebagian dari mereka pernah sekolah atau ikut kursus. Namun tak sedikit pula yang mengembangkan kemampuannya hanya bermodalkan nonton tutorial make-up di Youtube.

So, dari itu, jika Kamu juga memiliki mimpi menjadi MUA, maka kejarlah mimpimu dengan cara tekun belajar dan berlatih. Selain itu, Kamu juga perlu menyiapkan modal untuk membeli perlengkapan make-up.

Berikut ini beberapa rekomendasi barang yang dibutuhkan untuk menjadi Make-up Artist (MUA) profesional. Simak yuk!

1. Face Complexion

Produk make-up pertama sekaligus yang paling penting untuk dimiliki MUA adalah face complexion. Yaitu produk-produk yang berguna sebagai base make-up, meliputi:

  • Primer.
  • Foundation.
  • Concealer.
  • BB atau CC Cream.
  • Bedak.

Fungsi produk complexion ini untuk melapisi kulit wajah agar tampak lebih dewy dan glowing, meratakan warna kulit, serta menutupi segala kekurangan seperti jerawat, flek hitam, pori-pori, dan kantung mata.

Apabila Kamu hendak menjadi MUA, tentunya Kamu harus mengoleksi berbagai produk complexion. Nggak cukup hanya 1 buah foundation atau 1 concealer saja. Kamu wajib mengumpulkan banyak shade karena tiap-tiap orang punya tone dan warna kulit berbeda-benda.

2. Koleksi Brush (Kuas) Make-up

Benda kedua yang nggak kalah penting adalah brush atau kuas make-up. Meski terlihat sepele, sebenarnya benda ini memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap hasil make-up. Apabila Kamu menggunakan kuas yang tidak tepat untuk area tertentu maka hasilnya pasti jelek.

Maka itu, pastikan Kamu memiliki beragam ukuran brush sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalnya saja brush untuk eyeshadow, brush untuk alis, brush untuk blush on, dan sebagainya.

3. Perlengkapan Make-up Mata

Mata menjadi salah satu bagian wajah yang menarik. Dengan memberikan sedikit polesan pada kulit di sekitar mata, maka itu bakal membuat penampilan lebih fresh dan tampak artistik.

So dari itu, nggak heran jika make-up mata menjadi barang penting bagi seorang MUA. Adapun beberapa perlengkapan make-up mata yang wajib dimiliki yakni:

  • Eyeshadow palette beragam warna.
  • Eyebrows kit.
  • Eyeliner berbagai bentuk (gel, pensil,serta liquid).
  • Maskara.
  • Bulu mata palsu.

4. Contour

Sebenarnya contour bukanlah produk make-up dasar, melainkan hanya sebagai pelengkap saja. Namun sebagai seorang MUA tentunya wajib memiliki produk contour. Tujuannya untuk menghasilkan make-up yang lebih sempurna, atau mungkin untuk memenuhi permintaan klien.

Fungsi contour sendiri adalah untuk membentuk muka agar tampak lebih tegas. Selain itu, juga memberikan efek tirus. Contour biasa digunakan di bagian pipi dan T-zone. Oiya, sebaiknya Kamu menyediakan contour dalam berbagai bentuk, baik powder ataupun gel.

5. Highlighter

Sama halnya dengan contour, fungsi dari highlighter juga untuk menonjolkan tulang dan memberikan dimensi pada wajah. Selain itu highliter punya manfaat lain yakni membuat tampilan make-up lebih bercahaya. Kamu bisa pula menggunakannya di bawah mata untuk menyamarkan lingkaran hitam (mata panda).

6. Blush On

Blush on merupakan alat make-up yang juga penting. Fungsinya sebagai perona pipi, sehingga wajah terlihat lebih fresh. Nah, jika berniat jadi MUA tentunya Kamu wajib menyediakan blush on dengan berbagai warna. Mulai dari shade pink, peach hingga yang coklat. Kemudian lengkapi juga dengan produk-produk bronzer.

 7. Makeup Bibir

Make-up bibir biasanya digunakan sebagai polesan akhir saat berdandan. Tentunya fungsi produk ini sangat penting. Sebab jika bibir nggak diberikan apapun, maka kesannya bibir tampak pucat. Dan otomatis tampilan segala make-up di wajah jadi hambar.

Sebaliknya, jika bibir diberikan polesan warna maka efeknya bibir jadi terlihat sehat. Wajah tampak fresh dan senyum pun semakin cantik. Nah, beberapa produk make-up  bibir yang wajib dimiliki MUA, diantaranya:

  • Lip balm.
  • Lipstik.
  • Lip gloss.

Oiya, sediakan produk bibir dalam berbagai warna ya. Mulai dari warna-warna kalem seperti nude, pink, hingga merah. Selain itu pastikan juga Kamu punya beragam tekstur lipstik, misalnya saja tekstur glossy, matte atau lainnya.

8. Beauty Blender

Selanjutnya Kamu juga wajib punya beauty blender. Alat ini digunakan untuk mengaplikasikan make-up complexion (seperti foundation, BB cream atau concealer) pada wajah agar terblending secara sempurna. Sebaiknya Kamu menyediakan beauty blender lebih dari 2 buah.

9. Make-up Remover

Benda yang nggak boleh Kamu lupain adalah make-up remover. Produk ini berguna untuk menghapus make-up yang udah nempel di wajah. Ya, barangkali Kamu ingin menghapusnya dan mengganti dengan warna lain, maka butuh make-up remover.

Ada beberapa jenis make-up yang nggak bisa dihilangkan hanya dengan air. Terutama untuk make-up waterproof, pastinya Kamu perlu make-up remover untuk menghilangkannya.

10. Koper Makeup

Benda terakhir yang dibutuhkan oleh seorang MUA adalah koper makeup. Kamu nggak bisa memasukkan makeup kamu langsung ke dalam tas dan bercampur dengan barang lainnya. Itu berisiko, sebab itu bikin produk jadi berantakan. Bahkan mungkin rusak, patah dan pecah.

Nah, oleh karenanya Kamu wajib beli koper make-up. Biasanya koper make-up punya ruang yang lebih luas. Dilengkapi pula dengan  tray susun dan sekat-sekat untuk memisahkan tiap-tiap jenis produk. Selain itu ada juga fasilitas lampu, kunci pengaman, dan roda.

Jadi itulah beberapa barang yang dibutuhkan untuk menjadi make-up artist (MUA) profesional. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *